CINTA DALAM SEPOTONG ROTI: NAPAK TILAS BUNDA FATMAWATI DALAM PURNA TUGAS

Rabu, 02 Juni 2021 15:49

CINTA DALAM SEPOTONG ROTI: NAPAK TILAS BUNDA FATMAWATI DALAM PURNA TUGAS

Gambar- Kolase ulang tahun dan purna tugas Bunda Hj. Bq. Fatmawati, S.Pd.Ind bersama warga madrasah

Mataram- Saat pertama kali menjejakkan kaki di madrasah ini, penulis tertegun dengan panggilan spesial warga madrasah kepada beliau. Warga MAN 2 Mataram biasa memanggilnya dengan sebutan ‘Bunda’, yang bermakna ibu kita semua.

Hal ini bukan tanpa sebab. Beliau dipanggil bunda karena jiwa keibuan sangat melekat dengan semua orang.Tak terhitung sudah ribuan murid beliau telah menjadi orang sukses, mungkin tersebar seantero nusantara. Bahkan sekelas Ketua Umum Pengurus Besar dan Sekjen Nahdlatul Wathan pun adalah murid beliau: Syeikhuna Raden TGB. KH Zainuddin Atsani dan Prof. Fahrurrozi Dahlan.

Penulis pun, meski hanya mengenal beliau tidak terlalu lama, namun ada yang melekat-menyerap di otak kecil tatkala beliau selalu memberikan kami sepotong roti saban pagi. Penulis merasakan, ada cinta dalam setiap gigitannya. Ada ketulusan dan luapan kasih sayang berbaur dalam olahan roti itu. Sederhana memang, tapi makna yang tertuang di dalamnya tak bisa tergantikan.

Sejenak penulis teringat dengan judul film yang terkenal seputaran tahun 1990an, yakni Cinta dalam Sepotong Roti, meski makna yang ada dalam film berbeda dengan makna yang ada saat ini, namun curahan cinta dan kasih sayang dalam roti yang diberikan saban pagi itu sungguh tak bisa terabaikan.

Mother how are you today? Apa kabar Bun? Hari ini genap 38 tahun purna tugasmu. Berawal dari Maret 1983 hingga akhir Mei 2021. Tepat tiga dasawarsa masa pengabdian. Jika dianalogikan dengan usia manusia, maka rentang waktu tersebut sudah memasuki usia dewasa-usia pengabdian.

Waktu yang cukup panjang untuk sebuah perjalanan pengabdian bagi negeri tercinta. Dalam kurun waktu tersebut, semua dedikasi, curahan keringat dan air mata hampir tidak bisa dibedakan. Pribadi yang istiqomah dalam melayani warga madrasah dengan segala varian dan tingkah polahnya.

Maka benarlah apa yang tertuang dalam sepenggal pribahasa 'kasih ibu sepanjang masa', tak terelakkan.  Seorang Ibu tidak akan pernah mengeluh dan merasa bosan untuk merapalkan do’a-do’a indah untuk keluarganya.Tidak ada kata tidak mungkin, tidak ada kata tak sanggup bagi seorang ibu, jika itu untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Demikian juga yang dilakukan oleh Bunda. Sosok tegas, lincah, ramah dengan senyuman yang manis dan awet, membuat siapapun yang mengenalnya menjadi nyaman dan senang di dekatnya. Cobalah untuk berbicara dengannya, sambil bejorak (baca: bercanda) menggunakan base Sasak di-mix dengan aksen yang khas, laksana olahan juice-mixfruits; rasanya gado-gado; segar-sehat-unik, sehingga meninggalkan kesan tersendiri jika lama ngobrol dengan beliau.

Kehadirannya di MAN 2 sebagai ibu kedua setelah ibu di rumah. Ia mengayomi sekaligus sebagai penyejuk laksana di gurun sahara. Your voice is warm and tender. When the world outside's too much to take. That all ends when I'm with youI'll do all that I can: Ketika dunia sulit diraih, suaramu yang hangat dan menenangkan membuat semuanya bisa diselesaikan tanpa masalah. Dan akan selalu begitu jika kami dekat denganmu. 

Terlahir 60 tahun lalu, tepatnya pada awal 15 Mei 1961 silam, sosok ini terlahir dengan nama lengkap Hj. Baiq Fatmawati. Ia piawai membuat plus membaca puisi. Lantunan langgemnya kerap membuat siapa saja yang mendengar menjadi terpesona, bahkan tak sedikit dari mereka mulai mencintai sosok ini. Beliau juga kadang merangkap menjadi Chef di madrasah.

Meski beliau mengaku sebagai pribadi yang cerewet, namun anehnya siapa pun yang dicereweti tidak ada yang merasa keberatan atau marah. Bahkan omelan-omelannya yang selalu tercipta tak ubahnya bagai materi yang siap diserap oleh para muridnya. Suara tegas, enerjetik, luwes dan tentu keibuan membuat beliau susah dilupakan.

Bahkan alumni yang pernah diajarkan oleh beliau, jika berkunjung ke madrasah, rasanya tidak lengkap jika tidak bertemu dengan beliau, bahkan tak jarang alumni ke MAN 2 Mataram hanya untuk bertemu dengan beliau.

Beliau merupakan sosok multitalent yang dicintai. Tak heran gelar Guru Idola Versi Pembaca di salah satu media cetak terbesar di NTB-pun diraihnya. Demikian juga dengan perpustakaan yang dikelolanya kerap mewakili NTB di even Nasional.

Meski sebagai senior, jangan ditanya semangat dan dedikasinya terhadap madrasah. Hampir semua bidang di madrasah pernah dikelolanya. Demikian pula dengan puluhan forum ilmiah pernah diikuti baik daerah maupun tingkat Nasional, pun dengan deretan penelitian serta simposium.

Meski sudah tidak muda lagi, prinsip beliau selama sesuatu itu bisa dilakukan, maka beliau akan melakukannya sampai tuntas. Jangan pernah menunda pekerjaan jika memiliki kesempatan untuk melakukannya. Beliau-lah sesungguhnya sosok guru yang patut digugu dan ditiru.

Purna tugas harus menjadi momentum mengabdi di masyarakat secara utuh, institusi tempat mengabdi wajib tetap terbawa dan harus di jaga dengan sebaik-baiknya. Masukan dan pemikiran selalu dinantikan. Semoga terus mengabdi bagi masyarakat, nusa dan bangsa dan bisa menjadi contoh bagi generasi muda untuk terus mengabdi bagi kemajuan umat. Sampai akhir purna bakti pun beliau menunjukkan dedikasi dan integritas yang tinggi.

Bunda, ingin kami menahanmu untuk tetap berada di tengah-tengah kami, namun apa daya selembar kertas putih lebih kuat kuasanya daripada kami. Tak ada yang mampu kami perbuat, hanya pasrah dan melepasmu dengan pelukan, mata berkaca-kaca dan tentu do’a tulus dari lubuk hati yang terdalam. 

Terima kasih yang tak terhingga atas segala dedikasi, integritas tinggi, pengorbanan, tenaga dan pikiran yang telah dicurahkan demi pengabdian untuk madrasah tercinta. Terima kasih pula telah menjadi keluarga, kolega dan Bunda bagi kami. Semoga Bunda dan keluarga sehat serta panjang umur dan mendapatkan ridlo Allah SWT. [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


18222

INFORMASI LAINNYA