HANA; SANG PENGIBAR BENDERA DI ISTANA

Jumat, 23 Juli 2021 19:06

HANA; SANG PENGIBAR BENDERA DI ISTANA

Gambar- Kolase agenda latihan yang dijalani Hana dan Yaseer Siswa MAN 2 Kota Mataram dan Siswa MAN 2 Kota Bima serta pelepasan Tim Paskibra Nasional Provinsi NTB oleh Dispora NTB, Kakanwil Kemenag NTB dan Gubernur NTB. 

Mataram- Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama. MAN 2 Mataram tahun ini juga dinobatkan sebagai salah satu madrasah unggulan di Indonesia. Hal ini tidaklah berlebihan, mengingat begitu banyak prestasi yang disumbangkan untuk lembaga tercinta. Baik itu kejuaraan tingkat Daerah, Nasional bahkan Internasional.

Kali ini, salah satu pentolan ekstakurikuler MAN 2 Mataram yakni Paskibra berhasil mewakili Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu anggota Tim Pengibar Bendera di Istana Negara 17 Agustus 2021 nanti. Siswa tersebut adalah Hana Novita Fitri. Hana baru saja naik ke kelas XI dengan mengambil jurusan IPA (MIPA). Satu orang lagi rekan Hana, merupakan siswa dari MAN 2 Kota Bima, Yaseer Ramadhani. Dengan demikian, ada dua orang siswa madrasah dipastikan berangkat ke Jakarta per-25 Juli 2021 bersama tim mewakili NTB.

Hana terlahir pada 06 November 2004 lalu. Gadis ini gemar berolahraga, tak heran ia memiliki postur 170 cm, postur yang begitu tinggi jika dibandingkan dengan anak seusia dia. Hana juga menyukai travelling dan bermain musik. Ketika SMP, Hana pernah menjadi mayoret marching band di sekolahnya. Ia juga pernah memenangkan field comender terbaik dan pernah mengikuti lomba marching band yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa di Bali dan berhasil meraih juara ketiga. 

Tak hanya itu, Hana juga sering menjuarai berbagai even KSM Geografi tingkat Nasional. Baru-baru ini Hana dan rekannya Shindy berhasil mengharumkan MAN 2 Mataram di even Nasional melalui lomba esai yang diadakan oleh salah satu perguruan tinggi bonafide di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Hana dan Shindy juga merupakan anggota ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Keduanya meraih juara 2 dan 3.

Gadis multitalenta ini menceritakan jika ia telah melalui proses yang sangat panjang dan ketat. Karena ini merupakan tugas negara yang mulia, maka ia pun tidak mau setengah-setengah mengikuti seleksi. Hana rajin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan sesekali bermain musik untuk menyegarkan pikiran dari ketegangan selama pelatihan. Menurutnya, olahraga dan bermusik harus seimbang untuk menjaga agar badan dan pikiran tetap fresh.

Sepakat Hana. Olahraga dan musik memang harus seimbang. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat,di antaranya: untuk menjaga agar kita tetap bisa berpikir positif, membantu agar kita bisa tetap fokus, jantung senantiasa berdetak dengan stabil, lebih bersemangat, mampu menyeimbangkan berat badan serta mampu menyelaraskan antara kecerdasan otak kiri dan otak kanan.

Jiwa nalar dan imajinasi yang seimbang biasanya akan membuat seseorang menjadi pribadi yang ceria, bahagia dan bersemangat. Mens sana incorpore sano; dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Apa yang telah diraih oleh Hana merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan sungguh membanggakan. Apalagi ini pertama kali siswa madrasah dan ekskul Paskibra MAN 2 Mataram melenggang ke Istana. Rasa haru, bahagia dan entah apalagi tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Rasa berkobar dalam dada mengatakan: it is so amazing, Allohu Akbar!!

Dengan semangat yang masih berkobar, tak sadar bibir ini melantunkan dendang: merah putih teruslah kau berkibar. Di ujung tiang tertinggi di Indonesia-ku ini. Merah putih teruslah kau berkibar, ku akan selalu menjagamu. Biar saja ku tak seharum bunga mawar, tapi selalu kucoba tuk mengharumkanmu. Biar saja ku tak se-elok langit sore, tapi selalu kucoba tuk meng-indahkanmu.

Tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun terindah bagi madrasah, terutama bagi keluarga besar MAN 2 Mataram. Karena siswa madrasah mampu menunjukkan prestasi spektakuler. Tentu saja sekali lagi setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat. Ini juga semakin membuktikan bahwa siswa madrasah sudah sejajar dan berjalan beriringan dengan sekolah-sekolah hebat di tanah air.

Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB dalam sambutannya menyatakan kebanggaan sekaligus kesyukurannya, karena baru kali ini dua siswa madrasah mewakili Tim Pengibar Bendera di Istana Negara. Sebelumnya selalu diwakili oleh sekolah-sekolah umum. Pelepasan kedua peserta dilaksanakan pagi tadi (23/07) di Kantor Wilayah Kementerian Agama di Jalan Udayana No. 6 Mataram. 

Beliau juga berpesan kepada kedua peserta agar senantiasa menjaga marwah madrasah yang bermartabat. Selalu menjaga sikap dan membawa nama baik lembaga dan hal yang tidak boleh diabaikan yakni mereka harus tetap menjaga kesehatan sampai dengan kembali ke daerah. Bapak Kakanwil juga berdo’a agar keduanya diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas mulia ini. 

Dalam pelepasan itu dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat. Dihadiri Bapak Kakanwil (Dr. KH. M. Zaidi Abdad, M.Ag.), Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (H.M. Ali Fikri, S.Ag., MM.), Kepala MAN 2 Mataram (Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd.), Kepala MAN 2 Kota Bima (Muslihah, S.Pd.), Pembina Paskibra MAN 2 Kota Bima (Arif Ruslin, S.Pd.) dan Kasi Pembinaan Kepemudaan Bidang Pemuda dan Olah Raga Dinas Pariwisata Kota Bima (Wendy Maenormansyah, SE, MM.). 

Pelepasan juga dilakukan sebelumnya oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd. Menjelang pukul 14.00 Wita, Hana dan Yaseer beserta Kepala Madrasah dan tim masing-masing juga dilepas oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Asisten III, ibu dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., M.PH. 

Sebelum ke Jakarta, terlebih dahulu Hana dan Yaseer dikarantina di Hotel Aston. Menurut jadwal keduanya akan diberangkatkan ke Jakarta pada pagi hari Ahad, 25 Juli 2021 dan langsung menuju Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON)- Cibubur Jakarta Timur yang merupakan tempat pelatihan selama kurang lebih satu bulan.

Mudah-mudahan Hana dan Yaseer; putra-putri terbaik NTB dapat menjalankan tugas mulia ini dengan lancar, selalu sehat, tetap bersemangat untuk mewujudkan madrasah yang mandiri, berprestasi, hebat dan bermartabat. 

[Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:  Humas MAN 2 Mataram

FB: Humas MAN 2 Mataram

YT: Humas MAN 2 Mataram 

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


10393

INFORMASI LAINNYA