Simulasi UAMBN BK MTs Nurul Yaqin Kelanjur Praya Barat Daya

Sabtu, 23 November 2019 08:00

Simulasi UAMBN BK MTs Nurul Yaqin Kelanjur Praya Barat Daya

MTsN 2 Loteng _ Inmas , Menghadapi Ujian Akhir (UAMBN BK,UN BK) Tahun Pelajaran 2019-2020, madrasah – madrasah lingkup Kementerian Agama kabupaten Lombok Tengah di semua tingkatan saat ini tengah sibuk mempersiapkan semua hal yang terkait dengan kelancaran ujian, seperti kesiapan perangkat dan mental peserta didik. Kegiatan Ujian Akhir Madrasah dan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah salah satu program pemerintah yang diupayakan segera dapat dilaksanakan di semua sekolah/madrasah di tanah air. Khusus untuk lembaga – lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama sejak tahun 2017 pelaksanaan ujian akhir wajib berbasis komputer. Terkait dengan kebijakan Kemenag tersebut, salah satu madrasah anggota KKM MTs Negeri 2 Lombok Tengah di kecamatan Praya Barat Daya yaitu MTs Nurul Yakin Kelanjur saat ini terus berbenah dan mempersiapkan perangkat ujian ( komputer dan server) serta pelatihan  dan simulasi untuk operator, tehnisi dan semua calon peserta ujian.

Kepala MTs Nurul Yakin Kelanjur ustadz Jahnan mengkonfirmasi, madrasah yang dipimpinnya sudah melaksanakan simulasi dua kali bagi seluruh calon peserta ujian. Ustadz Jahnan  menyatakan bahwa sejak diwajibkan untuk melaksanakan Ujian Berbasis Komputer. Pihaknya (Civitas Madrasah dan Yayasan) terus berkoordinasi untuk mensukseskan UAMBN BK dan UN BK tersebut.

”Kami selalu satu bahasa dan komitmen dengan pihak yayasan untuk mensukseskan UAMBN BK Dan UN BK, koordinasi dan kerjasama untuk persiapan dan pelaksanaan ujian tetap kami bangun, ini semata – mata untuk suksesnya program kerja madrasah dan kebahagiaan peserta didik,” demikian penjelasan Jahnan.

Pelaksanaan UAMBN BK dan UN BK di MTs Nurul Yakin Kelanjur selama ini berlangsung terkoordinasi baik dan lancar. Pembina mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indra Purnama mengungkapkan, bahwa sebelum  ujian berlangsung, pihak madrasah selalu melaksanakan sosialisasi dan simulasi bagi seluruh peserta ujian, operator dan tehnisi. Menurut Indra Purnama kegiatan ini dilakukan untuk membekali peserta ujian, operator dan tehnisi bagaimana cara atau alur pelaksanaan UAMBN BK dan UN BK.

Sementara itu tehnisi pelaksanaan ujian akhir, Muhammad Said menyatakan, setelah pelaksanaan sosialisasi dan simulasi tahap kedua dilaksanakan hari Jum’at tanggal 22 Nopember 2020. Menurut Muhammad Said setelah pelaksanaan simulasi tersebut, kesiapan peserta didik untuk mengikuti ujian akhir sudah sangat maksimal.

”Semoga saat pelaksanaan UAMBN BK dan UN BK nanti siswa – siswi tidak canggung di depan komputer, sehingga bisa menjawab soal – soal dengan tenang dan fokus,” ujar  Muhammad Said.

Sesuai edaran dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, Pelaksanaan Ujian Akhir tingkat SMP/MTs akan berlangsung bulan April 2020. odink284    

 

Pembuat Rilis     :      H. Odink Najamudin

E d i t o r          :      Dra. Hj. Diah Purnawati                  

 

 

                  

436
Share :

INFORMASI LAINNYA