Praktik Laporan Keuangan Haji NTB Tahun 2019

Kamis, 05 Desember 2019 08:58

Praktik Laporan Keuangan Haji NTB Tahun 2019

Mataram, Inmas. Kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Haji Tahun 1440 H/2019 M digelar oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. NTB melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari, 4 – 7/12 di Hotel Lombok Plaza Kota Mataram.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Seksi PHU dari 10 kab/kota se NTB, bendahara PKOH dan operator PKOH ini menghadirkan 2 orang narasumber dari Kemenag RI, yakni: H. Muhammad Irsan, SE (Ditjen PHU Kemenag RI) dan H. Suratman, SE, MM (Kasubdit PKOH Ditjen PHU Kemenag RI). Materi yang akan disampaikan adalah Pencatatan Transaksi Dalam BKU (Buku Kas Umum, red), Kebijakan Akuntansi Dalam Penyusunan LPKOPIH, Pencatatan Transaksi Dalam Aplikasi Haji SMART, dan Mekanisme Kompilasi Penyusunan Laporan Keuangan.

Tidak hanya menerima materi, peserta kegiatan menerapkannya dengan melakukan praktik, seperti: Praktik Penyusunan Laporan Keuangan meliputi: BKU, Jurnal, Neraca, LO (Laporan Operasional,red), LAK, LPE (Laporan Perubahan Ekuitas, red), dan CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan, red) dengan cara Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan tersebut. Sehingga menghasilkan Kompilasi Laporan Keuangan PKOH (Pengelolaan Keuangan Operasional Haji) Semester II.

Di samping menerima materi dari narasumber Kemenag pusat, peserta juga menerima materi dari Kepala Bidang  PHU Kanwil Kemenag Prov. NTB, H. M. Ali Fikri, S.Ag, MM, yakni: Perencanaan PKOH dan Evaluasi Penyusunan Laporan Keuangan PKOH Semester II. (Nurrosyidah Yusuf)


Pembuat Rilis      : Nurrosyidah Yusuf

Editor                 : Rina Margasari, SE

78
Share :

INFORMASI LAINNYA