Upacara Bendera HSN 2020 Tingkat KLU Berlangsung Khidmad

Kamis, 22 Oktober 2020 20:30

Upacara Bendera HSN  2020 Tingkat KLU Berlangsung Khidmad

Kemenag_KLU. Puncak  peringatan upacara bendera Hari Santri Nasional (  HSN ) tahun 2020 tingkat Kabupaten Lombok Utara dipusatkan di halaman ponpes Al Istiqomah Kapu Desa Samaguna Kec.Tanjung ( 22/10).  Hadir dalam upacara tersebut plt. Bupati KLU, Kepala Kemenag KLU, Polres lotara, dandim 1606/lobar, pejabat lingkup. Kemenag klu, pengawas pendidikan, kepala kua serta pimpinan ponpes. Yang menjadi peserta dan petugas upacara para santri ponpes al istiqomah kapu dengan jumlah yang dibatasi dan para peserta termasuk santri dan tamu undangan tetap  menggunakan masker. Yang bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Faozan Hamdi  petugas pengibar bendera Ozin Putra Kuswanto, M.Rifan Thayyibi, Meli Safitri santri kelas  XII santri ponpes Al – Istiqomah Kapu serta ajudan Pembina Muhammad Azmi.

 

Dalam amanatnya, pembina upacara membacakan pidato Menteri Agama Fairuz Razi bahwa sangat perlu bersyukur atas Hari Santri.

“ …… kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 oktober telah ditetapkan oleh presiden joko widodo menjadi hari santri melalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri. Tanggal 22 oktober merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 nopember 1945 yang kita diperingati sebagai hari pahlawan. Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Undangundang ini memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat …. “ Ungkap H. Suparlan

“ Untuk peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali indonesia, saat ini, tengah dilanda pandemi global corona virus disease 2019 (covid-19). Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren. Karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding lainnya. “ imbuhnya

Pembacaan ikrar santri yang diikuti seluruh santri dan membuat suasana upacara menjadi semangat di lanjutkan juga pembacaan  tema HSN “ Santri Sehat Indnesia Kuat “ oleh Pembina upacara dan Dalam momen Hari Santri Nasional 2020, ada 9 ( Sembilan ) ponpes menerima SK Izin operasional ponpes yang langsung diserahkan oleh Kepala Kemenag KLU. H.Muksin yang didampingi Kapolres Lotara dan Dandim 1606/Lobar. Pembacaan do’a oleh Pimpinan Ponpes Al – Istiqomah Kapu Ust.H.Hidayatullah, LC,MA. ( Humas ) 

29

INFORMASI LAINNYA