TERSEDIA BEASISWA WOW SETIAP BULAN: SEGERA NYANTRI DI MANPK!!

Senin, 11 Januari 2021 07:40

TERSEDIA BEASISWA WOW SETIAP BULAN: SEGERA NYANTRI DI MANPK!!

Gambar- Gedung Laboratorium Keagamaan sebagai salah satu penunjang pembelajaran di MANPK- MAN 2 Mataram serta brosur persyaratan menjadi santri baru MANPK TP. 2021/2022

Mataram- Salah satu program unggulan MAN 2 Mataram adalah adanya MANPK (Program Keagamaan). Napak tilas perjalanan panjang MANPK bisa dirunut ketika MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus) untuk pertama kali dibuka tahun 1987. Ketika Prof. Dr. H. Munawir Sadzali, MA. menjabat sebagai Menteri Agama. Pola pendidikan yang diterapkan dengan sistem asrama (boarding school) di Madrasah Negeri dengan penguatan pada ilmu-ilmu agama dan keindonesiaan. Program unggulan nasional ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan keislaman, keindonesiaan dan kemodernan yang baik. 

Pemerintah menganggap program ini berhasil. Terbukti alumninya tersebar dan berkiprah di berbagai bidang, baik di kancah nasional, regional bahkan internasional. Peran-peran penting yang dilakoni oleh sebagian besar alumni MAPK Indonesia hingga saat ini tak bisa dipandang sebelah mata. Di antara mereka ada yang menjadi Ulama (Kiyai dan Tuan guru), Pejabat Pemerintah di beberapa Kementerian, Pengusaha, Anggota Legislatif, Hakim, Guru Besar, Rektor, Dosen, Jurnalis dan lain-lain.

Seiring dengan pergantian Menteri Agama dan perubahan arah kebijakan, maka tahun 1993 MAPK berubah nama menjadi MAKN (Madrasah Aliyah Keagamaan Negeri) dengan kurikulum yang sedikit di sim-plifikasi sesuai kebutuhan peserta didik saat itu dan penyelenggaraannya boleh di MAN dan atau MA. Hal ini berlangsung hingga tahun 2007. Kemudian MAKN di seluruh Indonesia dimasukkan menjadi Jurusan Agama (non-boarding school) yang ada di setiap MA (Madrasah Aliyah), baik negeri maupun swasta, sehingga gregetnya lambat laun menjadi hilang. Kalau boleh diibaratkan dalam ilmu tajwid, keberadaan MAPK kala itu laksana hukum ikhfa’ syafawi, tereja samar-samar di bibir dan mendengung. Artinya MAPK tidak lagi sebagai madrasah unggulan dan terkesan terabaikan.    

Kemudian dalam rangka kaderisasi ahli agama (mutafaqqih-fiddin), Kementerian Agama melakukan revitalisasi MAPK dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4923 Tahun 2016. MAPK/MAKN berubah nama menjadi MANPK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan). Berdasarkan SK Dirjen tersebut, terdapat 10 madrasah di Indonesia yang ditetapkan sebagai penyelenggara MANPK. Salah satunya adalah MAN 2 Mataram.

Program khusus ini kini banyak dilirik oleh masyarakat luas. Melalui perekrutan yang ketat dan pendanaan yang memadai berbasis proyek melalui Kementerian Agama Pusat serta penggodokan ilmu-ilmu agama (tafaqihu-fiddin) dengan branding kajian kitab kuning.  Pembelajaran dilakukan dua kali dalam sehari. Pagi hari, santri belajar di kelas layaknya siswa reguler yang lain, dan malam hari mereka mendalami Ilmu-ilmu Agama, pembimbingan Bahasa Asing, Kajian Kitab dan lain-lain.

Keseriusan pemerintah terhadap MANPK sangat besar. Hal ini dibuktikan dalam dua tahun terakhir, MANPK difasilitasi dengan beberapa gedung baru. Tak terkecuali MANPK MAN 2 Mataram. Sudah dua gedung penunjang diberikan, yakni Asrama Putra dan Laboratorium Keagamaan. Dua bangunan ini didanai oleh SBSN (Surat Berharga Syari’ah Negara). Tentu dengan berbagai fasilitas wow di dalamnya, seperti kamar tidur full AC, kamar mandi, ruang baca, tempat berdiskusi, kipas angin setiap ruangan, ruang pengasuh, wastafel, dispenser dan meubeler yang memadai.

