GENDERANG DITABUH-KAPAL SIAP BERLABUH: (Salam Kenal Peserta Didik Baru)

Rabu, 21 Juli 2021 12:04

GENDERANG DITABUH-KAPAL SIAP BERLABUH: (Salam Kenal Peserta Didik Baru)

Gambar- Kolase tiga kegiatan MAN 2 Mataram dalam satu frame: Rapat Matrikulasi MANPK, Rapat Koordinasi PJJ dan Kegiatan Salam Kenal dengan Peserta Didik Baru

Mataram- MAN 2 Mataram sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Keagamaan di Nusa Tenggara Barat secara berkesinambungan melakukan berbagai kegiatan. Ada tiga kegiatan yang dilakukan dalam satu frame berikut ini.

Kegiatan diawali dengan pertemuan terbatas dengan para pengajar matrikulasi untuk santri MANPK-MAN 2 Mataram yang baru (16/07). Matrikulasi ini dilakukan dalam rangka untuk persiapan awal santri baru menghadapi pembelajaran di tahun ini. Paling tidak mereka memiliki gambaran tentang apa yang akan dilakukan sebagai santri baru. Kegiatan dilakukan di ruang pertemuan dengan prokes yang ketat.

Adapun kegiatan matrikulasi fokus pada empat bidang yakni, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Amtsilati (membaca kitab kuning) dan Tilawah. Kegiatan akan dimulai setelah Hari Raya Idul Adha. Tepatnya launching program akan dimulai hari Jum’at (23/07). Masing-masing bidang diampu oleh empat orang guru dan dilakukan dua kali dalam seminggu. Kegiatan matrikulasi akan berlangsung selama dua bulan.

Kegiatan selanjutnya yakni kegiatan zoom meeting tentang rapat koordinasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk semua guru dan tenaga kependidikan (19/07). Kegiatan ini di-inisiasi oleh bagian akademik beserta penjamin mutu. Zoom meeting ini dilakukan dalam rangka untuk menyamakan visi warga madrasah menghadapi Tahun Pembelajaran 2021/2022. Karena Kota Mataram masuk dalam wilayah yang menerapkan PPKM Darurat, maka kegiatan pembelajaran semua dilakukan melalui e-learning madrasah dan guru bekerja dari rumah (Work from Home).

Dalam rapat koordinasi itu, diperkenalkan juga fitur-fitur baru dari e-learning madrasah. Termasuk ketersediaan bentwitch dalam e-learning , mengingat ada fitur baru yakni teleconference yang membutuhkan kuota yang tidak sedikit dan akan digunakan guru dalam mengajar. Namun, pada rapat tersebut diinformasikan bahwa di samping e-learning terdapat juga tiga paket zoom meeting premium yang akan digunakan untuk mengajar.

Masing-masing paket dipandu oleh seorang host. Paket premium ini bisa menjangkau ratusan bahkan ribuan peserta dalam sekali zoom meeting. Kelebihan lain paket premium ini yakni bisa digunakan untuk waktu yang lama dan bisa digunakan bukan hanya untuk mengajar, namun juga untuk kegiatan-kegiatan lain di madrasah. Sistemnya nanti dengan melaporkan kepada masing-masing host jika menggunakan aplikasi tersebut.

Kegiatan hari ini (21/07) tentu masih fresh yakni zoom meeting tentang Salam Kenal Peserta Didik Baru bersama Kepala Madrasah, para Wakil Kepala Madrasah, para Wali Kelas dan semua Peserta Didik Baru Kelas X. Kepala Madrasah, para Waka dan para Wali kelas sekaligus menjadi nara sumber. Diawali dengan pembukaan oleh moderator: Asri Hidayati, S.Pd, kegiatan dilanjutkan dengan  pengantar atau sambutan dari Bapak kepala Madrasah; Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd.

Kepala Madrasah mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru, beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terlaksananya kegiatan zoom meeting ini. Tak lupa beliau berpesan kepada peserta didik baru agar fokus dan serius mengikuti kegiatan dan hendaknya sudah bersiap-siap menerima materi dari semua guru melalui e-learning. Kamad berharap agar kegiatan melalui zoom meeting jangan sampai berkepanjangan, mengingat pertemuan tatap muka dengan guru merupakan hal yang sangat krusial.

Wakil Madrasah bidang Akademik Lalu Ahmad Fahruddin, M.Pd., memaparkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran, terutama dalam penggunaan e-learning. Pak Waka menjelaskan fitur-fitur yang harus dipahami oleh seluruh peserta didik baru, mulai dari penggunaan username, password dan mencoba untuk mengklik semua menu yang tersedia dalam e-learning madrasah tersebut.

Dalam paparannya, beliau juga berharap agar peserta didik baru menyiapkan segala sesuatu untuk belajar melalui e-learning. Minimal mereka harus memiliki telepon seluler android atau laptop yang compatible (yang sesuai) karena semua kegiatan, baik di masa pandemi maupun sesudahnya akan menggunakan e-learning

Selanjutnya pemaparan dari Wakil Akademik Kesiswaan, Meci Karimah Kasipahu, S.Pd. Bu Meci menjelaskan tentang segala hal yang berkaitan dengan bidang kesiswaan, yakni tentang tata tertib madrasah, ikrar siswa, kedatangan dan kepulangan siswa yang harus diketahui oleh peserta didik baru, termasuk tentang MATSAMA (Masa Ta’aruf Santri Madrasah) yang sudah disiapkan jauh-jauh hari yang terpaksa ditunda karena kondisi PPKM Darurat.

