Kepala Kemenag KLU Rapat Koordinasi Bersama Polres

Kamis, 30 Juli 2020 20:23

Kepala Kemenag KLU Rapat Koordinasi Bersama Polres

KLU_inmas, Polres Lombok Utara mengadakan rapat koordinasi bersama instansi terkait di ruang Video Conference ( Vicon ) Polres Lotara Kamis,  30 Juli 2020.

Hadir dalam rapat koordinasi Kapolres Lotara, Komandan Pelaksana Pencegahan Covid 19 Korem 1602/WB, para Kapolsek Se KLU, Kasat Lantas, Kemenag KLU, Satpol PP, BNPB, Kominfo, Dikes, Dinas Perhubungan.

Sebelum rapat dimulai, terlebih dahulu mengikuti rapat melalui video zoom meeting di Polda NTB yaitu dalam rangka mengantisipasi pengamanan perayaan hari raya Idul Adha di masa Covid -19,  dan juga bersamaan dengan hari libur yaitu hari Sabtu dan hari  Ahad.

Dalam rapat tersebut dijelaskan juga bahwa saat ini terdapat peningkatan jumlah positif Covid-19 di NTB yang mencapai angka  222.000 kasus dan 646 yang masih dirawat intensif dan 1266 yang sembuh dan meninggal 126 meninggal dan ODP 320 orang.

Pihak kepolisian meminta Kanwil Kemenag Provinsi NTB untuk memberikan himbauan kepada seluruh masjid untuk mematuhi protokol Covid 19 pada saat pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, jangan sampai ada kerumunan masa yang tidak memakai masker. Terkait masyarakat yang memakai kendaraan tidak memakai helm standar, tidak memakai masker, mengangkut orang dengan bak terbuka serta tidak memakai sabuk pengaman, pihak kepolisian akan melakukan tilang.

Dalam rapat itu juga disampaikan bahwa, setelah hari raya Idul Adha dilanjutkan dengan hari Sabtu dan Ahad yaitu hari libur. Diharapkan seluruh tempat rekreasi untuk ditutup dan meminta seluruh aparat baik TNI, Polri, Satpol PP atau Pemerintah Daerah perlu melakukan pengawasan dan diberi papan himbauan untuk tidak menerima wisatawan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyelebaran Covid -19

Pihak Kementerian Agama diminta untuk bisa menyampaikan himbauan sampai ke tingkat paling bawah melalui para penyuluh dan penghulu terkait pelaksanaan sholat Idul Adha, pembagian hewan kurban untuk  tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebelum masjid digunakan untuk shalat Idul Adha perlu dilakukan penyemprotan.

Kapolres Lotara juga memerintahkan jajarannya untuk tidak ada libur dan tetap bekerja melayani masyarakat, memantau, menjaga dan mengawasi pelaksanaan shalat Idul Adha serta pelaksanaan pemotongan dan pembagian hewan kurban sampai hari Senin.  Dan begitu juga tempat wisata di kabupaten Lombok Utara untuk ditutup

Kapolres Lotara juga akan bekerjasama dengan TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dalam melakukan kegiatan patroli. Dan Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara langsung menindaklanjuti hasil rapat dengan membuat surat edaran ke seluruh penyuluh dan penghulu untuk disampaikan dan diumumkan di masjid - masjid.

 

Pembuat Rilis                     :    Mustiadi Sutrisna

Editor                                :    Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas    :    H. Saipun Nasri, M.Pd

 

85

INFORMASI LAINNYA

Permakluman Kegiatan MQK Tahun 2014
Selasa, 18 Februari 2014 10:48
MA NW ALAS BARAT JUARAI STQ
Rabu, 27 April 2016 06:50