Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan Kanwil Kemenag Prov. NTB

Kamis, 30 Juli 2020 12:30

Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan Kanwil Kemenag Prov. NTB

Mataram_Inmas, Selasa (28/7/2020) bertempat di Hotel Aston Mataram Bidang Bimas Islam Kementerian Agama Prov. NTB mengadakan Kegiatan Sosialisasi Peraturan Kepenghuluan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB, kegiatan ini diikuti oleh 20 Orang Penghulu dari beberapa Kecamatan dalam lingkup kerja Kanwil Kemenag Prov. NTB. Pada Kesempatan ini Kasi Kepenghuluan H. Saeful Hamdani, S.Ag, M.H memberikan laporan bahwa sebagaimana arahan dari Kabid Bimas Islam Kanwil Kanwil Prov. NTB, peserta kegiatan ini berasal dari KUA Kecamatan yang diprioritaskan bagi penghulu dengan kategori yang bertugas pada KUA Kecamatan yang tipeloginya antara lain type C, D1 dan D2. Hal lainnya yang harus diketahui bersama adalah KUA Kecamatan se-Provinsi NTB terdiri atas tipelogi C, D1 dan D2, yang dimana pembagian setiap peristiwa C adalah 50 kebawah sedangkan  D1 dan D2 mengikuti jumlah kependudukan islam serta kondisi geografis baik itu terdalam, terpencil, terluar dan daerah kepulauan. Hal ini menjadi sangat penting oleh karena itu para peserta dipanggil untuk mengikuti sosialisasi Peraturan Kepenghuluan pada kesempatan ini, karena kedepannya kegiatan serupa ini juga akan dilaksanakan secara berkesinambungan dengan mengundang Kepala KUA Kecamatan lainnya.

Dimana para Kepala KUA tersebut yang akan menjalani tugasnya sebagai penghulu di wilayah kerjanya masing-masing, hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas pada pelayanan yang ada di Kantor Urusan Agama tingkat Kecamatan. Kegiatan yang terlaksana ini berisi materi-materi atau hal yang berkaitan dengan regulasi kepenghuluan serta peraturan lainnya pada KUA Kecamatan. Dimana nara sumber materinya yaitu berasal dari Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov. NTB .

Pada kesempatan ini pula sambutan disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB Dr. KH. M. Zaidi Abdad ”yang dimana ini merupakan kali pertama Beliau setelah dilantik bertatap muka secara langsung dengan para penghulu dari beberapa Kecamatan di Wilayah Provinsi NTB, Beliau menyampaikan beberapa harapan bahwa output dari kegiatan yang dilaksanakan ini pada saatnya nanti akan melahirkan hasil maksimal dan manfaat bagi umat”. Terang Beliau.

Hal lain disampaikan juga oleh Beliau tentang pokok Kegiatan yang disajikan dalam bentuk Sosialisasi ini akan memberikan pengetahuan lebih bagi para peserta yang hadir, kegiatan ini sekaligus menjadi moment ta’aruf Kakanwil Kemenag Prov. NTB dengan para peserta kegiatan yang berasal dari berbagai Wilayah Kecamatan dalam Lingkup Kerja Kemenag Prov. NTB. Beberapa hal yang disampaikan secara singkat oleh Kakanwil Kemenag Prov. NTB diantaranya yaitu mengenai regulasi yang berkaitan dengan bidang kepenghuluan, berbagai pengalaman dan story hidup yang Beliau ceritakan dalam hal yang kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab menjadi seorang penghulu.

Pada intinya Beliau menyampaikan rasa optimismenya agar Kementerian Agama Republik Indonesia mampu memberikan kontribusi dan melayani masyarakat dengan baik serta menjaga juga mengawasi moralitas masyarakat, ini merupakan tugas besar bagi Kementerian Agama Republik Indonesia. Oleh karena itu komunikasi, koordinasi, konsulidasi dan kerja sama yang baik sangatlah dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kinerja pada Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pembuat Rilis                                     :      Noer Safitri Yulianingsih

Disetujui oleh Kasubag Humas      :      H. Saipun Nasri, M.Pd

167

INFORMASI LAINNYA