MAN 2 Kota Bima Terbanyak Lolos Seleksi Menuju Paskibraka Provinsi/Nasional 2021

Rabu, 17 Februari 2021 21:50

MAN 2 Kota Bima Terbanyak Lolos Seleksi Menuju Paskibraka Provinsi/Nasional 2021

Kota Bima. Inmas. MAN 2 Kota Bima sekolah yang paling banyak siswanya lolos seleksi menuju seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi NTB/Nasional Tahun 2021. Sebanyak 8 orang siswa yang berasal dari siswa kelas X ini akan mengikuti seleksi berikutnya menuju Paskibraka tingkat Provinsi NTB dan tingkat Nasional Tahun 2021. Demikian yang disampaikan oleh Arif Ruslin, S.Pd, Pembina Paskibraka MAN 2 Kota Bima.   

Proses seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dilakukan oleh panitia dari seksi Pembinaan Kepemudaan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima, Rabu (17/02) di Gedung Seni Budaya Kota Bima.

“Tahun ini ada 8 orang siswa yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi ke tingkat provinsi. Kita unggul di PBB (Peraturan Baris-berbaris) nya. Padahal dari sekolah lain banyak yang postur tubuhnya lebih ideal. Makanya banyak yang lolos”, ungkap Arif.  

Berikut nama 8 orang siswa yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi ke tingkat Provinsi NTB/Nasional:

No.

Nama Siswa

Kelas

1.

Waliyuudin

X IPA 6

2.

M. Rayhan Al Farezal

X IPS 1

3.

Yasser Ramadhani

X IPA 4

4.

M. Arya Maulana

X IPA 7

5.

Aizul Azlan Farwah

X IPA 7

6.

M. Dafintara Irawan

X IPA 4

7.

Aulia Egawati

X IPA 2

8.

Nurfa’izah Ramadhiani

X IPA 5

 

Pembinaan di MAN 2 Kota Bima memang lebih menekankan pada PBB (Peraturan Baris-berbaris) dan materi lainnya. Disamping postur tubuh siswa yang mendukung juga”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjadi salah satu anggota Paskibraka tidaklah mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi siswa yang hendak ikut seleksi Paskibraka. Untuk Seleksi Tingkat Kota Bima persyaratannya, seperti: postur tubuh harus proporsional dengan tinggi badan 165 cm untuk putra dan 160 cm untuk putri, juga diharuskan berpenampilan menarik. Sementara seleksi Paskibraka di Tingkat Provinsi mengharuskan tinggi badan untuk putra 170 cm. Sementara tinggi badan untuk putri 165 cm. Disamping itu, setiap peserta ada persyaratan khusus ialah mengetahui dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi lainnya.

Seleksi tahun ini lebih ketat, hanya panitia yang berada dalam ruang seleksi”, jelas Arif yang merupakan guru Kimia ini.

Kegiatan Paskibraka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler favorit di MAN 2 Kota Bima. Setiap tahun semakin meningkat peminat yang mengikutinya. Ada 3 aspek penting yang dilatih, yakni: kepribadian, mental, dan sikap. Hal ini bertujuan untuk melatih anak-anak supaya menjadi pribadi yang utuh, mental yang tangguh, dan sikap saling membantu sesama.  

Pembina Muhammad Adzan yang menjadi Paskibraka Nasional 2019 dan 2020 ini pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu yaitu: Kepala MAN 2 Kota Bima, Kepala TU MAN 2 Kota Bima, dewan guru, dan seluruh anggota PPI (Purna Paskibraka Indonesia) MAN 2 Kota Bima.

Alhamdulillah, saya sebagai pembina merasa bangga atas prestasi yang telah diraih”, pungkasnya.   (Nurrosyidah Yusuf)

      

1164

INFORMASI LAINNYA