“PAS” MTsN 1 Sumbawa Untuk Mengevaluasi Guru Dan Siswa

Jumat, 06 Desember 2019 10:11

“PAS”  MTsN 1 Sumbawa Untuk Mengevaluasi Guru Dan Siswa

Inmas_MTsN 1 Sumbawa. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 MTsN 1 Sumbawa sudah dimulai sejak Kamis, 05 Desember 2019. Kegiatan tersebut terlaksana sesuai hasil rapat yang digelar pertengahan Bulan November 2019 kemarin di ruang guru yang di pimpin Kamad Sandi S.Pd.MM. Dari hasil rapat tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh panitia PAS yang diketuai Drs. Abdullah, mulai dari pembuatan kisi-kisi soal, kartu soal dan pembuatan soal utuh dengan ketentuan. Untuk kelas IX jumlah soal sebanyak 45 yang dirinci antara lain sebagai berikut : soal pilihan ganda sebanyak 40 sedangkan essay berjumlah 5. Sedangkan soal untuk Kelas VII dan VIII berjumlah 25, pilihan ganda 20 dan essay 5. Sebagai acuan dalam pelaksanaan semester, panitia juga menyusun nama mata pelajaran dan nama guru yang di sebar melalui jadwal pelaksanaan semester, mata pelajaran dan pengawas.


PAS Ganjil MTsN 1 Sumbawa Tahun 2019 dilaksanakan sesuai rencana yang dirancang dalam jadwal yakni mulai Kamis, 05 Desember sampai Kamis, 12 Desember 2019. Pelaksanaan semester ganjil MTs N 1 Sumbawa sejatinya akan mengikuti kalender pendidikan yakni tanggal 2 Desember 2019, akan tetapi karena ada beberapa pertimbangan, maka semester itu dilaksanakan 3 hari setelah pelaksanaan sesuai kalender.


Kegiatan PAS yang diikuti oleh sekitar 525 siswa yang tesebar kedalam 16 rombongan belajar adalah tahapan proses dalam sebuah evaluasi bagi kemampuan guru dalam mentransfer materi yang sesuai dengan kaedah yang tertuang dalam perangkat pembelajaranan. Selanjutnya kemampuan peserta didik juga diukur melalui sebaran-sebaran soal yang tertuang dari materi yang sudah terintegritas dalam setiap tatap muka. “Artinya. Tujuan PAS itu sendiri, tidak hanya mengukur pencapaian pemahaman siswa dalam menerima suguhan materi dalam setiap pelajaran, akan tetapi lebih dalam mengukur kelebihan dan kelemahan individu guru di dalam menggunakan metode-metode pengajaran yang di terapkan” Terang Kamad Sandi.


Setelah penilaian kompetensi akademik untuk masing-masing siswa dilaksanakan melalui pemeriksaan hasil semester,  maka selanjutnya akan dipadukan dengan penilaian kompetensi sikap,  sebab penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Dan kegiatan penilaian sikap adalah untuk memahami kemajuan sikap peserta didik secara individual.


Pembuat Rilis    :    Humas MTsN 1 Sumbawa

E d i t o r          :    Dra. Hj. Diah Purnawati






212
Share :

INFORMASI LAINNYA