Gladi Bersih UNBK Tahun 2020 MTsN 3 Mataram

Selasa, 03 Maret 2020 09:57

Gladi Bersih UNBK Tahun 2020 MTsN 3 Mataram

MTsN3Mataram_Inmas- Memasuki hari kedua simulasi atau gladi bersih pelaksanaan UNBK untuk tahun pelajaran 2019/2020 yang diikuti oleh 185 orang siswa MTsN 3 Mataram berjalan dengan baik berdasarkan pantauan dari pewarta sambil melakukan dokumentasi kegiatan sejak hari pertama kemarin Senin (2/3/2020).

Sesuai juknis dan pos pelaksanaan UNBK tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia dalam hal ini BNSP sudah menetapkan jadwal UNBK tingkat SMP/MTs dan Paket B yang akan dilaksanakan secara serentak pada 20 - 23 bulan April 2020 mendatang. Untuk mempersiapkan menghadapi hal tersebut berbagai upaya yang dilakukan oleh satuan pendidikan terhadap peserta didiknya seperti pengayaaan mata pelajaran yang di-UN-kan, try out termasuk kegiatan simulasi atau gladi bersih.

Dalam hal ini MTsN 3 Mataram sejak hari Senin (2/3/2020) kemarin hingga Rabu (4/3/2020) mengikuti kegiatan simulasi atau gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah dijadwalkan secara serentak oleh Kemendikbud Republik Indonesia. Selain gladi bersih UNBK juga diperkenalkan kepada siswa dan guru-guru tentang Assesment Kompetensi Minimal (AKM) yang akan diterapkan tahun mendatang yang dicanangkan sebagai ganti dari pelaksanaan ujian nasional.

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Mataram sendiri simulasi ini dilaksanakan masih sama dengan pelaksanaan try out UNBK dan simulasi UAMBNBK dengan 3 sesi dalam sat ruangan dengan fasilitas disediakan 62 client dan 2 server. Tiap-tiap sesi diikuti oleh 32 orang siswa. Mereka diarahkan oleh dua orang tenaga teknisi dan protoktor serta dua orang pengawas dari guru. 

Dikatakan oleh Surya Pratama salah seorang proktor MTsN 3 Mataram bahwa pada pelaksanaan simulasi UNBK ini tidak mengalami kendala apapun. Pelaksanaan simulasi berjalan dengan lancar, baik server maupun komputer klien peserta tidak mengalami kendala apapun setelah sebelumnya kami melakukan sinkronisasi server dari pusat pada hari Ahad (1/3/2020).

“Alhamdulillah, walapun proses sinkronisasi server dari pusat sempat terhambat pada Sabtu (29/2/2020) kemarin dan kami lanjutkan hingga Ahad, semuanya tuntas kami tangani bersama teknisi dan proktor lainnya, hingga pelaksanaan simulasi UNBK tahap satu ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, anak-anak juga sudah kami arahkan cara melakukan login dan pengisian biodata pada CBT exambro UNBK,” ungkap Yayak panggilan akrabnya.

Untuk di ketahui pada hari pertama Senin (2/3/2020) simulasi atau gladi dilaksanakan mata pelajaran Bahasa Inggris dan hari kedua Selasa (3/3/2020) mata pelajaran Matematika dilanjutkan dengan pengenalan AKM selama 45 menit dan Angket 30 menit. Untuk hari ketiga Rabu (4/3/2020) akan direncanakan dengan simulasi AKM bagi guru-guru semua mata pelajaran. @ruslanwahid.

 

 

Pembuat Rilis                             :           Ruslan Wahid

E d i t o r                                    :           Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas         :           Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

422
Share :

INFORMASI LAINNYA