13 Siswa MAN 2 Kota Bima Lolos Seleksi Petugas Paskibraka Kota Bima

Jumat, 14 Februari 2020 12:26

13 Siswa MAN 2 Kota Bima Lolos Seleksi Petugas Paskibraka Kota Bima

Kota Bima. Inmas. Sebanyak 13 orang siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima lolos seleksi menjadi petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Bima Tahun 2020. 11 orang siswa lolos untuk mengikuti seleksi petugas Paskibraka tingkat Provinsi NTB, 2 orang siswa lainnya Paskibraka tingkat kota Bima. Demikian penjelasan Arif Ruslin, S.Pd, pembina Paskibraka MAN 2 Kota Bima saat ditemui di madrasah setempat, Kamis pagi (13/02/2020).

Proses seleksi dilaksanakan pada Rabu pagi (12/02) di Gedung Seni Budaya Kota bima. Tahap seleksi terdiri dari tinggi badan dan PBB. Untuk tinggi badan laki-laki minimal 165 cm dan perempuan minimal 163 cm. Jumlah peserta yang ikut seleksi sebanyak 76 orang siswa se Kota Bima.  

Setiap tahun ada peningkatan jumlah siswa MAN 2 Kota Bima yang menjadi petugas Paskibraka tingkat Kota Bima. Pada tahun 2016, ada 10 orang. Tahun 2017 ada 12 orang. Di tahun 2018 ada 16 orang yang berhasil menjadi petugas Paskibraka dan ada 1 (satu) orang siswa atas nama Muhammad Fathan berhasil menjadi salah satu petugas Paskibraka tingkat Provinsi NTB.

Sementara itu, di tahun 2019 ada 14 orang yang berhasil jadi petugas Paskibraka tingkat kota Bima. Lebih membanggakan lagi, Muhammad Adzan berhasil tembus nasional dan didampuk sebagai Komandan Kelompok (Danpok) Pasukan 17 Tim  Merah yang bertugas di Istana Merdeka bersama petugas Paskibraka dari seluruh Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019 lalu.   

Berikut nama-nama siswa MAN 2 Kota Bima yang menjadi Petugas Paskibra Tingkat Kota Bima Tahun 2019 adalah:


No.

Nama Siswa

Kelas

1.

Muh. Rusidi Aviv

XI IPS 1

2.

Andi Muh. Ghalib

X IPA 1

3.

Doni Rahman

X IPA 5

4.

Muh. Ra’if Dzakir

X IPA 5

5.

Aditya Rahman

X IPA 3

6.

Putra Bima Hardiansyah

X IPA 2

7.

M. Fabil Akbar

X Agama 1

8.

Fauzi Ferizki

X IPS 3

9.

Rizki Aulia

X IPS 1

10.

Intan Nurfadillah

X IPA 1

11.

Ade Wiran Ina Pratiwi

X IPA 1

12.

Alya Azzahra

X IPA 3

13.

Kaifa Febriana

X IPA 1


Arif Ruslin, S.Pd mengungkapkan, paskibraka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MAN 2 Kota Bima. Pembinaannya 2 kali seminggu, Rabu dan Kamis. Akan tetapi, jelang seleksi tingkat kota, latihan dilakukan setiap hari. 

Kami merasa kesulitan menangani siswa yang ikut latihan paskib dikarenakan jumlah peminatnya yang begitu banyak. Setelah proses latihan, kami mengadakan kemah pengukuhan anggota. Hal ini bertujuan untuk memperdalam keterampilan dan mental tanding”, jelasnya. 

Dikatakannya, pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, Kepala MAN 2 Kota Bima bersama jajarannya, baik dukungan materi maupun moril. Dukungan dari Purna Paskibraka MAN 2 Kota Bima yang selalu mendampingi di saat latihan maupun saat seleksi, diantaranya, Muhammad Adzan, Muhammad Fathan, Ali Annur Aliando, M. Zidan, Shendy, Nasution, M. Satrya, Anggi, Nurul, dan yang lainnya.  

Harapannya mudah-mudahan kegiatan Paskib terus meningkat. Jumlah siswa yang lolos seleksi di tingkat Kota, Provinsi, bahkan Nasional bertambah. Semoga ada lagi yang tembus nasional seperti Adzan yang mewakili MAN 2 Kota Bima. Sehingga akan memberi warna tersendiri bagi madrasah. Madrasah Hebat. Madrasah Lebih Baik. Lebih Baik Madrasah”, pungkas Arif penuh harap sembari menutup penjelasannya.   (Nurrosyidah Yusuf)


Pembuat Rilis    : Nurrosyidah Yusuf

Editor               : Rina Margasari


 


32
Share :

INFORMASI LAINNYA