MGMP MAN 1 Lombok barat (Penyusunan RPP dan Evaluasi Digital E-Learning)

Rabu, 21 Juli 2021 20:06

MGMP MAN 1 Lombok barat (Penyusunan RPP dan Evaluasi Digital E-Learning)

MAN1LombokBarat_inmas- Peningkatan kualitas dan kompetensi guru merupakan agenda besar yang harus terus dilakukan, karena guru merupakan salah satu unsur yang sangat strategic dalam mencetak generasi –generasi yang mandiri dan berprestasi lebih-lebih dalam era digital atau yang populer era 5.0 (five point zero). Seorang guru sejatinya  harus mampu menguasai dan beradaptasi bahkan  berkreasi  dengan berbagai bentuk sarana digital saat ini dalam pelaksanaan proses pembelajaran, agar tidak  muncul kalimat “ Gedungnya abad 19, gurunya abad 20, muridnya abad 21”. 

Bertolak dari kalimat di atas, pelaksanaan MGMP (Muswarah Guru Mata Pelajaran) yang bertema penyusunan RPP dan evaluasi digital e-learning ,di laksanakan pagi tadi, Rabu 21 Juli 2021 yang bertempat di ruang Laboratorium MAN 1 Lombok Barat yang di hadiri oleh seluruh guru ,( ASN maupun non ASN) , hadir juga Bapak Pengawas MAN 1 Lobar ,Bapak Abdul Hamid, M.Pd.I sebagai narasumber dan dibuka langsung oleh Bapak kepala kemenag Lombok Barat Dr. H. Jalalussayuthy, SS.M.Pd.

Acara di mulai dengan sambutan Kepala MAN 1 Lombok barat, H. Abdul Azis Faradi, M.Pd, dalam sambutannya , kegiatan MGMP ini merupakan salah satu saran pembinaan dan peningkatan profesionalisme guru karena forum ini merupakan wadah berkumpulnya guru secara kolaboratif untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran, mencari solusi, mengembangkan ide-ide baru dalam rangka peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar. Beliau juga berharap agar seluruh media dan sarana yang berkaitan dengan peningkatan proses pembelajaran harus di manfaatkan terutama penggunaan media tehnologi, guru harus melek dengan tehnologi, apalagi era pandemi covid 19 yang belum berakhir ini, menghajatkan guru untuk melakukan pembelajaran daring , maka pelaksanaan  pembelajaran di lakukan dengan dua model yaitu model daring dengan melalui e-learning madrasah dan model tatap muka terbatas dengan pembagian waktu secara terjadwal.

Tidak hanya itu , kepala madrasah selalu mengingatkan untuk membuatdan dan mengisi laporan kinerja melalui system digital sebagai media evalusi kinerja guru, dan memudahkan guru dalam melengkapi adminstrasinya ketika nanti pemeriksaan oleh inspektorat. 

Sambutan selanjutnya oleh Kepala Kemenag Lombok Barat, dalam sambutannya  beliau sangat mengapresiasi kegiatan MGMP ini, karena ini merupakan wadah silaturrahmi guru yang sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas profesionalisme , guru sejatinya harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogic, kopetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Kaitannya dengan professional , guru di hajatkan untuk terus melakukan pengembangan dirinya melalui berbagai forum salah satunya melalui MGMP.Kegiatan ini di harapkan terus berkelanjutan yang nantinya bisa di rasakan “ oleh dari dan untuk guru”.Kepala Kemenag juga menghimbau untuk terus menjaga kebersamaan dan kekompakan dengan bekerja sesuai dengan tupoksinya agar visi dan misi yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai sehingga dapat mewujudkan madrasah yang mandiri, berprestasi, bermartabat menuju madrasah hebat.

(Maesarah : Waka Humas MAN 1 Lombok Barat)

179

INFORMASI LAINNYA