Hal terakhir yang dipaparkan bu Meci yakni tentang prestasi yang pernah diraih peserta didik MAN 2 Mataram sejak Januari 2021. Meski pandemi, peserta didik MAN 2 Mataram tetap semangat menorehkan prestasi, baik tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Saat ini MAN 2 Mataram berhasil mengumpulkan 308 prestasi.

Wakil Kepala Madrasah bidang Sarana dan Prasarana, Bapak H. Lalu Purnamawirawan menjelaskan tentang fasilitas apa saja yang tersedia di MAN 2 Mataram. Jumlah ruang kelas, ruang laboratorium (Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa, Komputer dan Keagamaan), lapangan, mushola, dan lain-lain semua sudah dipasangkan wifi, jadi mereka tidak perlu khawatir ketika ada tugas atau materi yang bersumber dari internet

Tahun ini di MAN 2 Mataram, semua kegiatan pembelajaran berbasis digital, termasuk absensi atau daftar kehadiran. Absensi elektronik ini juga nanti akan terkoneksi langsung dengan orang tua wali, sehingga orang tua wali bisa memantau aktivitas belajar anak.

Demikian juga perpustakaan. Tahun ini MAN 2 Mataram sedang mempersiapkan untuk e-library (perpustakaan digital) sehingga peserta didik akan meminjam buku dalam bentuk e-book (buku digital) yang bisa diakses melalui telepon genggam masing-masing. Dengan demikian, peserta didik bisa belajar dimana pun dan kapan pun.

Waka Humas Dr. Siti Rahmi, M.Pd., memaparkan sekelumit tentang bidang kehumasan, apa dan peran atau fungsi dari Humas itu. Humas atau Hubungan Masyarakat atau Public Relation memiliki peran krusial dalam sebuah lembaga, karenanya Humas merupakan ujung tombak dari sebuah lembaga.

Peran Humas yakni menciptakan kesan atau citra baik sebuah lembaga, menyampaikan atau mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang lembaga, baik kepada semua warga madrasah, masyarakat secara luas, klien maupun stakeholder.

Paling tidak Tim Humas harus menguasai hal-hal yang jadi perannya, semisal ia harus mampu mengatur strategi komunikasi publik yang baik, mendokumentasikan semua kegiatan yang berhubungan dengan lembaga, baik di dalam maupun di luar.

Humas juga sebagai sarana marketing yang handal, menjalin komunikasi yang baik dengan media (elektronik maupun cetak), mengelola media sosial serta mengetahui dan mengevaluasi opini masyarakat luas terhadap lembaga.

Nara sumber terakhir yakni Wakil Kepala Madrasah bidang Keagamaan; Bapak Muhrim, M.Pd.I. Beliau memaparkan tentang masalah yang berkaitan dengan Keagamaan, dalam hal ini MANPK (Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan). Tentu saja dengan bahasa yang lugas:  singkat namun padat dan jelas.

Ustaz Muhrim bercerita, jika MANPK memiliki asrama untuk putra dan putri, memiliki ruang belajar memadai, laboratorium keagamaan dan setiap santri untuk tahun pelajaran 2021/2022 ini diberikan beasiswa sebesar 750 ribu/santri/bulan dari Kemenag RI. saat ini jumlah santri MANPK yang baru yakni  sejumlah 48 santri dengan rincian:24 putra dan 24 putri.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan host mem-breakdown aplikasi ke masing-masing account wali kelas. Lalu peserta didik baru berhadapan dengan wali kelas masing-masing dan melakukan ta’arruf. Jumlah rombongan belajar peserta didik baru yakni 15 rombongan belajar, yang terbagi ke dalam jurusan MIPA (Matematika dan IPA), IPS, dan Keagamaan. Untuk tahun ini, Jurusan Bahasa ditiadakan karena sepi peminat.

Kepala Madrasah terkesan dengan kegiatan zoom meeting ini. Artinya, paling tidak dalam kondisi yang tidak menentu ini, madrasah mampu berbuat agar euphoria peserta didik baru tidak surut. Kamad mengurai, meski PPKM Darurat ia berharap semua kegiatan tetap dilaksanakan, walau dari rumah karena itu bentuk dari rasa tanggungjawab sebagai makhluk Allah dan abdi negara yang baik.

Jika genderang sudah ditabuh,maka kapal siap berlabuh. Pantang untuk berdiam diri. Mari berubah-mari berbenah. Tak henti-hentinya Kamad mengajak semua warga madrasah untuk selalu bersemangat dalam menjalankan apapun rutinitas madrasah.

Semua aktivitas di MAN 2 Mataram ada tentu saja berkat sinergisitas semua unsur madrasah untuk memberikan yang terbaik dalam mewujudkan madrasah yang mandiri, berprestasi dan bermartabat. SEMANGAT!!

[Siti Rahmi- Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


6411

INFORMASI LAINNYA