MTs. N 1 Lombok Timur Juara 3 LSS Berkarakter Tingkat Nasional Kategori Kinerja Terbaik (Best Performance) Tahun 2019

Kamis, 14 November 2019 19:58

MTs. N 1 Lombok Timur  Juara  3 LSS Berkarakter  Tingkat Nasional  Kategori  Kinerja Terbaik  (Best Performance) Tahun 2019

MTsN Lotim_inmas, Malam penganugerahan Lomba Sekolah Sehat Berkarakter tingkat nasional telah selesai diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 14 November 2019 di Hotel Kartika Candra Jakarta Selatan. Malam penganugerahan tersebut sekaligus menjadi puncak lomba sekolah sehat yang penilaiannya sudah dimulai selama periode bulan Juli-Oktober tahun 2019.


Dalam sambutannya  Dr. Sutanto, MA  selaku ketua panitia yang merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal  Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia menyampaikan bahwa Lomba Sekolah Sehat Berkarakter merupakan ikhtiar bersama empat kementerian untuk membina dan mengembangkan usaha kesehatan sekolah yang berorientasi pada peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, dan perilaku hidup bersih  dari semua peserta didik berdasarkan SKB Empat Menteri pada tahun 2014.


Adapun kriteria penilaian menitikberatkan pada empat aspek yaitu lingkungan fisik sekolah yang bersih dan sehat, karakter bersih dan sehat siswa, tata kelola pencapaian sekolah bersih dan sehat secara professional, serta peran serta tim usaha kesehatan sekolah/Madrasah dalam rangka membudayakan kebiasaan hidup bersih dan sehat.


Pada saat pengumuman dibacakan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Timur berhasil meraih juara ketiga untuk kategori Best Performance atau kinerja terbaik, sedangkan juara kedua diraih oleh SMP Astra Agro Lestari Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, dan juara pertama diraih oleh SMP Negeri 26 Surabaya Provinsi Jawa Timur. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Timur merupakan satu-satunya perwakilan dari  Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam ajang bergengsi sekolah sehat tingkat nasional  tingkat SMP yang bersaing dengan 26 sekolah di 26 provinsi dan 82 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.


Saat ditanyakan terkait keberhasilan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Timur meraih juara ketiga Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional, Drs. H Maslun, M.Pd selaku kepala madrasah menjelaskan bahwa perjuangan yang telah dilalui untuk meraih juara dalam Lomba Sekolah Sehat atau UKS tingkat nasional kategori Best Performance tidaklah mudah, semua pencapaian hari ini adalah melalui proses ikhtiar yang cukup panjang. Keberhasilan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Timur ini adalah berkat rahmat  Allah SWT sehingga kita semua harus bersyukur. Dalam kesempatan itu, Drs. H. Maslun juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, khsususnya kepada keluarga besar MTs. Negeri 1 Lombok Timur,  Pemda Provinsi NTB, Kanwil Kemenag Provinsi NTB,  Pemda Lombok Timur, Kemenag Lombok Timur, Kecamatan Sukamulia, Puskesmas Dasan Lekong serta Tim Pelaksana UKS MTs Negeri 1 Lombok Timur yang bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.


Akhirnya, semoga apa yang telah dicapai oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lombok Timur dapat menjadi manfaat untuk NTB dan Indonesia pada umumnya, karena pendidikan dan kesehatan merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Pendidikan dan kesehatan adalah indikator mutlak bagi keberhasilan indeks pembangunan sumber daya manusia dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menyongsong revolusi industri 4.0.


Pembuat Rilis     :     Andriawan, S.Pd

E d i t o r           :     Dra. Hj. Diah Purnawati

283
Share :

INFORMASI LAINNYA

MAN 1 Sumbawa Lulus 100 %
Sabtu, 07 Mei 2016 12:10
Daftar Perguruan Tinggi Agama
Kamis, 13 Desember 2007 12:00