MAN 2 MATARAM MELEPAS DUA GURU MENJADI KEPALA MADRASAH

Sabtu, 12 Juni 2021 14:20

MAN 2 MATARAM MELEPAS DUA GURU MENJADI KEPALA MADRASAH

Gambar- Acara lepas pisah dua guru MAN 2 Mataram menjadi Kepala Madrasah. L. Mufti Sadri, MA berkacamata (gambar kiri-tengah), H. Kemas Burhan menggunakan koko putih (gambar tengah kanan) dan warga MAN Mataram di gedung Aula Pembelajaran Terpadu

Mataram- Manusia sebagai makhluk Allah-Tuhan Yang Maha Esa diciptakan paling baik dan sempurna dari semua makhluk. Adanya kelebihan-kelebihan itu, sudah sepatutnya disyukuri dan diterima dengan penuh kebahagiaan. Salah satu bentuk kesyukuran itu dengan cara berzikir dan bermunajat kepada-Nya.

Wujud dari kesyukuran itu, segenap warga madrasah di MAN 2 Mataram mengadakan tasyakkuran terhadap dua guru yang dilantik menjadi Kepala Madrasah oleh Bapak Kakanwil Kemenag NTB beberapa waktu lalu. Kegiatan diawali dengan do’a bersama.

Kedua guru tersebut adalah L. Mufti Sadri, MA sebagai Kepala Madrasah di MAN 3 Mataram dan H. Kemas Burhan, M.Pd. sebagai Kepala Madrasah di MTsN 4 Lombok Barat. Syukuran ini juga dilakukan untuk merayakan Kepala Madrasah MAN 2 Mataram Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd., yang dikukuhkan dan dilantik kembali menjadi Kepala MAN 2 Mataram.

Lalu Mufti Sadri, MA merupakan alumni MAN 2 Mataram tahun 1998 lalu, kemudian melanjutkan kuliah ke STAIN Mataram (sekarang: UIN Mataram) pada Pendidikan Bahasa Arab dan menyelesaikan pendidikan Magisternya pada jurusan yang sama, di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ustaz Mufti demikian warga madrasah sering memanggilnya merupakan salah satu guru yang aktif. Penempatan sebagai ASN di MAN 2 Mataram sejak tahun 2003. Sempat selama empat tahun menjadi Wakil Kepala Madrasah Bidang Keagamaan sekaligus Pembina di MANPK. Pernah juga menjabat Wakil Kepala ketika MAN 1 Lombok Barat (MAN Gerung kala itu) sewaktu menjadi villial MAN 2 Mataram awal-awal pendirian. Terakhir, beliau menjadi Penjamin Mutu Bidang Keagamaan. 

Sesuai namanya Mufti Sadri; terjemahan dari 'sang pemberi fatwa', ia lihai memberikan fatwa, ceramah maupun diskusi yang berkaitan dengan masalah keagamaan. Sering diundang berceramah di RRI Mataram dan Stasiun Televisi yang ada di Nusa Tenggara Barat. Tausiah-tausiahnya yang kekinian, mengalir dari bibirnya itu seringkali membius para jama’ah. Pria berkaca minus ini pun pawai berbahasa Arab.  Tercatat beberapa kali mengikuti forum-forum ilmiah Nasional dan Internasional, bahkan ia menjadi koordinator dari Forum Guru Bahasa Arab se- Nusa Tenggara Barat.

Apa yang ia capai saat ini tak lain adalah karena keberkahan ilmu yang diperoleh dari para guru yang mulia. Para guru di MAN 2 Mataram bercerita jika Lalu Mufti Sadri merupakan sosok yang telaten, rajin, pintar dan manuh serta matik (baca: patuh dan ta’at) dalam menuntut ilmu. Adab menuntut ilmu dari seorang Mufti insyaaloh tidak diragukan lagi, di samping merupakan garis tangan yang telah ditakdirkan oleh sang Pemilik Makhluk.

Lain ustaz Mufti, lain pula dengan Drs. H. Kemas Burhan, M.Pd. Meski beliau baru satu semester bergabung dengan MAN 2 Mataram, namun sebelumnya beliau memiliki jam terbang yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Track record yang pernah terukir yakni: menjadi Kepala MTsN Model Praya, Kepala MTsN Jonggat Lombok Tengah, Kepala MTsN Janapria, Kepala MAN  1 Lombok Tengah, Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, dan terakhir selama satu semester menjadi Guru Ahli Madya Bidang Studi Bahasa Inggris di MAN 2 Mataram. 

Dalam napak tilas riwayat pengabdiannya, pak Haji Kemas juga pernah mendapatkan sertifikat Internasional TAFE English Course dari Melbourne ketika menempuh Pendidikan Diploma di DEAKIN (Single Graduated of Education)-Australia Tahun 1996. Pendidikan Sarjananya beliau tempuh di IKIP Mataram pada tahun 1993 silam pada program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Baik Lalu Mufti Sadri maupun H. Kemas Burhan, keduanya merupakan guru yang memang ahli di bidang masing-masing. Tak heran capaian-capaian yang pernah diraih merupakan batu loncatan bahkan modal utama dengan apa yang diperoleh saat ini. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi umat.

Selamat menjalankan tugas mulia di tempat yang baru, terima kasih telah menjadi kolega yang menyenangkan selama ini. Semoga semakin menjadi pribadi yang amanah, bijak, mendapatkan keberkahan, sehat dan semangat. [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


3304

INFORMASI LAINNYA