NTB Akan Bangun PLHUT Dari Dana SBSN

Minggu, 06 Oktober 2019 20:54

NTB Akan Bangun PLHUT Dari Dana SBSN

Mataram_Inmas, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melakukan pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Pembangunan proyek dibiayai dari dana Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) Tahun Anggaran 2019. Pembangunan PLHUT sudah mulai dilaksanakan di beberapa titik di Indonesia. Salah satunya adalah Provinsi NTB.

Demikian yang disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal PHU Kemenag RI, Ramadhan Harisman, saat menjadi pembicara pada kegiatan Evaluasi Program Penyelenggaraan Haji dan Umrah Pelaksanaan Proyek yang Dibiayai SBSN, Rabu (02/10/2019).  

Ramadhan Harisman mengungkapkan latar belakang pembangunan PLHUT di Kabupaten/Kota. Hal ini dilatari oleh adanya animo masyarakat yang ingin berhaji, tapi tidak ada sarana dan prasarana yang layak ketika ingin  mendaftar haji maupun pada saat pelunasan. Untuk persyaratan dibangunnya PLHUT di suatu wilayah, dibatasi hanya daerah yang mempunyai jumlah pendaftar haji berkisar 3000 jema’ah per tahun.

Ia mengharapkan kepada seluruh penerima alokasi anggaran proyek SBSN untuk mengoptimalkan waktu pengerjaan proyek yaitu tepat waktu, baik proyek revitalisasi Asrama Haji maupun pembangunan Gedung PLHUT. Jika tidak bisa selesai tepat waktu, maka akan sangat berpengaruh terhadap usulan proyek dua tahun yang akan datang.    

Tujuan kegiatan evaluasi ini adalah untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi para stake holder daerah. Nantinya akan dibahas bersama solusi terbaik sehingga proyek berjalan sesuai ketentuan. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB, H. Nasruddin Islah, S.Sos, M.Pdi pada kesempatan itu menjelaskan, Proyek PLHUT akan dibangun di Kabupaten Lombok Tengah. Saat ini pelaksanaan pembangunan PLHUT di Kabupaten Lombok Tengah sudah mencapai 50 persen. Harapannya sudah rampung sebelum akhir Desember 2019.

Tahun 2019 ini, tambah Nasruddin, NTB mendapatkan proyek dari dana SBSN, yakni pembangunan 2 gedung KUA di Kabupaten Lombok Barat dan 1 gedung PLHUT di Kabupaten Lombok Tengah. 

Peserta kegiatan berjumlah 100 orang penerima dana SBSN yang berasal dari seluruh Indonesia, terdiri dari Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Kepala UPT Asrama Haji, Kepala Bidang PHU Provinsi penerima dana SBSN, serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari, yakni Rabu (02/10) – Sabtu (05/10) di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok NTB.  (Nurrosyidah Yusuf)

 


265
Share :

INFORMASI LAINNYA