Jelang Idul Adha, Kanwil Kemenag NTB Gelar Takbir Akbar Virtual

Senin, 19 Juli 2021 23:08

Jelang Idul Adha, Kanwil Kemenag NTB  Gelar Takbir Akbar Virtual


Mataram, Kanwil NTB.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Takbir Akbar Virtual untuk memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi.


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, ikut menyambut malam Idul Adha dengan menggemakan takbir dari rumah masing-masing. "Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual," kata Yaqut melalui keterangan tertulisnya.


Menyambut seruan Kementerian Agama RI, KaKanwil Kemenag NTB, M. Zaidi Abdad selain mengikuti Taqbir virtual secara nasional, juga mengadakan Taqbir virtual tingkat provinsi NTB. 


Adapun Takbir Akbar Virtual tingkat provinsi NTB diikuti unsur Pemda provinsi, yaitu Gubernur, yang diwakili Sekda NTB, L. Gita Aryadi,  Kanwil NTB, semua Ormas keagamaan yang ada di Nusa Tenggara Barat, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah, Nahdlatul Wathan, MUI dan seluruh Kemenag Kabupaten/ Kota, KUA dan Madrasah Negeri se NTB. Total peserta takbiran sebanyak 1000 peserta,yang dijadwalkan ikut bergabung secara virtual dari kediaman masing – masing.


Takbir Akbar Virtual mengangkat tema "Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat" dengan tagar #TakbirDiRumahAja. Acara dijadwalkan akan dimulai pada pukul 18.45 wita dan disiarkan stasiun televisi, radio, dan media lokal lainnya, termasuk media sosial.


Zaidi dalam pidato pengantarnya, mengatakan, bahwa Idul Adha mengingatkan umat Islam pada pesan penting Rasulullah SAW saat menyampaikan khotbah wukuf pada Haji Wada’ 14 abad silam, salah satunya adalah pesan untuk menjaga darah dan jiwa setiap manusia.


"Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Idul Adha saat pandemi covid 19 mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat," ucapnya.


Sebelumnya, Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.


"Edaran ini antara lain mengatur terkait dengan peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah. Artinya, di rumah-rumah ibadah tidak dilakukan kegiatan yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini," kata Kakanwil 

(Humas)


56

INFORMASI LAINNYA