PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH DIGELAR DI MAN 2 MATARAM

Rabu, 17 Februari 2021 10:44

PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH DIGELAR DI MAN 2 MATARAM

Gambar- Kolase kegiatan PKKM di Aula Gedung Pembelajaran Terpadu MAN 2 Mataram

Mataram- Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) empat tahunan dilaksanakan di MAN 2 Mataram (16/02). Kegiatan bertempat di aula atas gedung Pembelajaran Terpadu yang baru. Hadir dalam kegiatan itu seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Mataram, Kabid Penmad Bapak H. M. Ali Fikri, MM beserta Tim Penilai. 

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari Kepala Madrasah untuk Tim Penilai dan Undangan, diikuti dengan sambutan, pengarahan sekaligus pembukaan oleh Kabid Penmad. Acara pembukaan ditutup dengan do’a.

Pelaksanaan penilaian ini berdasarkan Keputusan Kanwil Kemenag NTB Nomor 273 Tahun 2020 tentang Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah Tahunan dan Empat Tahunan bagi Kepala Madrasah yang Diselenggarakan oleh Pemerintah Tahun 2020.

Tim Penilai melibatkan seluruh Kepala Madrasah lingkup Kementerian Agama se-Nusa Tenggara Barat dari tingkat Madrasah Ibtida’iyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Adapun jumlah Tim Penilai seluruhnya berjumlah 128 orang dengan rincian 46 orang penilai tingkat MI, 56 orang tingkat MTs dan 26 orang tingkat MA yang berasal dari unsur Kabid dan Kasi Penmad, Pengawas Madrasah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Pengurus Komite.

Jumlah Kepala Madrasah yang dinilai dibagi ke dalam dua kategori, yakni: (1) penilaian Kepala Madrasah Tahunan dan (2) penilaian Kepala Madrasah empat tahunan. Kepala Madrasah yang dinilai tahunan sejumlah 64 orang dengan rincian 23 orang Kepala Madrasah Ibtida’iyah, 28 orang Kepala Madrasah Tsanawiyah dan 13 orang Kepala Madrasah Aliyah.

Sementara jumlah Kepala Madrasah yang dinilai empat tahunan terdiri atas: tiga (3) orang Kepala Madrasah tingkat MI, lima (5) orang Kepala Madrasah tingkat MTs dan empat (4) orang Kepala Madrasah tingkat MA.

Secara garis besar, Tim Penilai Kepala Madrasah Tahunan memiliki instrumen yang harus diisi yakni: biodata Kepala Madrasah, usaha pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, dan supervisi, sedangkan instrumen yang dinilai pada kinerja Kepala Madrasah empat tahunan terdiri dari: biodata Kepala Madrasah, prestasi peserta didik, prestasi pendidik dan tenaga kependidikan, prestasi madrasah dan prestasi kepala madrasah. Semua poin penilaian, baik penilaian tahunan maupun empat tahunan menggunakan skala empat.

Berdasarkan Standar Kompetensi Kepala Madrasah dalam PMA N0. 58 Tahun 2017, beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Tim Penilai sebelum mengisi instrumen penilaian, yaitu: (1) harus memperhatikan aspek pelaksanaan tugas pokok, komitmen dalam melaksanakan tugas, hasil kerja yang tercermin pada indikator kerja, data autentik yang ada, (2) setiap indikator yang dinilai dinyatakan dalam pernyataan/pertanyaan yang disertai dengan bukti fisik dan diharapkan dapat menggambarkan perilaku Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugasnya, (3) menentukan salah satu angka yang ada pada kolom dengan skala empat setelah menilai bukti autentik yang menjadi dasar penilaian perilaku Kepala Madrasah, (4) pemberian skor indikator kinerja untuk setiap unsur tugas utama dilakukan dengan skala empat (sangat meyakinkan, meyakinkan, cukup meyakinkan dan kurang meyakinkan).

Sebagai referensi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ini merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar.

Tujuan Penilaian Kepala Madrasah adalah: (1) menjaring informasi bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah, (2) meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah, (3) menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan, (4) menjamin objektivitas pembinaan kepala madrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah, (5) menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karier kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya dan (6) menentukan nilai kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk penetapan angka kredit dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Manfaat Penilaian Kepala Madrasah adalah: (1) Kepala madrasah dapat mengetahui nilai kinerjanya selama melaksanakan tugas sebagai kepala madrasah dan menjadikan acuan untuk meningkatkan keprofesiannya secara mandiri maupun melalui sistem pembinaan. (2) Kepala Madrasah dapat menggunakan hasil penilaian kinerja untuk merumuskan dan menyusun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. (3)  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dapat menggunakan hasil penilaian kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk menghimpun informasi, menentukan kebutuhan peningkatan kompetensi, data profil kinerja kepala madrasah di wilayahnya. (4). Kantor Kementerian Agama RI memperoleh data dan pemetaan mutu kinerja kepala madrasah secara nasional.

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah empat tahunan di MAN 2 Mataram berlangsung lancar, tertib dan nyaris tidak ada kendala. Bapak Kepala Madrasah mengaku lega karena mampu melewati semua tahapan kegiatan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada warga madrasah yang telah membantu dalam mempersiapkan penilaian tersebut.

Kepala Madrasah optimis memperoleh hasil maksimal dan berharap do’a dan dukungan segenap warga madrasah. Mudah-mudahan hasil yang diperoleh nanti, kembali dengan predikat sangat baik (istimewa dan unggul).

MAN 2 Mataram juga senantiasa berkomitmen dan bertekad mewujudkan madrasah hebat bermartabat-berjuang tiada henti bersabar tanpa batas. SEMANGAT!! [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


5564

INFORMASI LAINNYA