STQ Ke XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020 Dibuka Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lombok Tengah

Rabu, 08 Juli 2020 12:16

STQ Ke XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020 Dibuka Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lombok Tengah

Loteng_Inmas, Kepala Kantor Kementerian Agama  Lombok Tengah H. Jalalussayuthy secara resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke 26 Tingkat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020 di Arena Utama STQ Bencingah Adi Guna alun alun Tastura Praya, Rabu 8 Juli 2020

Ketua LPTQ Lombok Tengah yang juga Wakil Bupati Lombok Tengah H.Lalu Fathul Bahri S,IP dalam laporannya dan sambutannya menyampaikan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 1977 dan Nomor 151 Tahun 1977 tentang Pembentukan LPTQ.

Penyelenggaraan Cabang Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) sebanyak delapan cabang diantaranya cabang tilawah golongan dewasa putra /putri, cabang tilawah golongan dewasa remaja putra / putri, cabang tilawah golongan anak anak putra /putri, cabang Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) Golongan 1 Juz dan Tilawah putra/putri, cabang Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) golongam 5 Juz dan Tilawah putra /putri, Cabang Musabaqoh Hifdzih Qur'an (MHQ) golongan 10,20,30 Juz dan Tafsir putra /putri.

Seluruh peserta yang sudah terdaftar sebanyak 192 orang utusan dari 12 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah dan dibagi empat perkecamatan masing masing perharinya. Kegiatan STQ ke 26 tingkat kabupaten Lombok Tengah ini berlangsung dari tanggal 8 s/d 12 Juli 2020.

Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an akan dilaksanakan di beberapa tempat sesuai dengan masing masing kategori cabang yang sudah ditentukan, yang sebelumnya kegiatan STQ ke 26 berlangsung di kecamatan Praya Timur namum mengigat pemerintah mengeluarkan surat keputusan melalui maklumat Kapolri tentang wabah Covid19 dan larangan berkumpul sehingga yang semula STQ ini berlangsung tanggal 6 April 2020 yang lalu diundur dan STQ saat ini dapat berlangsung.

Wakil Bupati Lombok Tengah menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu sarana yang dapat menyatukan umat Islam. Al quran merupakan sumber utama ajaran agama Islam yang diturunkan Allah. Salah satu tujuan dari pelaksanaam kegiatan ini mewujudkan kualitas qori/qoriah dan meningkatkan pemahaman dan pengalaman nilai nilai dalam Al Quran serta menghasilkan Hafidz dan Hafizah yang berprestasi, dapat mensukseskan penyelenggaraan sebagai tuan rumah yang baik dalam Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat pada bulan September atau Oktober tahun 2020.

Pelaksanaan STQ ini wujud nyata keseriusan dan kepedulian kita mengemban agama Islam terutama dalam pembinaan generasi Qur'an di Kabupaten Lombok Tengah selain mecari bibit dalam kegiatan STQ ini yang mewakili Kabupaten Lombok Tengah di Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Dalam kegiatan ini turut hadir juga Ketua LPTQ Provinsi Nusa Tenggara Barat, Unsur Forkopimda Lombok Tengah / yang mewakili,Kepala Sub.Bagian Tata Usaha Kemenag Lombok Tengah, Pengurus LPTQ Kabupaten Lombok Tengah, Kepala OPD yang mewakili, para Camat Se Kabupaten Lombok Tengah / yang mewakili, Ketua MUI Kabupaten Lombok Tengah, Ketua Ormas Islam Lombok Tengah, para Kepala KUA Se Kabupaten Lombok Tengah, Para Dewan Hakim,dan seluruh official kafilah masing masing kecamatan.

Pembukaan STQ ke 26 tingkat kabupaten Lombok Tengah kali ini dengan nuansa sederhana jauh dan berbeda dari perhelatan STQ sebelumnya namum penuh keberkahan mengingat kita masih dalam suasana new normal di masa Pandemi Covid 19 ini, dan berharap dengan menyiarkan dan mendengarkan lantunan Alqur’an dari para kafilah segala bentuk masalah ataupun virus corona dapat segera hilang dari muka bumi ini. Dengan Alqur'an hati tenang. Dengan Alqur'an dunia aman, dan dengan Alqur'an virus corona hilang.(Rid_Lth)

 

Pembuat Rilis                     :      Farid Rahmatullah

E d i t o r                           :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas    :      Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

203
Share :

INFORMASI LAINNYA