Saat ini yang masih dalam tahap finishing adalah pembangunan Gedung Pembelajaran Terpadu juga didanai SBSN tahun 2020. Semula bangunan tersebut direncanakan sudah bisa beroperasi pada Januari. Namun karena beberapa kendala, awal Februari 2021 diharapkan gedung baru sudah bisa ditempati.

Pihak Madrasah terus berbenah dari segala aspek, baik sarana-prasarana, peningkatan pelayanan serta dukungan program-program keberlanjutan yang akan menopang studi para santri nanti. Pihak madrasah juga berkomitmen memberikan kualitas tanpa batas yang diwujudkan melalui dukungan experts (tenaga ahli) dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan keahliannya. Di samping itu, pengelola sering melibatkan alumni sebagai pemateri dan motivator bagi santri. 

Tahun Pelajaran 2016-2017 MANPK-MAN 2 MATARAM berhasil menerima 24 siswa pilihan melalui Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB). Kemudian di tahun berikutnya, kuota bertambah dengan diterimanya 24 siswa dan 24 siswi hingga saat ini. Tahun 2020 adalah tahun pertama MANPK MAN 2 Mataram (revitalisasi) meluluskan Angkatan Pertama berjumlah 24 santri.

Sebagian besar diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta baik dalam maupun luar negeri, seperti: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, al-Azhar Kairo Mesir, Darul Ulum Yaman dan Turki. Tahun Pelajaran 2021/2022 ini MANPK MAN 2 MATARAM bersama-sama dengan 10 MANPK seluruh Indonesia membuka pendaftaran Peserta Didik Baru dengan kuota 48 siswa (24 putra dan 24 putri) dengan 2 jalur yakni jalur tes dan jalur prestasi. 

Agar tidak ketinggalan terkait penerimaan santri baru MANPK MAN 2 Mataram, pastikan tanggal-tanggal penting di tahun 2021 berikut: (1) Informasi dan sosialisasi SNPDB: 4 Januari-10 Februari, (2) pendaftaran online jalur tes: 11 Januari -11 Februari, (3) pendaftaran online jalur prestasi: 11 Januari- 6 Februari, (4) seleksi berkas: 13 Januari-12 Februari, (5) tes wawancara jalur prestasi: 7-8 Februari, (6) pengumuman kelulusan jalur prestasi: 16 Februari, (7) pengumuman peserta CBT: 22 Februari, (8)  Ujicoba Computer Based Test (CBT): 24-25 Februari, (9) pelaksanaan Computer Based Test (CBT): 27-28 Februari, (10) tes wawancara: 26 Februari- 1 Maret, (11) pengumuman kelulusan: 16 Maret 2021, (12) daftar ulang: 22-31 Maret, dan (13) awal masuk asrama: 10 Juli.

Menurut Ketua Panitia penerimaan santri baru MANPK sekaligus Penjamin Mutu bidang Keagamaan, Lalu Mufti Sadri, MA. terkait tentang persyaratan standar nilai bagi santri yang mendaftar melalui jalur tes, ia menyebut: “tidak ada ketentuan nilai, yang penting lengkap persyaratan seperti yang tertera dalam brosur, maka calon santri siap melenggang ke CBT dan wawancara.  “Tes ini berlaku untuk semua calon santri se-Indonesia. Jadi, MANPK MAN 2 Mataram menerima santri dari seluruh provinsi. Mulai tahun ini, jika lulus menjadi santri MANPK, mereka berhak mendapatkan beasiswa sebesar 700 ribu/bulan/orang. Beasiswa tersebut berlaku untuk semua santri MANPK yang diterima, baik putra maupun putri,” tutup pria berkaca mata itu sembari menyunggingkan senyum khasnya.

Jadi tunggu apa lagi segera daftar melalui http://emadrasah.kemenag.go.id/snpdb2021. 

Grab it fast siapa cepat dia dapat. Dapatkan lulusnya-dapatkan beasiswanya. Lulus bidunil fulus. Nyantri di MANPK nikmat, insyaallah rahmat pun didapat!!!

@Siti Rahmi-Humas M2M. [Sumber data: Ketua Panitia Lalu Mufi Sadri, MA].

Jika penasaran berlanjut hubungi: 081803623625/087756205481

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram


4303

INFORMASI LAINNYA