Gema Zikir Dan Doa ASN Kemenag Lombok Tengah Sekaligus Tasyakuran Idul Adha 1441 H.

Selasa, 04 Agustus 2020 07:51

Gema Zikir Dan Doa ASN Kemenag Lombok Tengah Sekaligus  Tasyakuran Idul Adha 1441 H.

Loteng_Inmas,  Idul Adha merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam. Pada hari tersebut umat Islam melaksanakan Sholat Ied dan menyembelih hewan kurban setelahnya. Hari Raya Idul Adha memiliki berbagai makna yang terkandung didalamnya, Perayaan Idul Adha sendiri bertujuan untuk memperingati dan mengetahui sejarah peristiwa pengujian ketabahan Nabi Ismail yang tak menolak disembelih oleh Nabi Ibrahim.  Idul Adha juga berfungsi sebagai pemupuk rasa kepedulian terhadap sesama.Dengan berkurban, dimaksudkan agar kita bisa menyisihkan sebagian harta untuk berbuat kebaikan dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Dalam Al-Qur’an, berkurban merupakan salah satu perintah yang tertera jelas didalamnya. Selain itu, berkurban juga dapat dijadikan suatu amal baik apabila dikerjakan. Lagi pula ibadah kurban sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki harta berkecukupan atau lebih.

Ibadah kurban memiliki hukum sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang berkecukupan secara ekonomi. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan. Selain itu, kegiatan Idul adha juga mengajak umat muslim agar menjalankan perintah Allah sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur’an hal ini di ungkap kan oleh TGH Ibnu Khalil yang juga menjadi anggota DPD RI saat mengisi dan menjadi penceramah dalam kegiatan Dzikir Dan Doa bersama karyawan aryawati Kemenag Lombok Tengah pada Senin 13 Dzulhijjah 1441 H, atau bertepatan dengan 3 Agustus 2020 M yang bertempat di Aula Kantor Kemenag Lombok Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah H.Jalalussayuthy menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas segala nikmat Allah SWT yang diberikan dan H.Jalalussayuthy didepan tamu undangan  yang  dihadiri oleh Forkopimda ( Forum Komunakasi Pimpinan Daerah) Lombok Tengah dan Ketua MUI Lombok Tengah. Dalam kesempatan tersebut  Kepala Kantor Kemenag Lombok Tengah menerangkan kepada tamu undangan dan seluruh ASN yang hadir di aula kantor ini bahwa yang hadir pada saat itu adalah setengah bahkan belum seberapa dari jumlah keseluruhan ASN baik yang bertugas di satker KUA ataupun Madrasah dari jenjang MI,MTS hingga MA lingkup Kemenag Lombok Tengah, namun karena kegiatan dzikir dan doa ini masih dalam susana New Normal masa Pandemi Covid-19 tentunya harus mengikuti standar protokoler kesehatan dan segala aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah RI Pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI,

Di depan tamu undangan dan karyawan karyawati H.Jalalussayuthy menyampaikan rasa syukurnya karena pada tahun ini Kemenag Lombok Tengah telah menyembelih 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, dimana sumber hewan kurban sendiri berasal dari urunan seluruh karyawan karyawati Kemenag Lombok Tengah, BRI Praya dan BSM ( Bank Syariah Mandiri ) Praya yang merupakan mitra kerja dari Kemenag Lombok Tengah,dan Allhamdullillah sebanyak lebih kurang 300 kantong isi daging kurban telah disalurkan ke penerima  daging kurban baik yang disalurkan melalui lembaga lembaga pendidikan seperti : Pondok Pesantren, Pasukan Kebersihan Lombok Tengah,Ta'mir atau yang di kenal dengan sebutan Marbot masjid, Lembaga Permasyarakatan Anak dan juga ke pedangang kaki lima yang ada di lingkaran Kantor Kemenag Lombok Tengah tutur H.Jalalussayuthy.

Di akhir kegiatan acara  ditutup dengan dzikir,  sholawat dan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Lombok Tengah TGH.Minggre Hammy.( Rid_Lth)

 

Pembuat Rilis                           :    Farid Rahmatullah

Editor                                         :     Dra. Hj. Diah Purnawati

Disetujui Kasubag Humas    :    H. Saipun Nasri, M.Pd

 

 

 

108
Share :

INFORMASI LAINNYA