ENAM AGENDA BESAR MENANTI MAN 2 MATARAM

Sabtu, 03 Juli 2021 21:44

ENAM AGENDA BESAR MENANTI MAN 2 MATARAM

Gambar- Rangkaian kegiatan menyongsong enam agenda besar MAN 2 Mataram

Mataram- Kualitas tanpa batas menuju madrasah hebat bermartabat dan mendunia menjadi jargon yang kerap digaungkan MAN 2 Mataram akhir-akhir ini. Jargon ini tidaklah berlebihan, bahkan menjadi keharusan yang harus ditanamkan madrasah jika ingin berkualitas dan tentu dipercaya oleh masyarakat dan stakeholder.

Sikap optimis ini diharapkan dapat memberikan nurturant effect (efek penyerta) yang positif bagi keluarga besar MAN 2 Mataram. Efek ini terlihat dengan berpacunya siswa, guru dan tenaga kependidikan memberikan hal terbaik bagi madrasah. Waktu begitu berharga, sehingga tidak elok bila ada yang berpangku tangan. Cita-cita mulia di atas akan segera terwujud, manakala semua unsur saling membantu.

Manifestasi dari semua itu adalah adanya enam (6) agenda besar yang tengah menanti MAN 2 Mataram. Agenda-agenda itu, yakni: (1) Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi, (2) Madrasah Young Researchers (Myres), (3) Kunjungan Ekskul Manda Korean Club (MKC) ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta dan beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, (4) OPSILON, (5) Raker MAN 2 Mataram menyongsong Tahun Pelajaran 2021/2022, dan (6) Persiapan Paskib MAN 2 Mataram ke Istana Negara.

Kompetensi Sains Nasional (KSN) merupakan gawe besar dan bergengsi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karenanya proses seleksi sangat ketat. Even ini dari level Kota sampai dengan Internasional. Tak heran, persiapan maksimal dilakukan sejak seminggu yang lalu oleh TIM KSM MAN 2 Mataram.

Sebagaimana diceritakan sebelumnya, TIM KSM MAN 2 Mataram berhasil meloloskan 18 siswa binaannya ke tingkat Provinsi. Jumlah ini merupakan peserta terbanyak dari semua Kota/Kabupaten di NTB, baik dari sekolah di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri maupun di bawah Kementerian Agama.

Madrasah Young Researcher (Myres) sebagai agenda kedua yang harus dipersiapkan dengan baik. Myres merupakan salah satu even tahunan yang spektakuler dari Kementerian Agama Pusat di samping Kompetisi Sains Madrasah. Ajang ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul peneliti muda madrasah se-Nusantara.

Bidang kajian atau garapan Myres meliputi: Agama, Humaniora, Sosial, Sains (keragaman hayati), Kearifan Lokal dan Budaya. MAN 2 Mataram baru mulai tahun lalu mengikuti even ini. Tahun ini merupakan tahun kedua, dan tim KIR telah menyiapkan beberapa orang untuk berkompetisi baik secara individu maupun kelompok.

Olympiad Update Science Social and Languange Competition (OPSILON) merupakan kegiatan tahunan Nasional yang diselenggarakan oleh sebuah Lembaga Olimpiade Nasional di Indonesia. Ajang ini diperuntukkan bagi siswa MTs/SMP, MA/SMA, sederajat dan mahasiswa. Bidang yang dilombakan untuk siswa MTs/SMP yakni olimpiade lima bidang mata pelajaran plus desain poster.

Siswa MA/SMA sederajat mengikuti bidang yang dilombakan lebih banyak dan bervariasi, yakni Olimpiade 16 mata pelajaran, lomba cerpen, cipta puisi, esai dan poster, sedangkan untuk mahasiswa hanya lomba desain poster. OPSILON selalu banjir peminat karena hadiah yang menarik dan banyaknya jenis lomba yang ditawarkan.

Agenda yang tak kalah spektakulernya adalah undangan Duta Besar Korea Selatan dan Korean Foundation untuk MAN 2 Mataram, khususnya ekstrakurikuler Manda Korean Club (MKC). Undangan itu ditujukan untuk Pembina, Pelatih, anggota MKC dan Kepala Madrasah untuk berkunjung ke kantor Kedubes Korea Selatan di Jakarta. Kunjungan ini direncanakan akan dilaksanakan pertengahan Juli atau awal Agustus dan merupakan rangkaian dan follow-up dari kunjungan perwakilan Duta Besar Korsel ke MAN 2, medio 28 Mei 2021 lalu. 

