Kemenag Provinsi NTB Gelar Rukyatul Hilal

Jumat, 22 Mei 2020 21:36

Kemenag Provinsi NTB Gelar Rukyatul Hilal

Mataram HUMAS,_Rukyatul hilal adalah metode pengamatan atau observasi terhadap hilal lengkungan bulan sabit paling tipis yang berketinggian rendah di atas ufuk barat pasca matahari terbenam (ghurub). Dari 34 titik pengamatan atau observasi ini salah satunya adalah Taman Rekreasi Pantai Loang Baloq Mataram yang merupakan tempat dilaksanakannya Rukyatul Hilal bagi Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Bersama BMKG dan Pengadilan Tinggi Agama NTB.

 

Umat Islam khususnya di Indonesia segera menyambut hari nan suci Hari Raya Idul Fitri setelah Kementerian Agama RI menggelar sidang Isbat 1 Syawal 1441 H pada hari ini (Jum’at, 22-5-2020) di Jakarta

 

Rukyatul hilal yang digelar Kementerian Agama Provinsi NTB tetap memperhatikan protocol Kesehatan, undangan untuk mengikuti Rukyatul Hilal  juga dibatasi, hanya diikuti oleh Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Utusan dari Pengadilan Tinggi Agama, perwakilan dari UIN Mataram dan BMKG saja.

 

Dari hasil hitungan dan pengamatan Tim Rukyatul Hilal Kementerian Agama Provinsi NTB hari ini (Jum’at, 22-5-2020) bertempat di Taman Rekreasi Pantai Loang Baloq Mataram, namun pada saat ini hilal tidak teramati, disebabkan timbulnya gumpalan awan ditambah tinggi hilal pada -4o 0’ 44”, sehingga dapat diperkirakan 1 syawal 1441 H akan bertepatan dengan tanggal 24 Mei 2020 M, namun keputusan ini tetap menunggu hasil siding isbat 1 syawal 1441 H yang digelar Kementerian Agama RI hari ini (Jum’at, 22-5-2020). (miq olah)

49
Share :

INFORMASI LAINNYA