Persiapkan UNBK/UAMBNBK 2020 Untuk Kelas IX MTsN 3 Mataram Tambah Jam Pelajaran

Senin, 17 Februari 2020 14:54

Persiapkan UNBK/UAMBNBK 2020 Untuk Kelas IX MTsN 3 Mataram Tambah Jam Pelajaran

MTsN3Mataram_Inmas- Dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional Berstandar Nasional (UNBK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) serta Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) tahun 2020 MTsN 3 Mataram sejak Senin (27/1/2020) memulai melakukan pengayaan bagi siswa kelas IX sebagai pelajaran tambahan mereka selain pelajaran pagi.

Pengayaan yang diikuti oleh siswa kelas IX ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap materi suatu mata pelajaran yang di UN-kan. Dengan mengikuti pengayaan dan belajar tambahan di madrasah diharapkan siswa akan mengalami ketuntasan belajar pada ujian yang diadakan di sekolah. Selain itu juga berorientasi pada kelulusan  ujian akhir nasional (UN).

Dalam rangka  menargetkan kelulusan 100 persen pada UAMBN-BK dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Maret - Mei 2020 mendatang, MTsN 3 Mataram sudah mulai melakukan pengayaan dan les kepada siswa Kelas IX sejak Tanggal 27 Januari 2020. “Kami persiapkan anak-anak untuk menghadapi ujian lebih awal dengan pemberian tambahan materi pelajaran melalui pengayaaan pada sore hari mulai pukul 14.00 - 15.15 WITA”, demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman, M.PdI saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.

H. Suparman menambahkan pengayaan dilaksanakan usai jam belajar formal. Siswa kelas IX yang jumlahnya 185 ini tidak langsung pulang seperti siswa kelas lainnya. Mereka harus melanjutkan belajar khusus bagi mata pelajaran (mapel) yang di UN-kan. Seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Pengayaan dilakukan langsung oleh guru-guru di madrasah sesuai jadwal yang telah disusun. Guru-guru fokus memberikan materi pembelajaran sesuai kisi-kisi UN tahun pelajaran 2019-2020.

Kepada guru-guru yang ditunjuk dan ditugaskan sebagai guru les pengayaan Suparman berharap agar betul-betul melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat waktu sesuai jadwal yang dibagikan, "jangan ada kesan pengayaan ini hanya sekedar ngeles saja, tapi bagaimana mempersiapkan peserta didik agar lebih memahami dan mendalami materi sesuai kisi-kisi yang telah dibagikan untuk menghantarkan anak-anak sukses dalam menghadapi ujian", pungkasnya.


Hal senada diungkapkan  Waka Kurikulum Sihabuddin, S.Pd semakin dekatnya pelaksanaan berbagai jenis ujian yamg dihadapi siswa kelas IX banyak menyita waktu mereka untuk mengikuti kegiatan proses belajar mengajar di kelas secara formal karna berbagai kegiatan yang dihadapi mulai kegiatan simulasi, tryout UAMBNBK dan UNBK, ada kegiatan ujian praktik, ujian sekolah dan madrasah. 

"Kegiatan-kegiatan tersebut banyak mengurangi volume dan intensitas belajar mereka di kelas oleh sebab itu kami buka dan laksanakan jam pelajaran tambahan berupa les pengayaan sejak pertengan bulan Januari 2020 yang lalu, dimana waktu dan teknis pelaksaannya sudah dijadwalkan bagi guru-guru yang mengampu mata pelajaran di UN-kan selama 4 hari dari Senin hingga Kamis", jelas Sihabuddin. @ruslanwahid 

1121
Share :

INFORMASI LAINNYA