Hal utama dari acara ini yaitu ramah-tamah Duta Besar Korea Selatan dan Presiden Korean Foundation terhadap Lembaga Pendidikan se-Indonesia yang memiliki ekstrakurikuler Bahasa Korea atau Lembaga yang memiliki ketertarikan pada Bahasa dan Budaya Korea.

Seluruh peserta kegiatan ini nantinya akan diajak berkeliling ke pusat-pusat budaya Korea yang ada di Jakarta plus berkunjung ke beberapa Perguruan Tinggi yang memiliki Program Studi Bahasa Korea-nya. Semisal Universitas Indonesia (UI-Jakarta), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI-Bandung), dan Universitas Gadjah Mada (UGM-Yogyakarta). Kunjungan ini juga dalam rangka menjajagi kemungkinan kerjasama (MoU) antara MAN 2 Mataram dengan Korean Foundation. 

Perlu diketahui bahwa Korean Foundation merupakan organisasi diplomasi yang didirikan pada tahun 1991 untuk mempromosikan tentang Korea serta menjalin persahabatan di komunitas Internasional.

Lembaga ini melaksanakan berbagai proyek semisal program pertukaran pelajar atau guru bahkan tenaga kerja dengan negara-negara di Asia bahkan seluruh dunia. Selain Pendidikan, KF juga membidangi: Penelitian, Bahasa dan Budaya Korea, Pariwisata, dan juga Kepemimpinan.

Menyambut kunjungan ini, pihak madrasah melakukan persiapan dengan memberikan pembinaan dan seleksi terhadap anggota MKC. Adapun Tim pengajar plus pelatih, Bapak Muhamad Gandi dan Dr. Siti Rahmi, dibantu dengan beberapa mahasiswa dari LPKN Mataram. Semua biaya akomodasi dari transportasi, penginapan dan uang saku dibiayai oleh Korean Foundation.

Agenda yang tak kalah menariknya adalah Rapat kerja (RAKER) tahunan MAN 2 Mataram yang akan direncanakan H-7 dari jadwal awal Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan akan dikemas dua hari satu malam dirangkai dengan keakraban keluarga Besar MAN 2 Mataram. Meski masih Pandemi, madrasah menyiapkan segala kemungkinan untuk menghadapi dua opsi pembelajaran, yakni dengan menyiapkan skenario pembelajaran tatap muka dan daring.

Agenda besar lainnya adalah pembinaan calon pengibar bendera pada Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Negara. Tahun ini, ekskul Paskib MAN 2 Mataram berhasil meloloskan satu anggotanya ke Nasional, yakni Hana Novita Fitri. Bersama satu orang siswa MAN 2 Kota Bima; Yasser Ramadhan, Hana mewakili NTB pada Upacara Kemerdekaan Agustus nanti.

Selain enam agenda besar di atas, masih ada KOPSI (lomba esai) dan Duta Harmoni 2021. Siswa MANPK-MAN 2 Mataram atas nama Khairul Hamim berhasil masuk final dan merupakan perwakilan satu-satunya madrasah di NTB yang berhasil melaju ke final. Hamim akan mengikuti seminar tanggal 06 Juli mendatang. Kemungkinan bagi peserta Duta Harmoni yang masuk final, akan membuat video baru kembali. Pembinaan sudah dilakukan sejak Kamis (30/06) lalu.

Semua agenda di atas merupakan pe-er besar MAN 2 Mataram yang membutuhkan ketekunan, dedikasi, kerjasama dan kepedulian semua pihak, tutur Bapak Kepala Madrasah. Kita bisa, karena bahu-membahu untuk mewujudkan mimpi-mimpi indah kita. Kita bisa, karena semua unsur memiliki visi yang sama dalam mewujudkan MAN 2 Mataram sebagai madrasah hebat bermartabat dan mendunia. Semoga apa yang menjadi niat baik dan ikhtiar kita dapat diijabah oleh-Nya, tutupnya.

[Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


4956

INFORMASI LAINNYA