7 Orang Guru Kemenag Kota Bima Lolos Jadi Fasda 2021

Senin, 19 April 2021 23:27

7 Orang Guru Kemenag Kota Bima Lolos Jadi Fasda 2021

Kota Bima. Inmas. Sebanyak 7 orang guru dari Kantor Kementerian Agama Kota Bima lulus seleksi sebagai Fasilitas Daerah (Fasda) dalam seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah tahun 2021. Pengumuman dilakukan secara nasional pada 17 April 2021 di laman http://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb.

Guru-guru Fasda yang dimaksud, yakni: Sri Nahriawati, S.Pdi (MI – Fasilitator Literasi), Baharuddin, S.Pd (MI – Fasilitator Numerasi), Hariyati, S.Pd (MI – Fasilitator Sains), Jumrah, S.Pd (MA – Fasilitator Matematika), Muhammad Rajulain, M.Pd (MA – Fasilitator Bahasa Inggris), H. Najamuddin, M.Pd (Mts – Fasilitator Bahasa Inggris), dan Anang, S. Pd (MA - Fasilitator Fisika). 

Kementerian Agama RI terus berupaya melakukan penguatan peningkatan keprofesionalan guru. Peningkatan kompetensi guru madrasah adalah adanya pembinaan pelatihan dan bimbingan terhadap guru yang memiliki kemampuan untuk menjadi fasilitator dan instruktur.

Tahap seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Program PKB Guru Madrasah tahun 2021 terdiri dari 3 tahapan, yakni: seleksi administrasi, CBT, dan wawancara secara daring.

Kegiatan Seleksi Instruktur Nasional (IN), Fasilitator Provinsi (Fasprov), dan Fasilitator Daerah (Fasda) ini diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui project REP – MEQR. Proses seleksi dibuka untuk 21 provinsi se Indonesia.   

Instruktur Nasional (IN) adalah para penulis modul, tim pengembang PKB guru, dan para pakar pendidikan yang direkrut untuk menjadi pelatih Instruktur Nasional (IN), Fasilitator Provinsi. Fasilitator Provinsi (Fasprov) adalah kumpulan guru terbaik yang direkrut oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi untuk menjadi pelatih Fasilitator Daerah (Fasda). Selanjutnya Fasilitator Daerah (Fasda) adalah kumpulan guru terbaik yang direkrut oleh Kantor Kemenag kabupaten/kota untuk disiapkan menjadi pelatih kegiatan PKB Guru di KKG/MGMP/MGBK.  

REP – MEQR adalah Realizing Education’s Promise: Support to Indonesian’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education - Madrasah Education Quality Reform. REP – MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama RI yang bersumber pendanaannya melalui Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 hingga tahun 2024. (Nurrosyidah Yusuf)

 

1672

INFORMASI LAINNYA