BAIQ NIKI, PUBLIC SPEAKER MANDA YANG MENDUNIA

Senin, 06 September 2021 10:40

BAIQ NIKI, PUBLIC SPEAKER MANDA YANG MENDUNIA

Gambar. Baiq Niki Ayuningtia dan raganm kegiatan yang mendunia bersama UNICEF

Mataram- Kulitnya putih, berbadan mungil, lincah, tegas dan mudah akrab. Ketika berbicara dengannya, bait demi bait kalimat mengalir indah tanpa hambatan. Gaya bicaranya penuh semangat. Paling tidak itulah kesan pertama yang melekat, ketika bersua dengan gadis belia ini.

Usianya baru menginjak 16 tahun, tepatnya ia lahir pada 06 Februari tahun 2005 silam. Pemilik nama lengkap Baiq Niki Ayuningtia ini lahir di Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Baiq Niki merupakan putri pasangan bapak Lalu Unggul Supraba dan Baiq Siti Aisah Samsi. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Gadis berzodiak Aquarius ini memiliki segudang prestasi. Kata sang Bunda, Baiq Niki sangat aktif. Dia memang tidak bisa betah lama-lama berdiam diri. Selalu ada cara dia mencari aktivitas untuk mengisi waktu senggangnya. Ia senang bisa bermanfaat untuk orang lain. Ia juga senang bisa menginspirasi teman-teman sebayanya, terutama di lingkungannya maupun teman-temannya di lintas Benua. 

Sejak Tahun Pelajaran 2021/2022 Niki sah menjadi siswa di MAN 2 Mataram. Saat ini, ia duduk di bangku kelas X MIPA 2. Niki masuk melalui jalur Prestasi Non-Akademik. Pada bulan Juli lalu, ketika pengumuman PPDB MAN 2 Mataram di- launching, nama Baiq Niki bertengger di urutan teratas. Ini tentu saja beralasan, mengingat Baiq Niki merupakan aktivis berprestasi yang sudah mendunia.

Banyak penghargaan yang sudah dikantongi gadis mungil ini. Penghargaan-penghargaan itu jelas menunjukkan jika gadis remaja ini memang luar biasa dan hebat. Hal ini bisa dicek melalui segudang aktivitas yang dilakoninya.

Baiq Niki terbiasa berbicara di depan banyak orang. Ilmu public speaking yang dikuasainya ia peroleh dari rentetan kegiatan yang membuatnya laris jadi pembicara di even-even Nasional dan Internasional. Ia kerap didaulat menjadi narasumber di berbagai even yang digelar UNICEF Indonesia. Saat ini Baiq Niki tercatat sebagai Anggota Inti Mitra Muda Perwakilan UNICEF Indonesia. 

UNICEF merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang anggotanya lebih dari 192 negara di dunia. UNICEF kepanjangan dari United Nations International Children’s Emergency Fund. Badan ini merupakan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa yang bertanggungjawab memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kepada anak-anak di seluruh dunia.

Badan tersebut merupakan salah satu organisasi kesejahteraan sosial yang paling luas dan dikenal di dunia. Kegiatan UNICEF antara lain; memberikan imunisasi dan pencegahan penyakit, memberikan pengobatan kepada anak-anak dan ibu dengan HIV, meningkatkan gizi anak dan ibu, meningkatkan sanitasi, mempromosikan pendidikan dan memberikan bantuan darurat dalam menanggapi bencana.

Kemampuan public speaking gadis periang ini terus terasah dengan baik. Napak tilas kegiatan Baiq Niki sebagai narasumber di even berkelas dunia, yakni: (1) Core Mitra Muda UNICEF, (2) Nara Sumber Live IG ‘Lawan Tabu Menstruasi’ yang diselenggarakan oleh @TenggaraNTT bersama UNICEF dan U-report dalam rangka MHD (Menstrual Hygiene Day) se-dunia, (3) Nara  Sumber Webinar Online Remaja Sehat Bebas Anemia yang diselenggarakan oleh Direktorat Gizi Masyarakat dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-61, (4) Narasumber Webinar Online dengan tema: ‘Karya Anak Muda Kontribusi di Masa Pandemi’ yang diselenggarakan oleh AJI-Indonesia dan UNICEF, (5) Pemenang Lomba Covid-19 Diaries yang diselenggarakan oleh UNICEF Indonesia Tahun 2020, (6) Fasilitator Muda KKI (Konferensi Kebaikan Indonesia) UNICEF Indonesia, (6) Diskusi Kelompok Terarah Indonesia Youth Development dan UNICEF Indonesia, (7) Roundtable Discussion Daring Sanitasi Perkotaan dan Ketahanan Iklim bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, dan (8) Tim Pemenang Lomba Video Aksi Gizi UNICEF Indonesia.

Mantan Ketua Orsima ini pun tak hanya piawai di bidang non-akademik, tetapi ia juga brilian di bidang akademik. Niki tercatat selalu menjadi Juara Umum Pertama saat belajar di MTsN 1 Lombok Barat (dulu bernama MTsN Model Kuripan). Ia kerap mengikuti ajang KSM.  Niki juga aktif di Pramuka dan Marching Band.

Niki jago berpidato dalam tiga bahasa. Indonesia, Arab dan Inggris. Dan hebatnya, ia selalu menjadi juara ketika ada lomba pidato tiga bahasa ini diadakan. Gadis ini pun langganan memperoleh penghargaan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar.

