Pembelajaran Online Dan Piket ASN MTsN 2 Loteng Menghadapi Darurat Covid-19

Jumat, 20 Maret 2020 10:36

Pembelajaran Online Dan Piket ASN MTsN 2 Loteng Menghadapi Darurat Covid-19

MTsN 2 Loteng _ Inmas , Kebijakan pemerintah yang meliburkan kegiatan pembelajaran di ruang kelas selama dua pekan kedepan berdampak pada proses pembelajaran klasikal yang selama ini terlaksana. Kementerian Agama Republik Indonesia melalui masing – masing Kemenag kabupaten / kota menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan mengarahkan madrasah – madrasah mengadakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh ( online ). MTs Negeri 2 Lombok Tengah sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan menyambut positif himbauan untuk menyelenggarakan pembelajaran online tersebut. Respon baik madrasah ini ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan rapat terbatas semua Dewan guru dan staf. Bertempat di ruang guru, Kamis 19/03/2020 dilaksanakan pertemuan civitas madrasah dengan agenda utamanya adalah memusyawarahkan langkah terbaik dalam melaksanakan edaran pemerintah terkait kegiatan keseharian siswa – siswi , Dewan guru dan seluruh staf Tata Usaha.

Kepala MTs Negeri 2 Lombok Tengah Masdiono dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk memutus mata rantai virus corona, maka penting kiranya dilakukan strategi terbaik dalam pengelolaan pembelajaran dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas dan tupoksi para penyelenggara pendidikan di madrasah.

“Terkait dengan semakin massifnya virus corona menjangkiti warga, maka civitas MTs Negeri 2 Lombok Tengah harus dapat meminimalisir kegiatan – kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Oleh karenanya pelaksanaan pembelajaran harus mengacu kepada edaran pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran online. Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan tupoksi dari masing – masing guru dan staf, maka mereka dibebankan untuk melaksanakan semua kewajibannya  di rumah masing – masing, serta diwajibkan untuk melaksanakan piket masuk bergiliran sebagai tanggung jawab administrasi manakala ada masyarakat atau pihak tertentu yang membutuhkan pelayanan dari pihak madrasah”, demikian penjelasan Masdiono yang merupakan mantan Kepala MsN 5 Lombok Tengah.

Pantauan pada Jum’at pagi, 20/03.2020 suasana madrasah tampak lengang, hanya ada dua orang guru dan dua  orang staf TU serta Kepala Madrasah dan Kepala Tata Usaha yang masuk melaksanakan tugas kesehariannya. Humas MTs Negeri 2 Loteng H.Najamudin menyatakan, jika keempat guru dan staf Tata Usaha serta Kepala madrasah dan Kepala Tata Usaha yang masuk merupakan karyawan yang kebetulan mendapat giliran untuk piket pada hari Jumat, 20/03/2020. H. Najamudin yang akrab disapa H. Odink dan merupakan sosok yang supel dan humoris ini  juga menambahkan bahwa sampai tanggal 31 Maret 2020, Dewan guru dan staf Tata Usaha sudah dibuatkan jadwal bergiliran untuk piket, dimana setiap hari  enam orang termasuk Kepala madrasah dan Kepala Tata Usaha masuk sesuai jam kantor, dan sesuai kesepakatan bersama, maka setiap hari sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 ada dua orang guru, dua orang staf Tata Usaha ditambah Kepala madasah dan Kepala Tata Usaha melaksanakan piket dengan ketentuan masuk mengikuti jadwal kerja ASN yang berlaku”,  tutur H. Najamudin.

Selamat melaksanakan pembelajaran online bagi seluruh civitas MTs N 2 Loteng .  

 

Pembuat Rilis                         :      H. Odink Najamudin

E d i t o r                                :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas     :      Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

         

331

INFORMASI LAINNYA