Pengukuhan, Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) SE- NTB

Rabu, 09 Juni 2021 22:17

Pengukuhan, Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) SE- NTB

Mataram_Inmas, Slogan Madrasah Hebat Bermartabat diperkenalkan pertama kali pada tahun 2018 oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Ditjend Pendis Kemenag RI. Slogan ini diharapkan memacu madrasah untuk memberikan kualitas terbaik pada semua komponen madrasah dengan cara jujur, berakhlaqul karimah sesuai dengan norma ke-Islaman.

Mencapai madrasah hebat bermartabat tidak cukup hanya dengan slogan yang bagus semata, tapi sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan kompetensi kepala madrasah. Madrasah hebat bermartabat akan bisa diraih jika kepala madrasah memiliki manajerial yang hebat, ungkap Kakanwil Kemenag NTB pada saat pengukuhan pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala MAN se-NTB.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS, Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat, M. Zaidi Abdad mengukuhkan, mengambil sumpah jabatan dan melantik Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN), hal itu dirangkaikan dengan penyerahan SK kepada 17 Kamad yang dilantik di aula lantai empat  Kanwil  Kemenag NTB, Rabu, 9 Juni 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam hal ini didampingi oleh Rohaniawan, Kepala Bagian Tata Usaha, dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah lingkup Kanwil Kemenag NTB sebagai saksi. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) pengangkatan jabatan dan pengambilan sumpah jabatan, dan penandatanganan berita acara sumpah jabatan.

Seusai prosesi pelantikan dan penyerahan SK, Kakanwil Kemenag NTB, M. Zaidi dalam sambutannya  mengucapkan selamat  kepada pejabat yang telah dilantik, 

“Saya ucapkan selamat kepada Kamad yang baru. Semoga Kamad yang baru dapat menciptakan inovasi, meningkatkan dan mengembangkan hal-hal yang masih kurang,” ucapnya.

M. Zaidi juga megucapkan terima kasih kepada Kamad yang lama atas pengabdian dan karya yang telah ditorehkan selama menjadi kepala madrasah. 

Acara yang dihadiri oleh semua pejabat eselon 3 Kanwil Kemenag NTB, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kasubag UP,  serta undangan lainnya berjalan dengan lancar dengan mengikuti protokol Kesehatan.

Mengawali sambutannya, Kakanwil Kemenag NTB, M. Zaidi Abdad menyampaikan, "perubahan, pergantian dan pergiliran di dunia adalah sunnatullah", termasuk pergantian kepala madrasah. Segala kejadian di alam semesta merupakan qodarullah. Situasi apapun yang dihadapi  manusia harus tetap merasa bersyukur,  ungkapnya.

Dikatakan, bahwa penetapan dan penempatan kepala madrasah tidak semata like dan dislike, tapi melalui tahapan yang cukup ketat dan melalui seleksi secara bertahap.

Diawali dengan penetapan dan  rekomendasi  3 calon disetiap madrasah oleh Kakemenag Kabupaten/kota setelah melalui serangkaian seleksi. Kemudian 3 calon yang ditetapkan mengikuti assesmen tingkat Kanwil, berupa wawancara oleh tim assesmen Kanwil Kemenag NTB, dan dipimpin  langsung oleh Kakanwil Kemenag NTB. Terakhir rapat tim Baperjakat menetapkan satu calon kepala madrasah terbaik untuk ditetapkan sebagai kepala madrasah definitif.

Selanjutnya disampaikan Kakanwil, tugas, fungsi dan tanggung jawab kepala madrasah berdasarkan KMA  Nomor 58  tahun 2017, pasal 3 dan 5 adalah :

A. Tugas

1. Melaksanakan tugas manajerial, mengembangkan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan

2. Melaksanakan tugas  pembelajaran 

B. Fungsi : melaksanakan perencanaan, supervisi dan  evaluasi

C. Tanggung jawab, antara lain : 

1. menyusun rencana kerja jangka panjang, menengah dan pendek.

2. mengembangkan kurikulum 

3. mengembangkan nilai kewirausahaan

Berdasarkan tugas, fungsi dan tanggung jawab yang berat dari kepala madrasah, maka penetapan dan penempatannya harus berdasarkan kompetensi, kapasitas yang mumpuni, tidak asal-asalan, like dislike, tegas Zaidi.

Terakhir Kakanwil Kemenag NTB, M. Zaidi Abdad mengingatkan dan berpesan kepada kepala madrasah terpilih untuk :

1. Meningkatkan kompetensi dan kapasitas manajerial sebagai kepala madrasah

2. Meningkatkan kerjasama, kolaborasi dan sinergi dengan semua stakeholder, khususnya Kemenag Kabupaten/ kota, Kanwil Kemenag.

3. Secara bertahap melakukan transformasi digital, digitalisasi sistem

4. Meningkatkan semangat fastabiqul khoirot dalam meraih prestasi

5.    Memiliki sifat keterbukaan, berpihak kepada kepentingan publik, publikasi yang terencana dan terukur.

Adapun kepala madrasah yang dilantik dan dikukuhkan berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nomor 230,233,237,241,245,247,251,256/Kw.18.01/2/Kp.07.5/06/2021 sebagai berikut :

1. Abd Aziz, S.Ag (Kepala MAN Sumbawa Barat)

2. Abdul Aziz Faradi, S.Pd, M.Pd. (Kepala MAN Lombok Barat)

3. M. Nurul Wathoni, M.Pd (Kepala MAN 1 Lombok Timur)

4. Mehram, S.Pd (Kepala MAN 2 Lombok Timur)

5. Zulhidayat, S.Pd (Kepala MAN 1 Sumbawa)

6. Sulaiman Syaifullah (Kepala MAN 2 Sumbawa)

7. Drs. H. Akhyar (Kepala MAN 3 Sumbawa)

8. Lalu Sirajul Hadi, S.Ag, M.Pd (Kepala MAN 1 Mataram)

9. Drs. Lalu Syauki MS., M.Pd. (Kepala MAN 2 Mataram)

10. Lalu Mufti Sadri, MA. (Kepala MAN 3 Mataram)

11. Najamudin, S.Pd, M.Pd. (Kepala MAN 1 Kota Bima)

12. Muslihah, S.Pd (Kepala MAN 2 Kota Bima)

13. Drs. Muhammad Amin (Kepala MAN 1 Bima)

14. Nasruddin, S.Ag (Kepala MAN 2 Bima)

15. Lalu Syahdi, S.Pd, M.Pd (Kepala MAN 1 Lombok Tengah)

16. H. Agim Miandi, S.Pd (Kepala MAN 2 Lombok Tengah)

17. Drs. H. M. Nasri (Kepala MAN 3 Lombok Tengah.


Humas

533

INFORMASI LAINNYA