Baru-baru ini, gadis ini kembali menjadi Pembicara pada Talkshow tentang Hari Anak Indonesia sebagai perwakilan UNICEF. Ia bersama Ermi Ndoen Chief of Field Office UNICEF Surabaya dan Bernadetha Astri Putri seorang Seniman Muda. Acara ini dipandu oleh host handal Lanny Tjo. Talkshow ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama bertajuk: Into the Unknown: Berani Meraih Mimpi di Luar Zona Nyaman. 

Adapun tema sesi kedua yakni: Melukis Sejuta Mimpi. Pada even ini Baiq Niki tampil bersama Brandon de Angelo seorang Dancer dan Influencer terkenal Indonesia dan Pikapoppin seorang Illustrator Muda dari Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Brand Sleep Buddy yang didukung oleh UNICEF. Kegiatan diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Juli 2021 yang lalu pkl. 13.00 WIB.

Webinar tentang Karya Anak Muda: Kontribusi di Masa Pandemi yang disiarkan secara live streaming di channel YouTube AJI Indonesia (Aliansi Jurnalis Independen Indonesia) dibuka secara resmi oleh Mr. Thierry Delvigne-Jean (Kepala Divisi Komunikasi dan Advokasi UNICEF Indonesia) yang dikomandoi moderator Revolusi Reza Sekjen AJI dan ditutup oleh Abdul Manan Ketua AJI. Even ini menghadirkan anak-anak muda yang hebat. 

Selain Niki, hadir pula Iqbaal Ramadhan seorang Penyanyi dan Aktor terkenal di Indonesia yang membintangi film fenomenal: DILAN. Niki juga ditemani oleh Vania Santoso UNICEF Indonesia, Uni Lubis dari IDN Times, Alfito Deannova dari Detik Network (dulu terkenal sebagai pembaca berita di salah satu televisi Nasional tanah air), Dilla Amran Kantor Staf Presiden dan Yoris Sebastian seorang Praktisi Kreatif dan Anak Muda. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 28 Juli 2020 lalu.

Kegiatan webinar lainnya melalui IG Live dengan tema: Lawan Tabu Menstruasi: Katakan Tidak pada Tabu Menstruasi: Time to Act! Kegiatan ini merupakan bincang hangat tentang pengalaman pertama seorang remaja putri yang mengalami menstruasi (My first journey of menstruation) bersama Mitra Muda UNICEF Indonesia. Dikomandoi Maharani Mandala dari Tenggara Youth Community, Baiq Niki bersama rekannya sesama Mitra Muda UNICEF yaitu Katarina Lamablawa yang merupakan perwakilan dari NTT. Kegiatan ini sangat menarik dan menjadi inspirasi kaum muda perempuan.

Selanjutnya kegiatan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang Remaja Sehat Bebas Anemia: Makan Bergizi Seimbang, Remaja Sehat Ceria dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-61 dipandu oleh Aktris sekaligus seorang Dokter yakni Nycta Gina dan rekannya Rizky Kinos.

Sebagai Keynote Speaker (Pembicara Utama) pada kegiatan tersebut yakni, Dr. Dhian P. Dipo, MA yang menjabat sebagai Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan didampingi dua pembicara lainnya, yakni: Muhammad Iqbal Basagili Founder dan CEO dari AhliGiziID dan Ilham Rusting seorang TPG Puskesmas Johar Baru.

Pada kegiatan ini juga menampilkan Baiq Niki dan Muhammad Isandi Rafael dari SMAN 2 Klaten sebagai Perwakilan Remaja Aksi Bergizi, Andi Aisyah Magfirah dari SMAN 1 Bulukumba, Dini Novita dan Defi Dina dari SMPN Tanggul; ketiganya merupakan Perwakilan Remaja Young Leader Bidang Nutrisi.

Perwakilan Remaja lainnya yakni Novia Dina Romadhona dari SMAN 1 Singosari Malang Perwakilan dari Remaja Asik dan Yulia Hasanah Jefriyanti dari Pondok Pesantren Al-Aziz Kota Serang-Banten sebagai Perwakilan Siswi Pesantren Jawa Barat.  Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2021 lalu melalui live streaming channel youtube Direktorat Gizi masyarakat.

Saat ini, Baiq Niki tengah menikmati perannya sebagai siswa baru di MAN 2 Mataram. Ia mengaku sangat antusias berangkat ke madrasah. Salah satu pelajaran favoritnya adalah Kimia. Niki bercita-cita menjadi Dokter. Itu sebabnya ia mengambil jurusan MIPA. Ia senang dengan atmosfer madrasah tempatnya menimba ilmu sekarang. Ia merasakan positive vibes ketika bertemu dengan teman-teman barunya. Mereka semua bersemangat, guru-gurunya menyenangkan dan lingkungan madrasah yang baik, otomatis belajar jadi menyenangkan.

Prinsip yang selalu dipegangnya adalah jangan pernah takut untuk mencoba. Ia pun berpesan kepada teman-teman generasi mudanya untuk selalu bersemangat, berpikir positif, mencoba hal-hal baru. Jangan pernah terjebak di zona nyaman. Seseorang yang terjebak di zona nyaman, tidak akan pernah merasakan sensasi ketika mencoba hal-hal baru yang menantang. Pribadi seperti ini akan mengalami stagnasi yang parah dan otomatis tidak bisa berkembang.

Kaum milenial wajib setuju dengan apa yang disampaikan Baiq Niki. Mudah-mudahan tercapai apa yang dicita-citakan ya Niki, yang penting jalani, nikmati dan syukuri sebagai siswa MAN 2 Mataram. Tetaplah menginspirasi dan menjadi motivator bagi yang lain.Teruslah mengepakkan sayap, terbanglah setinggi-tingginya agar kau tetap menjadi bintang di langit. [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.manduamataram.sch.id

Email: humasman2mataram@gmail.com


6576

INFORMASI LAINNYA