Guru Agama Hindu Teladan Dan Contoh Dalam Masyarakat

Selasa, 17 Maret 2020 07:51

Guru Agama Hindu Teladan Dan Contoh Dalam Masyarakat

Mataram_Inmas, Kegiatan Penyusunan Kurikulum Pasraman Provinsi Nusa Tenggara Barat Senin ( 16-03-2020 ) dilaksanakan di Hotel Lombok Plaza Cakranegara Mataram dan pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Pembimas Hindu I Wayan Widra, serta seluruh Kepala Seksi Bidang Hindu lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam laporan Ketua Panitia I. Gde Subrata disebutkan bahwa peserta kegiatan penyusunan kurikulum pasraman berjumlah 40 ( empat puluh ) orang Guru Agama Hindu se – pulau Lombok.  Dan pelaksanaan kegiatan selama 3 ( tiga ) hari yang dimulai dari tanggal 16 sampai dengan 18 Maret 2020.

Sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan penyusunan pasraman oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Muhammad Amin yang menyampaikan bahwa menjadi seorang guru itu adalah pekerjaan yang sangat mulia dan jangan dianggap remeh, dan sudah seyogyanya seorang guru diperhitungkan betul tugas dan tanggung jawabnya karena tugas seorang guru tidaklah  ringan.

H. Muhammad Amin mengingatkan kepada seluruh Guru Agama Hindu sebelum masuk ke ruangan kelas harus paham konsep yang disampaikan kepada anak didik dan bahan ajarnya harus jelas. Apabila bahan ajar yang disampaikan  bisa masuk di benak anak didik maka selamanya mereka akan selalu mengingat ilmu yang diajarkan oleh gurunya dan bermanfaat pula untuk selamanya. Selain itu H. Muhammad Amin mengatakan bahwa Guru-guru Agama Hindu harus mampu merubah sikap dan perilaku anak didik, dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak menguasai menjadi menguasai, dan dari yang tidak suka menjadi suka. Oleh karena itu guru-guru harus mampu menguasai ilmu seorang guru  dan mengaplikasikan dalam tugasnya karena semua itu  kelak akan menjadi ladang amal bagi guru-guru itu sendiri. Yang terpenting lagi H. Muhammad Amin menambahkan seorang Guru Agama Hindu harus memahami anak didik yang diajarnya, memandang mereka sama tanpa diskriminasi antara anak didik yang satu dengan yang lainnya. Jadi Guru Agama Hindu harus faham kondisi anak didik dan latar belakangnya, selain itu  dalam proses pembelajaran di dalam kelas seorang guru harus berkomunikasi yang baik dengan anak didiknya, memiliki emosi yang stabil dan mampu mengendalikan diri di depan anak didiknya karena kepribadian yang baik dari seorang guru akan memberikan contoh dan suri tauladan yang baik juga  akan selalu dikenang selamanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya maka terkait dengan tugas seorang Guru Agama Hindu H.Muhammad Amin mengatakan bahwa seorang Guru Agama Hindu harus mengembangkan pola pembelajaran terprogram yang menitik beratkan pada upaya membantu anak didik agar sanggup mencapai perwujudan dirinya sesuai dengan kemampuan dasar dan keunikan yang dimilikinya. Jadi seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan pengelolaan suasana belajar yang mampu menimbulkan gairah belajar peserta didik. Pengelolaan suasana belajar yang baik dapat dilakukan dengan cara pengeloaan kelas atau pengaturan ruang belajar. Hal ini merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan epngajaran yang telah ditetapkan. Pengelolaan kelas merupakan bagian dari proses belajar meengajar yang perlu disesuaikan dengan metode, bahan, media dan lain-lainnya dalam kerangka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Dengan demikian dalam pengelolaan kelas seorang guru perlu mengembangkan kemampuan dan sikap serta nilai yang berhubungan dengan sistim pengorganisasian kelas yang baik. Seorang Guru Agama Hindu perlu memperkaya wawasan mengajarnya dengan sistim pengorganisasian kelas yang baik. Seorang Guru Pendidik Agama Hindu perlu memperkaya wawasan mengajarnya dengan beberaps kemampuan didalam mengelola kelas ini sehungga proses belajar mengajar yang dilakukannya dapat mencapai sasaran seoptimal mungkin. Mhd

 

Pembuat Rilis                        :      H. Muhamad, SH

E d i t o r                                :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas     :      Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

96
Share :

INFORMASI LAINNYA