Kreasi Siswa MTsN 1 Sumbawa Lewat Lomba “MURAL”

Kamis, 21 November 2019 10:32

Kreasi Siswa MTsN 1 Sumbawa Lewat Lomba “MURAL”

Inmas_MTsN 1 Sumbawa. Mural adalah termasuk kata atau istilah yang masih terdengar asing di kalangan masyarakat, baik masyarakat berpendidikan terlebih lagi  masyarakat awam. Ketidaktahuan masyarakat bukan berarti karena tidak pernah melihatnya atau tidak pernah melakukakannya melainkan hanya keterbatasan informasi. Melalui lomba Mural MTsN 1 Sumbawa yang terjadwalkan sejak Senin, 12 November dan akan berakhir 24 November 2019 satu hari sebelum upacara Hari Guru dilaksanakan, maka diharapkan masyarakat akan lebih memahami apa itu Mural melalui cerita maupun hasil kreasi siswa-siswi MTsN 1 Sumbawa.


Kegiatan mural MTsN 1 Sumbawa dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) ke-74 adalah out put dari pembelajaran yang dilaksanakan saat KBM atau saat-saat tertentu bagi siswa yang ingin memulai atau menjejaki hobi baru yang mereka miliki. Apa itu Mural ?. “Mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding. Secara luas pengertian Mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen. Hal inilah yang ingin diperkenalkan sekaligus membimbing siswa-siswi MTsN 1 Sumbawa dalam upaya menyalurkan bakat yang selama ini mereka buang begitu saja di dinding maupun kertas secara sembarangan. Dari itulah kemampuan yang saya miliki untuk menyalurkan bakat siswa secara obyektif dan profesional. Kegiatan lomba Mural ini juga tidak di hajatkan hanya sekedar seremonial dalam menyambut Hari Guru saja, melainkan untuk memunculkan potensi siswa yang belum tersalurkan secara utuh dan baik.” pungkas Ali Nusantara guru Seni Budaya.


Dalam lomba Mural tersebut siswa  juga diminta untuk berkreasi dengan daya cipta atau buah pikiran sedemikian rupa sehingga dapat memunculkan seni yang tertuang menjadi sebuah coretan indah yang memiliki makna dalam sebuah peristiwa. Kegiatan ini juga sebagai wahana kreasi siswa dalam  melukis gambaran kehidupan. Dan karena ini adalah yang pertama kali dilaksanakan dan baru pertama kali dikenal di MTsN 1 Sumbawa maka dinilai wajar jika tidak terlalu maksimal dalam berkreasi.


Lomba Mural yang diikuti oleh  siswa-siswi yang terbagi menjadi 16 tempat atau sesuai jumlah rombongan belajar yang dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intra Madarash (OSIM) Aktifitas lomba siswa-siswi terfokus kepada tembok yang mengelilingi madrasah dengan berbagai gaya lukisan dan motif. Kegiatan Mural yang diikuti oleh siswa didampingi wali kelas masing-masing harus bisa membagi waktu yang cukup dalam menyelesaikannya,  mereka hanya bisa memanfaatkan waktu untuk berkreasi dengan kuas kecilnya mulai selesai shalat Ashar sampai pukul 17,20 Wita dan juga pada waktu libur sekolah.


Rupanya kesiapan wali kelas dan siswa sudah mulai terlihat sejak satu minggu sebelum dimulai, mulai dari mempersiapkan amplas, flamir untuk meratakan objek yang akan dilukis, menyiapkan kuas besar berukuran 10 cm, kuas sedang dan kecil dan peralatan lainnya. Kegiatan itu siswa juga harus mampu meracik warna cat yang sesuai dengan corak warna yang dibutuhkan dalam membuat gambar agar teerlihat menarik dan bermakna. Selanjutnya  hasil karya siswa-siswi akan dinilai untuk mencari yang terbaik sesuai dengan standar penilaian Mural, baik dari segi kesesuain warna, makna di balik lukisan dan sisi-sisi lain.


Kamad Sandi, S.Pd.MM mengapresiasikan kegiatan lomba tersebut.  “Karena hal ini adalah sebuah kreasi baru yang ada di madrasah kita, maka kami dari kamad mendukung sepenuhnya jika hal tersebut berefek baik untuk kemajuan madrasah. Dan kita juga punya harapan besar pada kegiatan Mural ini dalam rangka pengembangan madrasah kedepan yang terkait dalam bidang seni. Kegiatan yang lain juga kita harus posisikan ditempat yang sama, karena semua itu menjadi visi dan misi bersama, jadi tanggung jawab bersama di dalam mendukung seluruh kegiatan baik yang sifatnya akademik maupun non akademik  adalah hal yang wajib bagi civitas MTsN 1 Sumbawa.” terang Kamad Sandi.


Pembuat Rilis    :    Humas MTsN 1 Sumbawa

E d i t o r          :    Dra. Hj. DiahPurnawati




186
Share :

INFORMASI LAINNYA