SANG NAKHODA

Rabu, 09 Juni 2021 15:37

SANG NAKHODA

Gambar- Kepala MAN 2 Mataram Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd.

Mataram- Saya mengenal beliau ketika membawa SK pindah dari Kementerian Agama Pusat, jelang akhir September 2015. Waktu itu saya sedang mengurus kepindahan dari Kemenag Kota Bandung ke Kemenag NTB. Penugasan dalam SK tertuju di MAN 2 Mataram. Waktu itu beliau masih menjabat sebagai Waka Madrasah bidang Kurikulum. Sifat ramah dan sering membuat kami terpingkal dengan guyonan tiba-tibanya itu kadang ngangenin. Pribadi bijak dan sedikit melankolis itu memiliki nama lengkap Drs. H.Lalu Syauki MS, M.Pd. Dia-lah Sang Nakhoda.

Pria dengan kharisma yang memukau dan tegas itu mampu menakhodai kapal MAN 2 Mataram dalam dua periode. Medio Rabu 09 Juni 2021 (hari ini), beliau dinobatkan kembali memimpin MAN 2 Mataram untuk periode empat tahun ke depan. Setiap orang di madrasah direngkuhnya, sehingga tak heran mereka menjadi dekat layaknya keluarga, tak terkecuali bagi penulis sendiri. Entah, mungkin dikarenakan ada semacam ikatan emosional waktu menempuh Pendidikan Sarjana dan Magister, sama-sama menjadi alumni Unram dan UPI Bandung, fakultas yang sama meski pada jurusan yang berbeda.

Sebenarnya beliau merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diperbantukan di MAN 2 Mataram. Mungkin karena sudah terlanjur cinta dengan Kementerian Agama, maka beliau mengajukan diri untuk pindah basecamp.

Akhirnya, jelang tutup tahun 2009, resmilah beliau pindah rumah. Tentu dengan komitmen ingin mengabdikan diri untuk kemaslahatan umat di rumah baru. Seperti yang sering beliau ceritakan ketika beliau berdo’a di depan Ka’bah sambil menengadahkan tangan, berdo’a di sela kilauan mentari yang lumayan menyengat. Beliau berjanji akan menggunakan tangan yang lengkap itu untuk hal-hal yang baik.

Adanya komitmen membangun dan menghantarkan madrasah untuk kemaslahatan umat itulah, kemungkinan pintu langit menjadi terbuka, sehingga do’a-do’a baik dari orang-orang baik diijabah. Meski merupakan amanah yang berat namun tetap harus dijalani dengan all out disertai niat tulus, dan semua warga madrasah bahu-membahu dalam segala aspek. 

Pagi itu, sambutan warga madrasah yang tak terduga diiringi tabuhan hadrah santri MANPK yang mengalun-teratur tak ubahnya bagai menyambut prajurit yang menang dari medan perang. Bahagia dan bangga hampir tak bisa dibedakan. Rasanya ada sesuatu yang berjelaga di sudut mata. Tak sadar air mata haru mengalir syahdu, mungkin ini yang dinamakan berkah. Bagi warga madrasah, inilah nikmat tiada henti, rahmat tanpa batas.

Tak hentinya beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan semua pihak dari MAN 2 Mataram squads atas dedikasinya selama ini terhadap madrasah. Mari kita menyamakan visi dan misi untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat dan mendunia, tuturnya.

Sosok multi-talent ini tak bisa diragukan lagi kemampuannya dalam memimpin madrasah paling spektakuler di Nusa Tenggara Barat, bahkan beliau mampu membawa MAN 2 Mataram menjadi salah satu madrasah yang diperhitungkan di Indonesia. Berbagai prestasi bergengsi telah diraihnya.

Ketika sedang menempuh Pendidikan Magister jurusan Biologi di UPI Bandung, beliau berkesempatan mengikuti program shortcourse dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas biaya dari ADB (Asian Development Bank) pada 2000 silam ke Negeri Kangguru-Australia, tepatnya di Melbourne. 

Pada tahun 2004 beliau kembali dikirim dari ADB ke Negeri tersebut, kali ini ke Sydney-Canberra. Pengalaman mengajar di sekolah di salah satu benua ini sedikit banyak menginspirasinya dalam menata gedung-gedung indah MAN 2 Mataram level SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) saat ini.

Tata Ruang Kepala Madrasah, Ruang Waka, Ruang TU dan Ruang Guru didesain layaknya bangunan-bangunan modern Gedung Sekolah di negeri yang terkenal dengan Boemerang-nya ini. Filosopinya tidak lain adalah untuk memberikan rasa betah, nyaman dan menyenangkan warga madrasah dalam melaksanakan tugasnya.

Hasil travelling ke Benua tersebut diwujudkan dalam bentuk Nota Kesepahaman atau Momerandum of Understanding (MoU) dengan salah satu Sekolah bergengsi di sana, yakni Sister School. Salah satu bentuk kerjasama ini yaitu adanya pertukaran sejumlah guru dari Indonesia_Australia dan Australia-Indonesia. Kerjasama itu pun masih berlangsung hingga saat ini.

Puluhan forum ilmiah baik Nasional dan Internasional kerap mewarnai hari-harinya. Spesialis bidang Biologi ini juga tidak asing dengan dunia penelitian. Beliau juga terhitung dalam waktu yang lama sebagai pengajar di Universitas al-Azhar Mataram. Beberapa waktu lalu beliau pernah meraih Juara tiga (3) tingkat Nasional dalam lomba Kepala Madrasah berprestasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Beliau juga banyak berperan dalam organisasi sosial dan kemasyarakatan.

Di bawah kepimimpinannya, ratusan prestasi diraih siswa dalam berbagai bidang, baik Nasional maupun Internasional. Yang paling spektakuler yakni tiga siswa MAN 2 Mataram pada tahun 2020 lalu meraih 13 medali, enam emas dan tujuh perak di Manila-Filiphina dalam ajang debat Bahasa Inggris Internasional. Prestasi spektakuler lainnya diraih pada cabang olahraga. Sekitar 21 medali berhasil diboyong para siswanya pada ajang pencak silat dan taekwondo tingkat internasional yang diselenggarakan di Bali-Denpasar.

Medio Maret-April 2021 ratusan medali diraih siswanya dalam 16 lomba bergengsi lainnya. Tiga prestasi tingkat Internasional diraih club KSM MAN 2 Mataram, sehingga torehan prestasi Nasional dan Internasional yang berhasil dikumpulkan sejumlah 222 medali. Dengan deretan prestasi ini, maka layaklah julukan the right man on the right place disematkan.

Mudah-mudahan capaian-capaian yang sudah diperoleh, bisa menjadi modal utama dalam mengemban amanah sebagai Nakhoda untuk yang kedua kalinya. Selamat atas pengukuhan dan pelantikan sebagai Kepala Madrasah dua periode. Semoga sehat, panjang umur dan tetap semangat!! [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


12041

INFORMASI LAINNYA