Siswa MAN 2 Kota Bima Juara Inovasi TTG 2020

Senin, 23 Maret 2020 13:23

Siswa MAN 2 Kota Bima Juara Inovasi TTG 2020

Kota Bima, Inmas. Tim siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kota Bima meraih Juara 4 pada Lomba Inovasi dan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Bima Tahun 2020. Tim ini terdiri dari Ahmad Khairuzaini (XI IPA 3), Inni Farhani (X IPA 5), dan Putri Syakinah (X IPA 5) dibawah bimbingan Rozali Jauhari Alfanani, S.Pd. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda - Litbang) Kota Bima.

Pengumuman para pemenang dilaksanakan pada Senin pagi (16/03) di halaman Kantor Bappeda - Litbang Kota Bima, sedangkan pelaksanaan lomba yang mengangkat tema “Masyarakat Mandiri Kota Bima Maju” dilakukan selama 2 hari (27-28/02) yang diikuti oleh 40 peserta dengan 3 kategori, yakni: kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kategori SMA Sederajat, dan kategori Mahasiswa, Dosen, dan Umum.

Untuk kategori siswa SMA/MA/SMK, para pemenangnya sebagai berikut: Juara 1: Tim Abhi Krisna dan Devi Adelia, “Alat Bor Duduk” (80,88), Juara 2: Tim Nurul Insani dan Layli Nurramdani, “Kancip Almond/Mete” (80,83), Juara 3: Tim Nurapriliani Lailatul dan Moh. Aditya Ramadhan, “Oven Tenaga Surya” (76,63), Juara 4: Tim Ahmad Khairuzaini dan Rozali Jauhari Alfanani, “Teknologi Penghasil Listrik, Bahan Bakar, dan Bahan Pembuatan Paving Block Berbasis Sampah Kota Bima” (63,01).   

Rozali Jauhari Alfanani, S.Pd sebagai pembimbing Tim MAN 2 Kota Bima mengungkapkan bahwa persiapan lomba hanya sebentar. Pembuatan proposal inovasi sekitar seminggu, kemudian pembuatan alatnya hanya butuh waktu 3 hari, mulai dari pengumpulan alat dan bahan, perakitan, uji coba hingga finishing.

Dengan adanya lomba ini besar harapannya semoga makin banyak siswa MAN 2 Kota Bima yang berpartisipasi dalam ajang teknologi seperti ini. Hal ini tentunya dimulai dengan pembinaan yang intens dari seluruh guru, diantaranya guru IPA, Pembina KIR, dan pihak terkait, sehingga siswa dapat menghasilkan inovasi teknologi yang tepat guna dan berkualitas.     

Kepala Bappeda – Litbang Kota Bima, Drs. H. Muhammad Fakrunrazi, ME menyatakan, lomba ini bertujuan untuk merangsang perkembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan harapan dapat membantu kemandirian masyarakat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan manusia yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

Seluruh peserta mempresentasikan 44 inovasi yang terdiri dari 18 inovasi dari OPD, 18 inovasi dari Mahasiswa, Dosen, dan Umum, serta 8 inovasi dari SMA Sederajat. Jumlah peserta yang turut berpartisipasi pada lomba ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaring inovasi-inovasi yang ada, baik pada tingkat masyarakat secara umum maupun yang ada di setiap perangkat daerah, sehingg dapat menumbuh kembangkan kreativitas, mulai dari pelajar, mahasiswa serta dosen bahkan sampai kepada masyarakat yang pada umumnya memiliki keahlian untuk menghasilkan sesuatu.

Ada 2 aspek utama penilaian pada lomba, yakni: Pertama, Inovasi Alat TTG, dengan indikator penilaian mencakup: kreasi, kebaharuan, meningkatkan produktivitas, relevansi, ekonomis, mudah dibuat, dan mudah dioperasikan. Kedua, aspek Presentasi Peserta, dengan indikator penilaian mencakup: penguasaan materi, kemampuan menjawab pertanyaan, kemampuan mendemonstrasikan alat, teknik penyajian, ketepatan waktu penyajian, dan kesopanan.

Dikatakannya, ketika inovasi yang dilombakan dapat bermanfaat, maka akan direkomendasikan untuk diadopsi oleh pemerintah daerah. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piagam, piala, dan uang tunai. (Nurrosyidah Yusuf)


Pembuat Rilis                              : Nurrosyidah Yusuf

Disetujui oleh Kasubbag Humas    : Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

15
Share :

INFORMASI LAINNYA