Pembinaan dan Sosialisasi PKG dan PTK Oleh Ketua Pokjawas Kemenag Kabupaten Lombok Timur

Rabu, 04 Maret 2020 19:26

Pembinaan dan Sosialisasi PKG dan PTK Oleh Ketua Pokjawas Kemenag  Kabupaten Lombok Timur

Inmas_MTsN 2 Lombok Timur,  Sejumlah guru dan TU Satmingkal dan DPK MTsN 2 Lombok Timur mendapat Pembinaan dan Sosialisasi PKG dan PTK Oleh Drs. H. Hasanuddin Ketua Pokjawas Kemenag  Lombok Timur  didampingi Sekretaris Pokjawas Drs. Nahdi dan Kamad MTsN 2 Lotim Samsul Bahraen, S.Pd yang berlangsung di ruang multi media MTsN 2 Lombok Timur Rabu, 04 Maret 2020.


Tidak hanya di MTsN 2 Lotim melakukan pembinaan dan sosialisasi PKG dan PTK, Ketua Pokjawas juga melakukan hal yang sama di madrasah-madrasah negeri yang ada di wilayah Kementerian Agama Kab. Lombok Timur, dengan tujuan pemerataan dalam menggunakan sistem penilaian kepada Aparatul Sipil Negara (ASN).


Sebelum lebih lanjut materi  Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Penilaian Tenaga Kependidikan (PTK)  disampaikan oleh Sekretaris Pokjawas. Ketua Pokjawas Drs. H. Hasanuddin menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan kinerja ASN pada satuan kerja di lingkup Kemenag Kab. Lombok Timur khususnya MTsN 2 Lombok Timur.


Dalam kesempatan itu Ketua Pokjawas Hasan sapaannya, mengingatkan kepada seluruh ASN agar selalu memperhatikan tugas dan fungsi guru,  pegawai yang sudah terstruktur dalam kebijakan yang berlaku dalam setiap satker  yang tertuang dari kebijakan pemerintah dalam setiap pekerjaan formal yang dilakukan  oleh tenaga pendidik. 


“Dalam PKG itu  dimuat beberapa sistem untuk mengukur kinerja guru yakni menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan ketrampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah, kemudian untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja dan juga tugas tambahan yang diberikan. Semacam itu juga yang dilakukan penilaian atau evaluasi kepada tenaga kependidikan agar setiap tenaga kependidikan memiliki pedoman sebagai tolok ukur kinerja  di masa mendatang yang mengacu pada suatu sistem formal dan struktur yang digunakan untuk mengukur dan menilai sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku dan hasil” ungkap Ketua Pokjawas Hasan.


Ditempat yang sama Sekretaris Pokjawas Drs. Nahdi juga menyampaikan hal senada yakni terkait dengan penilaian kinerja pendidik dan kependidikan, sekaligus tanya jawab terkait masalah PKG dan PTK.

“Inti dari penilaian itu semua adalah untuk menunjukkan kekuatan dan kelemahan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sehingga mampu memperkuat kekuatan dan memperbaiki kelemahan” tandas Sekertaris Pokjawas Nahdi.


Kamad MTsN 2 Lombok Timur sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini  agar seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bisa memaksimalkan waktu dalam meningkatkan kinerja serta mengevaluasi diri terhadap kelemahan-kelemahan kinerja selama ini dan merancang kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.


Pembuat Rilis                            :        Humas MTsN 2 Lombok Timur

E d i t o r                                   :         Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas        :         Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

 

 

141
Share :

INFORMASI LAINNYA