SYUKUR NIKMAT ITU MENENANGKAN

Kamis, 11 Februari 2021 09:27

SYUKUR NIKMAT ITU MENENANGKAN

Gambar-Ragam fasilitas Gedung Pembelajaran Terpadu MAN 2 Mataram dan giat do'a bersama

Mataram-Kualitas tanpa batas yang selalu didengungkan di MAN 2 Mataram nampaknya seimbang dengan fasilitas yang diberikan Pemerintah Pusat. Berbagai tawaran exclusive pembangunan untuk gedung baru terus mengalir. Hal ini merupakan implementasi dari pelayanan prima yang diberikan warga madrasah. Karenanya patut disyukuri. 

Berbagai bentuk rasa syukur itu diimplementasikan dengan cara yang berbeda-beda. Mensyukuri nikmat Allah swt dimaknai sebagai rasa berterima kasih kepada-Nya dengan cara mengingat atau menyebut nikmat dan mengagungkan-Nya. Secara umum, cara mensyukuri nikmat-Nya dengan menggunakan segala nikmat Allah untuk hal-hal yang diridhoi-Nya seperti melakukan usaha-usaha agar memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Gelar do’a bersama sambut gedung baru merupakan satu di antara bentuk syukur nikmat yang ditunjukkan warga MAN 2 Mataram. Kegiatan dilaksanakan di aula atas. Ruangan ini berkapasitas ratusan orang dan merupakan rangkaian dari Gedung Pembelajaran Terpadu yang didanai SBSN tahun 2020 lalu. Meski belum diserahterimakan dan diresmikan oleh Bapak Kanwil Kemenag NTB, namun warga madrasah mengawali dengan do’a bersama. Biasanya, sesuatu yang diawali dengan baik tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik. 

Jika ditilik, gedung baru tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di antaranya: lobby dengan layar besar (touch schreen) plus meja resepsionis berikut pengeras suara dan cctv control, ruang kepala madrasah, ruang TU, ruang KTU, ruang guru, ruang waka bergandengan dengan ruang pembina ekskul, ruang meeting, aula, ruang kelas, bangku tunggu di setiap koridor, sejumlah toilet untuk pria dan wanita yang terpisah, ruang istirahat, aula atas dan meubeler yang memadai. 

Setiap ruangan didesain menyerupai ruangan-ruangan layaknya universitas-universitas di Australia. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman, betah dan konsentrasi serta semangat yang tinggi bagi warga MAN Mataram. Demikian juga wifi dilengkapi bandwidth super kencang, sehingga segenap warga madrasah bisa berselancar di dunia maya dengan bahagia.

Beberapa pelayanan dan aktivitas di MAN 2 Mataram sudah mulai berbasis digital. Semisal buku pembelajaran sudah menggunakan  barcode dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi tersebut di play store, guru dan siswa pun bisa mendapatkan materi hanya dengan sekali klik. Absen siswa, guru, karyawan sudah berbasis digital, bahkan Kopsis pun, saat ini melakukan transaksi menggunakan barcode. 

Kepala Madrasah juga memaparkan jika aula lama (aula PSBB) akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan digital (e-library) mulai dari pelayanan, pencarian katalog, peminjaman dan pengembalian buku semua berbasis teknologi. Perpustakaan digital akan didesain layaknya perpustakaan-perpustakaan besar dan modern di Nusantara. Ke depannya, semua pelayanan dan aktivitas di MAN 2 Mataram harus berbasis digital. Hal tersebut untuk memudahkan guru, siswa dan semua warga madrasah mengakses informasi dengan cepat. Karenanya, untuk mewujudkannya, semua unsur harus bahu-membahu. 

Kepala madrasah berharap dengan adanya berbagai fasilitas sekelas hotel berbintang, guru dan karyawan, hendaknya semakin meningkatkan kinerja, disiplin dan bertanggungjawab terhadap tugas dan kewajibannya. Bentuk peningkatan kinerja itu, semisal datang tepat waktu, mengajar sesuai dengan jam mengajar, datang dan pulang ke dan dari madrasah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Demikian juga dengan Tenaga Kependidikan agar senantiasa memberikan pelayanan prima terhadap kebutuhan guru dan siswa, sehingga MAN 2 Mataram diharapkan sebagai barometer dan contoh yang baik semua madrasah di Nusa Tenggara Barat bahkan di Indonesia. Baik dari pelayanan maupun kinerja tinggi yang ditunjukkan setiap saat.

Semua fasilitas di atas wajib ‘ain hukumnya disyukuri. Karena, sesungguhnya dengan bersyukur bisa memperoleh beberapa manfaat, seperti: membuat seseorang menjadi lapang dada, selalu berpikir positif, merasa bahagia yang berefek imun semakin meningkat, menjadi pribadi yang sabar meski berada pada titik terendah, mempererat jalinan silaturrahim. manfaat lainnya yakni mampu memutuskan sesuatu secara logis dan tidak terburu-buru, mengurangi potensi depresi sehingga kemampuan menghargai sekecil apa pun pemberian orang akan tumbuh subur dan tentu emosi semakin stabil.

Oleh karena itu, merubah mindset dengan banyak-banyak bersyukur memberi kebahagiaan. Imbasnya hidup menjadi lebih bersemangat dan fisik semakin prima. Nikmati-syukuri apa yang ada, karena sesungguhnya hidup adalah anugerah. Bersyukur-lah, berpikir positif-lah, niscaya jiwa menjadi damai. [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

www.manduamataram.sch.id
Email: humasman2mataram@gmail.com 

 





5513

INFORMASI LAINNYA