KAMILA, WAKILI NTB PADA SIDANG PARLEMEN REMAJA KE JAKARTA

Sabtu, 04 September 2021 14:15

KAMILA, WAKILI NTB PADA SIDANG PARLEMEN REMAJA KE JAKARTA

Gambar- Afifah Kamilatul Unsha bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB H. Muzihir peserta Praja dan Pembina saat bersilaturrahim ke Kantor DPRD Provinsi NTB

Mataram- Afifah Kamilatul Unsha, sebuah nama yang cantik seperti pemiliknya. Tubuh mungil dengan senyum manis dan sikap hormat yang selalu ditunjukkan kepada guru-gurunya, menambah pesona gadis belia ini. Hobinya membaca dan memasak, terutama membuat roti. Dua hobi yang berbeda, namun menjadi semakin komplit untuk menjadi seorang wanita sejati nantinya.

Kamila, demikian guru-gurunya senang memanggilnya. Saat ini, tengah duduk di kelas XII IPS 1 MAN 2 Mataram. Ia berhasil mewakili Nusa Tenggara Barat dalam ajang tahunan bergengsi yang diadakan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Lomba ini bernama Parlemen Remaja (PARJA) yang diperuntukkan untuk kelas 10 sampai 12 SMA/MA sederajat seluruh Indonesia. Ajang Parlemen Remaja Tahun 2021 mengusung tema: Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas.

Untuk dapat lolos menjadi Anggota Parlemen Remaja, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yakni: pendaftaran, mengisi curriculum vitae (riwayat hidup), membuat esai serta video kampanye. Tentu saja ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, kata Kamila ketika ditanya. Apalagi Kamila tidak pernah sama sekali menulis esai. 

Namun, dengan berbekal tekad yang kuat, ia memberanikan diri untuk mendaftar dan mengikuti semua proses seleksi. Kamila mengaku, tahun 2020 silam ia juga ikut dalam ajang serupa, sayangnya  dua kakak senior yakni Arsi Yulistari dan Nur Sanya Fahmi Mantika yang berhasil mewakili NTB saat itu. Kamila tidak patah hati karenanya. Pelan ia menyiapkan diri untuk ajang serupa di tahun mendatang.

Akhir Juli Tahun 2021, Parlemen Remaja membuka pendaftaran lagi dan Kamila sangat senang sekaligus bersemangat karena lomba ini hampir setahun ia nanti-nantikan. Dengan semangat 45 ia pun mendaftar untuk kedua kalinya. Meski banyak tantangan, karena pada saat yang bersamaan, ia mengkuti berbagai lomba, sebut saja: Olimpiade, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN), Festival Literasi Siswa Nasional (Felsi) dan lomba lainnya.

Deretan lomba yang diikuti itu mengantarkan Kamila meraih beberapa juara, di antaranya: menjadi finalis pada lomba Geosphere Competition yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha pada Tahun 2021, Ia meraih dua Medali Perak dalam ajang Student Science Competition dan ajang News Generation Olympiad di bidang Sosiologi Tahun 2021 dan mendapat Medali Perunggu pada ajang Madrasah Olympiad Contest di bidang Geografi pada tahun 2021. Sebelumnya, Kamila pernah meraih  Juara III pada Lomba Baca Puisi Olimpiade Literasi Siswa Nasional pada tahun 2018 lalu.

Berbagai even yang diikuti Kamila itu, tentu saja membuat jadwalnya begitu padat dan otomatis konsentrasi terpecah, belum lagi tugas dari madrasah. Padatnya kegiatan Kamila, lumayan menguras tenaga, waktu dan pikiran serta membuatnya kewalahan.

Namun Kamila pantang menyerah, sekuat tenaga ia mencoba merubah hambatan-hambatan itu menjadi peluang. Akhirnya, usaha tak mengkhianati hasil, bersama tiga rekannya dari sekolah/madrasah lain, ia mewakili NTB di ajang Parlemen Remaja Tahun 2021. Ketiga rekannya itu yakni Linggar Ridha Kawasa dari SMAN 1 Empang,  Kanaya Putri Hardianti dari SMAN 1 Sumbawa Besar dan Adi Suryadinata dari SMAN 1 Mataram.

Terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan Kamila nanti, Pembina lomba Parlemen Remaja Wahyu Aprizal, S.Pd., mengurai jika kegiatan ini sedianya akan diadakan di Gedung DPR RI Senayan- Jakarta. Namun karena situasi masih tidak stabil akibat pandemi, maka pelaksanaan lomba Parlemen Remaja tingkat Nasional untuk Tahun 2020 dan 2021 dilaksanakan melalui aplikasi zoom. Agar suasana parlemen dapat terasa, maka pelaksanaan final lomba Parlemen Remaja ini dilakukan di Gedung DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika tahun lalu pelaksanaannya di gedung DPRD Kota Mataram. 

Selama persiapan, para kandidat melakukan silaturrahim ke Kantor DPRD Provinsi NTB yang diterima langsung oleh Wakil Ketua H. Muzihir didampingi oleh Pembina dari masing-masing sekolah dan Tim Humas MAN 2 Mataram. Wakil Ketua DPRD menyambut positif even ini dan DPRD Provinsi siap memfasilitasi para kandidat.

Menurut jadwal, lomba tingkat Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021. Dalam jadwal disebutkan sejumlah materi dan kegiatan yang akan dilakukan oleh seluruh peserta. Termasuk dinamika kelompok, pembekalan materi, seminar materi legislasi, rapat dengar pendapat umum dengan pakar, kunjungan kerja, simulasi rapat kerja sampai dengan game-game seru.

Semua kegiatan akan dilaksanakan secara virtual. Khusus kunjungan kerja akan dilakukan bersama dengan dua stasiun televisi yakni TVRI dan NET TV. Bersama dengan dua stasiun televisi tersebut peserta akan mengikuti talk show.

Untuk diketahui bahwa Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya siswa tingkat SMA dan sederajat. Mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama lima (5) hari. Untuk sesaat, mereka akan benar-benar merasakan sensasi menjadi anggota legislatif.

Tujuan Parlemen Remaja tahun 2021 yakni memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR RI kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa. Tujuan lainnya yakni memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen. Meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen.

Keempat kandidat tersebut harus mengikuti semua kegiatan dengan sungguh-sungguh. Karena pada saatnya nanti, ketika semua agenda sudah dilaksanakan, akan dicari peserta terbaik, pembicara terbaik, dan teraktif. Warga madrasah tentunya sangat antusias dengan capaian ini dan berharap Kamila mampu menjadi kandidat Parja terbaik, mempersembahkan kado spesial untuk madrasah dan orang tua tercinta serta bisa memotivasi adik-adik kelasnya nanti. SEMOGA!!

[Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


3148

INFORMASI LAINNYA