Dibalik Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mari Kita Pemberlakuan Peningkatan Kualitas Muqarabah (PPKM) Kepada Allah SWT

Selasa, 27 Juli 2021 08:54

Dibalik Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mari Kita  Pemberlakuan Peningkatan Kualitas Muqarabah (PPKM) Kepada Allah SWT


Penanganan pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia tidak cukup hanya dengan mengeluarkan beragam kebijakan. Selain melalui kebijakan, sepatutnya kita harus mendekatkan diri kepada sang pencipta atas cobaan wabah yang hingga kini tak kunjung tuntas.

Kita kurang bersandar kepada Allah SWT, pada saat mengatasi pandemi Covid-19 ini,

Selama ini, penanganan pandemi hanya fokus pada kebijakan, seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta vaksinasi. Sayangnya, kebijakan tersebut tak diikuti dengan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Kita hanya fokus PPKM dan Vaksin. Tidak ada nuansa imbauan taqorruban Ilallah,

Penanganan Covid-19 tidak akan berhasil tanpa disertai memohon dan taubatan nasuha pada Allah SWT atas perkenan-Nya.

Maka Dari uraian diatas  pada situasi pendemi ini, betapa nikmatnya beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT, selain mohon solusi dan jalan keluar kepada Allo juga mendapatkan pahala dan nilai yang besar dimata Allah SWT.

Masyaallah tabaraokallah beribadah  mengakrabkan hubungan kita dengan Alloh SWT adalah hal yang penting untuk kita senantiasa jalan dimasa sekarang ini. Padahal Allah SWT selalu dekat dengan hamba-Nya. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Allah SWT itu dekat. Bahkan jauh lebih dekat dari urat nadi kita sendiri”. Kita selalu berharap senantiasa mendapatkan kecintaan Allah SWT.

Tanpa kita sadari sebagai umat Islam, bahwa segala sesuatu yang terjadi pada manusia tidak ada yang terlepas dari pengetahuan oleh Allah SWT. 

Oleh sebab itu, dalam siatuasi yang sangat memprihatinkan, kewaspadaan dan penuh ketidakpastian tentang kapan berakhirnya penyebaran wabah Covid-19, salah satu yang wajib dilakukan setiap individu adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah, memperbanyak ibadah wajib maupun sunnah, berdoa pendemi ini segera berakhir juga merenung dan bertanya pada diri sendiri tentang makna kejadian Covid-19 dan mengambil hal-hal yang positif dari hasil perenungan tersebut.

 Jika kita hanya memikirkan kesusahan saja atas dampak pandemi Covid-19, maka akan terbentang aneka kesusahan dihadapan mata kita, sehingga peluang untuk memikirkan hal-hal yang positif untuk keluar dari kesusahan tersebut menjadi semakin sedikit.

 Akan tetapi jika berpikir sebaliknya, maka akan terbentang panjang beragam kenikmatan dihadapan mata kita atas dampak pendemi ini. 

Berikut ini cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT

1. Mendirikan Salat

Salat merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap muslim.

Namun, lebih dari itu sebetulnya salat tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan kebutuhan bagi kaum yang beriman. Hal ini karena salat merupakan tiang agama dan merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Membaca AL-Quran Al-quran

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang berikutnya adalah dengan memperbanyak tilawah atau membaca Al-Quran. Amalan ini tidak hanya membuat kita semakin dekat dengan Sang Pencipta dan mendatangkan pahala, ini juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang semakin sabar, lapang dada, jujur, dan sebagainya.

3. Selalu Menjadi Pribadi yang Bersyukur

Umat muslim hendaknya wajib bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan, dari nikmat harta hingga nikmat bernapas. Sebab bersyukur telah disebutkan sekitar 70 ayat di dalam Alquran.

Dengan banyak bersyukur maka Anda termasuk orang yang mendapatkan ridho Allah SWT serta salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Ingat Kematian dan Tidak Tergiur dengan Dunia

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang selanjutnya adalah selalu ingat akan mati dan tergiur akan dunia yang fana. Setiap makhluk hidup pasti akan mati.

Sangat menakutkan jika membayangkan kematian. Karena kita sebagai manusia, masih memiliki banyak kesalahan dan dosa. Kematian pasti akan menghampiri makhluk hidup, namun hanya Allah SWT yang mengetahui waktunya.

Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita dan dapat secepat kilat menjemput. Oleh karena itu sebagai umat Islam sebagai hamba yang baik jangan sampai tergiur akan gemerlap dunia.

Dunia hanyalah tempat singgah sementara dan anya perkara yang fana. Hamba yang baik hanya mengingat satu perkara, yaitu janji Allah akan kehidupan akhirat yang kekal adanya.

5. Banyak berzikir dan jalani ibadah sunnah

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang terakhir adalah selalu berzikir serta menjalankan ibadah sunah seperti salat Dhuha, Tahajud, Puasa Sunah dan lain-lain.

Zikir atau wirid sering diartikan menyebut nama Allah SWT, dan biasanya dilakukan secara rutin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Wallahu A’lam Bishawaab.

114

INFORMASI LAINNYA