Masa Ta’aruf Siswa Madrasah MTsN 3 Mataram Digelar Secara Virtual

Jumat, 17 Juli 2020 12:10

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah MTsN 3 Mataram Digelar Secara Virtual

MTsN3Mataram_inmas- Masih berlakunya perpanjangan masa darurat penanganan pandemi virus Covid-19 di wilayah NTB khususnya di Kota Mataram berimbas pada keberlangsungan kegiatan belajar mengajar bagi madrasah dengan adanya larangan pelaksanaan kegiatan secara langsung atau tatap muka.

Sesuai kalender Pendidikan dimana Tahun Pelajaran 2020/2021dimulai terhitung sejak tanggal 13 Juli 2020. Biasanya pada tiap tingkat satuan pendidikan awal tahun pelajaran baru diisi dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Dalam hal ini MTsN 3 Mataram gelar Matsama bagi peserta didik baru secara virtual atau daring selama 3 hari sejak tanggal 13 – 15 Juli 2020.

Kegiatan Matsama secara virtual yang berlangsung selama 3 hari tersebut menggunakan aplikasi zoom selain itu juga dilakukan secara live streaming melalui youtube. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman pada hari Senin 13 Juli 2020 mengatakan dalam arahannya kepada seluruh peserta didik baru selamat datang, selamat bergabung dengan keluarga besar madrasah yang lingkungannya Islami mengedepankan akhlakul karimah dan prestasi.

”Bersyukurlah kalian bisa masuk dengan menyisihkan 800 orang dalam seleksi calon peserta didik baru, kalian terpilih sebagai orang terbaik setelah berjuang masuk dalam seleksi, namun sesungguhnya perjuangan kalian bukan pada saat seleksi tetapi perjuangan kalian adalah ketika setelah masuk MTsN 3 Mataram yang diharapkan menjadi anak yang dibanggakan bagi guru-guru, dan bagi orang tua kalian” ungkap Suparman.

Sementara dalam laporan ketua panitia kegiatan Matsama Virtual MTsN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021 L. Hirwandi, S.Pd mengatakan pelaksanaan Matsama selama 3 hari dengan jumlah peserta 183 orang terbagi dalam 4 kelompok, masing-masing kelompok memiliki pendamping dari anggota panitia dan anggota OSIM. “Tiap pendamping bertanggungjawab untuk mengkoordinir anggotanya dan menyampaikan link schedule meeting room kegitan Matsama” ungkapnya dihadapan peserta Matsama virtual ketika menyampaikan laporan.

Teknis pelaksanaan Matsama ini tambah Hirwandi menggunakan aplikasi zoom yang lagi familiar dan booming bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan jarak jauh. Namun ia mengakui bahwa aplikasi zoom yang digunakan adalah versi free alias gratis tentu ada keterbatasannya dalam pelaksanaan meeting dari segi jumlah peserta dan batasan waktu yang diberikan, maka untuk mengatasi keterbatasan tersebut kami menggunakan 2 meeting room dengan dua buah perangkat laptop yang stanbay dihadapan para host dan narasumber, selain itu juga kami menggunakan live streaming youtube agar para peserta dan wali murid yang mendampingi anaknya dapat menonton secara utuh pelaksanaan Matsama, jelas Hirwandi.

Dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan Matsama virtual ini panitia menurut Hirwandi dibantu dan didampingi oleh salah seorang guru yakni Ruslan Wahid, ST yang memahami  bidang IT, kami tunjuk sebagai teknisi sekaligus sebagai moderator atau host selama  kegiatan berlangsung.

“Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik sesuai yang kita harapkan atas bantuan  Kepala Madrasah, semua rekan-rekan panitia, anggota Osim dan teknisi yang mengatur, merekam, serta melakukan live streaming dari awal hingga berakhirnya kegiatan” ungkapnya usai penutupan Matsama. (@ruslanwahid)

 

Pembuat Rilis                     :      Ruslan Wahid

E d i t o r                           :      Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas    :      Drs. H. Saipun Nasri, M.Pd

 

111
Share :

INFORMASI LAINNYA