Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Mengadakan Jamarah 2021

Selasa, 15 Juni 2021 21:17

Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Mengadakan Jamarah 2021

PHU News – Selasa, 15 Juni 2021, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Melaksanakan Salah Satu Program Kerja yang tertuang dalam Dipa Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Yaitu Jamarah (Jagong Masalah Umrah dan Haji), Setelah di berikan ijin Oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak DR. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag  akhirnya Pelaksnaannya bisa Terlaksana dengan lancar dan tentunya sesuai dengan Prokes Yang Telah di tetapkan dan sebelum masuk Meeting Room peserta di wajibkan Swab Antigen di Lokasi Kegiatan Jamarah dan telah di siapkan Oleh Panitia, untuk Memastika Seluruh Partisipan dalam Kegiatan Tersebut terbebas dari covid-19, Acara yang bertempat di Meeting Room Hotel Lombok Astoria Mataram yang berlangsung selama 1 (satu) hari (Fullday

Hj. Eka Muftati’ah, SH.,MH selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Prov. NTB dan sekaligus Menjadi Penanggung Jawab dalam Acara Tersebut dan Mendisposisikan Bapak H.  Nurdin, M.Ag selaku Kepala Seksi Advokasi dan Haji Reguler Menjadi Ketua Panitia dalam Acara Tersebut. Pada Laporan Ketua Panitia Beliau Berpesan Untuk Seluruh Peserta untuk dapat Memberikan Informasi dan Sekaligus Pemahaman Kepada Seluruh Kalangan Masyarakat Bahwa Pembatalan Haji ini semata-mata untuk Keselamatan Seluruh Jemaah Haji, Karena Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Rakyat Merupakan Ketentuan dan Hukum Tertinggi Bagi Pemerintah.

Dalam acara Jamarah tersebut Panitia Telah melakukan Pertimbangan-pertimbangan penting seperti Jumlah Peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari KaKanmenag dan Kepala Seksi Kabupaten/Kota Se- Nusa Tenggara Bara,t Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, PPIU, KBIHU, Imigrasi, KKP Mataram, dan beberapa Instansi Terkait lainnya, Narasumber pada kegiatan Tersebut Meliputi Sekertaris Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI H. Ramdhan Harisman, ST.,M.B.A, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB DR. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lalu Muhamad Esa, S.Sc,M.S.I dan Dinas Kesehatan Bapak Badarudin, S.Kep, NS,MM. Dalam Giat Tersebut disampaikan Oleh Bapak DR. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag Bahwa Penundaan Keberangakatan Haji Tahun 1442 H ini Merupakan Keputusan Yang Tepat pada saat Masa Pendemi Seperti Saat Ini, Karena dalam Agama Islampun Mengajarkan Apabila Sesuatu Hal Yang sisi Mudarotnya Lebih Banyak Maka Boleh ditinggalkan, lebih-lebih Ini Menyangkut Kesehatan Bahkan Nyawa Manusia. Jadi Pemerintah berfikir Panjang Untuk Mengambil Keputusan, Karena ini Merupakan Kegiatan Yang baik dan Termasuk rukun islam yang Ke 5 jadi Melakukan Sesuatu yang baik itu perlu dengan suasan dan kondisi yang baik Juga.

Pada Acara Tersbut Sekertaris Jeneral Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI H. Ramdhan Harisman, ST.,M.B.A Menyampaikan Bahwa apabila Indonesia Mendapatkan ijin Untuk Keberangkatan Haji Tahun 1442 H / 2021 M Perkiraan Kuota Hanya 1,8 % tentunya Keberangkatan hanya 1 Kloter dan Jemaah Haji Harus di Swab Antigen Sebelum masuk Asrama Haji Apabila Hasilnya Negatif, Kemudian di Karantina selama 3 Hari di Asrama Haji lalu Hari ketiga Jemaah Akan dilakuakn PCR Swab, apabila ada 1 saja Jamaah Haji  Positif Maka Seluruh Jemaah Tidak akan diberikan ijin untuk berangkat. maka itu akan Menjadi beban Moral dan mental Apabila Jemaah Haji Harus dipulangkan, jadi itu menjadi pertimbangan kami selaku Pemberi Kebijakan.

Dengan Demikian salah satu tujuan Kegiatan Jamarah ini bertujuan untuk mensosialisasikan Tentang KMA Nomor 660 Tentang Pembatalan Pemberangkatan Haji Tahun 1442 H/ 2021 M Sehingga masyarakat Faham Maksud dan Tujuan Pemerintah Semata-mata demi Keselmatan Jemaah Haji Indoenesia.

183

INFORMASI LAINNYA