Kajian Mingguan Kitab Bulugul Marom Civitas Mts Negeri 1 Lombok Tengah

Rabu, 16 September 2020 08:07

Kajian Mingguan Kitab Bulugul Marom Civitas Mts Negeri 1 Lombok Tengah

         MTS N 1 Loteng _ Inmas , Tuntunlah ilmu sejak buaian hingga liang lahad, merupakan salah satu ungkapan bijak yang sering kita dengarkan dalam forum – forum diskusi formal maupun acara – acara Muzakarah dimasyarakat. Makna dari kalimat yang sederhana tadi sesungguhnya mengandung pesan bahwa menuntut ilmu itu adalah kewajiban bagi setiap manusia tanpa terkecuali selama kita masih hidup didunia fana ini. Dalam meniti kehidupan ini, banyak hal mendasar yang sesungguhnya luput dari perhatian kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan, seperti bagaimana kita bersuci dan melaksanakan Sunah – sunah lainnya. Salah satu kitab yang menjadi rujukan umat muslim dalam mengkaji segala hal yang terkait kehidupan sehari – hari adalah Bulugul Marom, sebuah kitab klasik yang dikarang oleh Ibnu Hajar Al Asqalani, yang didalamnya  memuat kumpulan hadist - hadist Rasulullah tentang hukum islam terkait dengan Thaharah ( Bersuci ) sampai kepada panduan dalam melaksanakan perkawinan.

         Dalam rangka lebih mendalami atau mengetahui isi dari Kitab Bulugul Marom, civitas Mts Negeri 1 Lombok Tengah setiap satu kali dalam sepekan melaksanakan kajian kitab tersebut. Kepala Madrasah setempat H.Abd.Fatah,M.Pd mengungkapkan, acara kajian kitab Bulugul Marom diikuti oleh para guru dan staf Mts Negeri 1 Loteng, serta guru dari madrasah lain, ” dalam satu kali seminggu, kami bergiliran menjadi tuan rumah kegiatan muzakarah atau kajian kitab Bulugul Marom ini, acara yang dilaksanakan sejak pandemi Covid 19 ini mewabah, diikuti oleh para guru dan karyawan MTsN 1 Loteng dan sesekali kawan – kawan dari madrasah lain seperti MTsN 2 Loteng dan madrasah lainnya juga ikut bergabung " kata Abd. Fatah. Ia juga menyatakan, disamping kegiatan dzikiran satu kali dalam sebulan, kajian kitab Bulugul Marom ini merupakan acara yang sangat positif bagi khasanah pemberdayaan keilmuan dan ajang mempererat Silaturahim para guru dan karyawan dilingkup MTsN 1 Loteng, ” Sebagai salah satu wadah Forum Silaturahim, acara - acara Muzakarah seperti Dzikiran satu kali dalam sebulan, kajian kitab Bulugul Marom ini diharapkan dapat menjadi perekat atau penyambung silaturahim antar guru dan karyawan MTsN 1 Lombok Tengah, semoga terus istiqomah dan senantiasi diberkahi ALLAH Swt ", demikian harapan Abd. Fatah.

       Sementara itu Kepala tata Usaha MTsN 1 Lombok Tengah, Holidi Haryadi,M.Pd mengkonfirmasi, acara dzikiran dan kajian kitab Bulugul Marom ini mendapat sambutan yang positif dari keluarga besar madrasah, ” karena isi yang di bahas dalam kajian kitab Bulugul Marom ini adalah hal – hal yang mendasar dalam kehidupan sehari- hari, seperti tata cara berwudhu’ yang benar, kemudian bagaimana bersuci yang sesuai dengan kaidah agama dan lainnya, civitas madrasah merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan pengajian ini ", ungkap Holidi. Terkait nara sumber dalam kajian ini, mantan bendahara kemenag loteng ini menyatakan, beberapa dewan guru menjadi pembahas seperti Ustadz Saprudin, Sujarna, termasuk Kepala MTsN 1 Loteng. Ia juga tidak lupa menyampaikan terimaksihnya kepada para dewan guru dan karyawan yang ikut dalam setiap kajian meskipun tidak semua dalam setiap kegiatan bisa hadir semua.Odink284 

Pembuat Rilis                                    : H. Odink Najamudin

Editor                                                  : Noer Safitri Yulianingsih

Disetujui Oleh Kasubag Humas     : H. Saipun Nasri

68
Share :

INFORMASI LAINNYA