57 Orang Seleksi Petugas Haji Tingkat Kanwil NTB

Kamis, 13 Februari 2020 12:12

57 Orang Seleksi Petugas Haji Tingkat Kanwil NTB

Mataram_Inmas, Sejumlah 57 orang Seleksi Calon Petugas Haji Tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Barat Kamis ( 13/02-2020 ) dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Lombok dihadiri Itjen Kemenag RI Nurul Badruttamam, Kabid PHU H.M. Ali Fikri, dan seluruh panitia seleksi petugas haji.

Arahan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah diwakili oleh Kepala Bidang PHU H.M. Ali Fikri pada pelaksanaan seleksi calon petugas haji tahun 1441 H/2020 M bahwa rekrutmen petugas haji ini sangat penting dan merupakan proses penyelenggaraan ibadah haji, dimana semua aspek harus berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

H. M. Ali Fikri menjelaskan sesuai rencana perjalan haji (RPH) tahun 1441 H/2020 M bahwa pemberangkatan JCH kloter pertama mulai tanggal 26 Juni 2020, dan kloter terakhir  tanggal 25 Juli 2020. Wukuf di Arafah tanggal 30 Juli 2020. Awal pemulangan Jemaah Haji tanggal  6 Agustus 2020, dan akhir pemulangan Jemaah Haji tanggal  4 September 2020. Oleh karena itu petugas haji harus disiapkan sebelum awal pemberangkatan JCH. Ditambahkan pula oleh H.M. Ali Fikri dalam rangka memperolah petugas yang memiliki kompetensi dan integritas yang baik perlu dilakukan rekrutmen baik untuk PPIH kloter maupun maupun PPIH Arab Saudi/Non Kloter melalui seleksi, diantaranya  seleksi portofolio, kompetensi dan wawancara.

Selain itu HM. Ali Fikri juga mengatakan pada tahun ini, seleksi menggunakan sistem baru dalam seleksi calon petugas haji atau Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1441H / 2020M. Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) atau berbasis komputer dalam proses seleksi petugas haji di tingkat Kabupaten/Kota. “Aplikasi tes berbasis android, hanya bisa diakses oleh calon petugas haji yang terdaftar di aplikasi pendaftaran dan lolos verifikasi, “ jelas H.M. Ali Fikri. Pada tahun-tahun sebelumnya tes rekrutmen tersebut hanya dilakukan secara tertulis dengan kertas jawaban.

Menurut HM. Ali Fikri kegiatan ini sekaligus menjelaskan kepada admin rekrutmen petugas haji mengenai teknis perekrutan dan tata cara pelaksanaan ujian bagi calon PPIH 1441H / 2020M. “CAT merupakan sistem baru dalam pelaksanaan rekrutmen petugas haji di tingkat kabupaten kota, untuk itu diperlukan sosialisasi optimal kepada para admin atau user sebagai bentuk antisipatif akan kemungkinan kesulitan peserta terhadap tes,” tuturnya. Pola seleksi CAT (Computer Assisted Test) pada seleksi tingkat Provinsi untuk peserta Kabupaten/Kota, dimana pada tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan seleksi dengan pola CAT. Semua proses tersebut sebagai upaya Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah menciptakan standarisasi mewujudkan seleksi yang transparan, obyektip dan akuntabel tegas Kabid PHU.

Didepan 57 orang peserta H. M. Ali Fikri menegaskan bahwa para peserta mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggung jawabkan. Diharapkan kepada seluruh peserta harus bersikap sportif, konsekwen dan konsisten serta lebih profesionalitas. Bagi peserta yang belum memiliki peluang untuk menjadi petugas tahun ini agar tidak berkecil hati karena masih ada kesempatan untuk melayani tamu-tamu Allah yang terbuka luas pada tahun-tahun yang akan datang. Dan bagi peserta yang lolos dalam seleksi ini agar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental untuk mengikuti tahapan/proses selanjutnya yang akan menentukan apakah dapat diangkat dan ditetapkan sebagai PPIH Kloter atau PPIH Arab Saudi/ Non Kloter Tahun 2020/1441 H atau bahkan akan gugur pada tahap tersebut.

Selanjutnya dalam laporan Ketua Penitia Penyelenggara H. Lalu Muhammad Zainuddin disampaikan tujuan pelaksanaan seleksi petugas haji non kloter maupun petugas kloter yaitu  harus menjadi petugas yang profesional dan bertanggung jawab yang akan memandu jamaah haji dari tanah air sampai ke tanah Suci Makkah dengan penuh tanggung jawab.

Adapun pelaksanaan seleksi pada tanggal 13 Pebruari 2020 di Asrama Haji Embarkasi Lombok dengan  peserta berjumlah 57 orang terdiri dari TPHI 20 orang, TPIHI 19 orang TPIH Arab Saudi 18 orang,  dari unsur ormas UIN Mataram 2 orang , Ponpes 2 orang , dan Ormas Islam 2 orang.

Lebih lanjut  Humas Kanwil Kemenag Provinsi NTB H.Muhamad  mengkonfirmasi kepada Itjen Nurul Badruttamam, Kasubag TU dan Humas Itjen Kementerian Agama RI pada saat melaksanakan pengawasan petugas haji di Asrama Haji Embarkasi Lombok NTB. Dalam kesempatan tersebut Nurul Badruttamam mengapresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara tes petugas haji.  Nurul Badruttamam berharap di era keterbukaan seperti saat ini   dapat   menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, entah  itu  panitia maupun peserta agar mengikuti aturan yang ada. Dalam hal ini Itjen juga terbuka dengan hasil atau nilai tes yang selanjutnya akan disampaikan kepada pantia pusat sehingga pengumuman CAT  akan menjadi terbuka/transparan.  Mhd… 

 

Pembuat Rilis                      :      H. Muhamad, SH

E d I t o r                           :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas     :      Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

548

INFORMASI LAINNYA