MAN 2 MATARAM KANTONGI IJIN PAS TATAP MUKA

Selasa, 17 November 2020 11:01

MAN 2 MATARAM KANTONGI IJIN PAS TATAP MUKA

Gambar- Suasana pengambilan soal essay untuk penugasan (take home examination) di MAN 2 Mataram beberapa waktu lalu

Mataram- MAN 2 Mataram boleh merasa lega, pasalnya ijin tatap muka untuk pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah dikantongi dari Kepala Kementerian Agama Kota Mataram. Surat ini bernomor 1607/Kk/18.07/ 04. PP. 00/11/2020 tertanggal 12 November 2020.

Surat ijin ini ternyata hanya berlaku untuk MAN 2 Mataram, karena lembaga pendidikan lainnya belum memilikinya. Semestinya surat ijin bisa berlaku masif untuk seluruh lembaga pendidikan di Kota Mataram, paling tidak untuk jenjang yang sama.

Pelaksanaan Tatap Muka di Kota Mataram, sebenarnya sudah dilakukan oleh lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu.

Sementara lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama belum diijinkan meski kota Mataram sudah berada di zona oranye. Ijin ini pun berhubungan erat dengan kebijakan dari Kementerian Agama Pusat 

Sesuai  isi surat, prosedur pelaksanaan PAS Tatap Muka akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap 1 dimulai sejak tanggal 9-21 November 2020, dan tahap 2 akan berlangsung dari tanggal 26 November sampai dengan tanggal 12 Desember 2020.

Pada tanggal 9 November sampai dengan tanggal 12 November lalu, MAN 2 Mataram sudah melakukan PAS sistem Penugasan (take home examination), dengan seluruh siswa mengambil soal ke madrasah secara bergiliran. Empat hari kemudian, siswa akan mengembalikan tugas ke madrasah juga secara bergiliran.

Model PAS Penugasan menurut ketua panitia Bapak Lalu Ahmad Fahruddin, M.Pd., siswa diminta menjawab jumlah soal minimal 10 butir dalam bentuk essay kemudian dikerjakan di rumah. Berlaku pada 11 mata pelajaran, yaitu: Aqidah Akhlak, Pendidikan Kewarganegaraan, Sejarah Indonesia, Penjaskes, Seni Budaya, Kewirausahaan, Matematika (minat), Sejarah (minat), Bahasa asing Arab (minat), Bahasa Arab (minat/MANPK), dan semua mapel kelompok Lintas Minat.

Adapun pola Tatap Muka/Tes Tertulis menurut sang Ketua, dilaksanakan dengan model soal pilihan ganda, jumlah soal bervariasi dari 40 sampai 50 butir soal. Mata pelajaran kelompok umum terdiri atas 50 butir soal. Mata pelajaran kelompok peminatan dengan jumlah soal 40 butir.

Untuk menyongsong tatap muka ini, MAN 2 Mataram kini tengah melakukan persiapan, diantaranya dengan menambahkan peralatan untuk pemeriksaan kesehatan bagi siswa, seperti thermogun, tempat cuci tangan, masker dan  handsanitizer. Petugas yang ditunjuk juga sudah siaga.

Persiapan-persiapan di atas sangat diperlukan, mengingat menjaga kesehatan menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali bagi warga madrasah.

Jika tubuh sehat, semua bisa berjalan dengan semestinya. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Men sana in corpore sano.

[Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG : Humas MAN 2 Mataram

FB : Humas MAN 2 Mataram

YT : Humas MAN 2 Mataram



897

INFORMASI LAINNYA