Pelaksanaan UDG Tingkat Nasioanl Di Ambon Maluku Masih Menunggu Waktu

Selasa, 24 Maret 2020 11:03

Pelaksanaan UDG Tingkat Nasioanl Di Ambon Maluku Masih Menunggu Waktu

Mataram Inmas – Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat berdialog dengan Kepala Bidang Bimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi NTB I Wayan Widra ( 22-03-2020 ) terkait persiapan Utsawa  Dharma Gita ( UDG ) tingkat Nasional di Ambon Maluku pada bulan Juni tahun 2020 akan datang. Untuk pelaksanaan ditingkat Provinsi NTB telah dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Puja mataram beberapa waktu lalu.

I Wayan Widra mengatakan Keputusan bersama di STAHN Gde Puja Mataram itu maka pelaksanaan UDG tingkat Provinsi tidak ada masalah, menurut Kabid Bimas Hindu kita perlu melakukan pendekatan-pendekatan audensi dengan Gubernur NTB terkait dengan bantuan dana dan alhamdilillah kita mendapatkan bantuan dana sebesar Rp. 100 juta, namun dana 100 juta itu masih belum cukup untuk pendanaan itu ujar Kabid Bimas Hindu, kita akan terus melakukan pendekatan lagi dengan Pemda terkait agar bisa di tambah lagi dana tersebut.

Kabid Bimas Hindu tetap melakukan komunikasi dengan pusat Dirjen Bimas Hindu melalui Direkturnya dan Kasubdit pemberdayaan umat, terkait pendanaan itu Kabid Bimas Hindu berharap dibantu oleh pusat, namun dari tingkat pusat belum memberikan angin segar terkait penambahan dana itu, sedangkan di Maluku sebagai penyelenggara sudah siap, disampaikan oleh dirjen pada pertemuan Kabid Bimas Hindu dan parisade se- Indonesia di Hotel Sanur Denpasar Bali bahwa dana belum siap,

Inilah strategi Kabid Bimas Hindu untuk mendapatkan dana untuk even Nasional, Ditjen Bimas Hindu Kemenag pusat berharap dibantu oleh Gubernur untuk mensukseskan kegiatan yang hanya dilakukan sekali dalam satu tahun. Ada sedikit kekhawatiran dalam kondisi saat ini, virus Corona yang merajalela ini bisa jadi pelaksanaan even Nasional UDG di Ambon Maluku tidak bisa diselenggarakan, namun kita masih menunggu keputusan dari pusat terkait hal tersebut.

Kabid Hindu mengatakan, “memang kita sudah sampaikan kepada tokoh umat Hindu untuk bersinergi, berkolaborasi dengan STAHN Gde Puja Mataram dan Parisade-prisade umat Hindu untuk membahas masalah dana,  namun belum ada titik temu bahkan Kabid Bimas hindu beraudensi dengan parisade dengan Bimas Hindu di Aula utama Kanwil kemenag NTB masing-masing memberikan argumentasi atau jalan keluar bagaimana kiprahnya belum menemukan titik temu artinya walaupun secara intern umat Hindu berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, harmonis, walaupun dalam kondisi Negara seperti ini”. Mhd…….


Pembuat Rilis                                : H. Muhamad, SH

Disetujui oleh Kasubbag Humas : Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

114
Share :

INFORMASI LAINNYA