MTsN 3 Mataram Gelar Ujian Akhir Semester

Jumat, 06 Desember 2019 08:45

MTsN 3 Mataram Gelar Ujian Akhir Semester

mtsn3mataram_Inmas- Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil 2019/2020 MTsN 3 Mataram sudah memasuki hari ke 2 pada Jum'at (6/12/2019) bagi siswa-siswi kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Sesuai jadwal kegiatan ujian tersebut diadakan selama satu pekan mulai dari hari Kamis (5/12/2019) dan berakhir pada hari Kamis (12/12/2019) mendatang.


Proses pelaksanaan ujian semester tahun ini tidak berubah seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pada tiap ruangan peserta ujian berjumlah 40 orang  terdiri dari siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Mereka duduk secara menyilang untuk menghindari terjadinya saling tukar jawaban, sedangkan pengawas ujian berjumlah 1 (satu) orang guru pada tiap ruangan.


Selain itu kegiatan PAS ini juga dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram yang biasa disebut Ujian Bersama (UB) terutama untuk mata pelajaran umum yang  masuk dalam  ujian nasional seperti IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, sementara untuk mata pelajaran Agama dan mata pelajaran lainnya dilaksanakan sebagai ujian bersama KKM.


Sihabuddin selaku Waka Kurikulum sekaligus sebagai ketua panitia ujian akhir semester mengatakan sebanyak 589 siswa MTsN 3 Mataram mengikuti ujian akhir semester ganjil untuk tahun pelajaran 2019/2020 selama satu minggu dibagi menjadi 15 ruangan, tiap ruangan terdiri 40 siswa yang telah diacak dari kelas VII hingga kelas IX. "Sementara pengawas terdiri dari dewan guru-guru sebanyak 32 orang rata-rata mengawas sebanyak 7 (tujuh) kali selama ujian", jelas Sihabuddin saat dikonfirmasi. 


Sementara Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa penilaian akhir semester ganjil (PAS) ini dimaksudkan untuk mengukur pencapaian pembelajaran peserta didik selama kurang lebih 6 (enam) bulan lamanya belajar, serta  merupakan bentuk evaluasi program pembelajaran bagi siswa pada semester berikutnya. 


Suparman mengharapkan pada guru-guru yang menjadi pengawas agar menjalankan tugasnya penuh tanggung jawab dalam ruangan, seperti mengecek identitas siswa, mengurutkan lembaran jawaban siswa dari urutan nomor yang paling kecil hingga urut nomor yang besar serta memisah lembar jawaban antar kelas. "Dan perlu diingat bagi pengawas juga  apabila siswa telah selesai mengerjakan soal ujian jangan diberikan meninggalkan ruangan terlebih dahulu sebelum berakhir waktu yang telah ditentukan atau sebelum bel dibunyikan", tandasnya. @ruslanwahid



Pembuat Rilis    :    Ruslan Wahid

E d i t o r          :    Dra. Hj. Diah Purnawati

187
Share :

INFORMASI LAINNYA