Jaring Siswa Berprestasi, MTsN 3 Mataram Gelar Seleksi KSM Tingkat Madrasah

Kamis, 24 Juni 2021 16:25

Jaring Siswa Berprestasi, MTsN 3 Mataram Gelar Seleksi KSM Tingkat Madrasah

MTsN3Mataram_Inmas- Dalam rangka menghadapi gelaran Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) untuk Tahun 2021 MTsN 3 Mataram melakukan seleksi peserta KSM tingkat madrasah pada Rabu (23/6/2021). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pengawas Pembina Hj. Rohimah, M.Pd.

Seleksi KSM yang dilaksanakan secara terbuka bagi siswa siswi kelas VII dan VIII diikuti sebanyak 118 orang. Sebagaimana dilaporkan Ketua Panitia Sihabuddin dari 118 orang peserta tersebut terdiri dari cabang Matematika sebanyak 16 orang, cabang IPA 71 orang, dan 31 orang peserta untuk cabang IPS.

Kepala MTsN 3 Mataram H. Marzuki, S.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat madrasah bertujuan untuk menjaring calon-calon siswa yang berbakat dan berprestasi dalam bidang sains untuk dipersiapkan mengikuti KSM tingkat Kota, Provinsi dan Nasional.

"Bagi siswa yang masuk dan lulus seleksi pada tingkat madrasah ini nantinya akan di karantina untuk dibimbing dan dibina sebagai persiapan menghadapi Kompetisi tingkat Kota dan level yang lebih tinggi" ujarnya

Ia berharap kepada siswa asuhannya walaupun bersaing sesama teman sendiri untuk bersaing secara sehat, menunjukkan kemampuan masing-masing sesuai cabang kompetisi yang dipilih. "Saya ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, semoga yang terbaik bisa mewakili untuk Kota melaju ke tingkat provinsi bahkan Nasional" harapnya.

Pada kesempatan yang sama Pengawas Pembina Hj. Rahimah saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa kompetisi yang bergengsi ini digulirkan oleh Kementerian Agama untuk memotivasi dan memberikan ruang kepada peserta didik untuk menyalurkan kemampuannya dalam bidang sains yang telah diintegrasikan dengan pelajaran agama.

"Bukan saja siswa madrasah yang jadi sasaran peserta, siswa sekolah umum seperti SD, SMP dan SMA juga ikut serta partisipasi dalam lomba KSM, tidak perbedaan antara sekolah umum maupun madrasah sendiri, sama-sama berhak untuk mengikuti" ujarnya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dijalankan oleh Kepala Madrasah baru bahwa kegaitan KSM ini dibuka secara resmi dengan disaksikan oleh seluruh guru dan para peserta kompetisi. "Merupakan terobosan baru yang dicetuskan oleh Kepala baru, Mudah-mudahan ikhtiar seperti ini bisa membawa madrasah yang hebat" tutupnya seraya membuka secara resmi KSM tingkat madrasah MTsN 3 Mataram.

@ruslanwahid (guru MTsN 3 Mataram)

203

INFORMASI LAINNYA