Kakanwil Kemenag NTB Menghadiri Pembukaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Nasional XIV Tahun 2021

Kamis, 09 September 2021 16:40

Kakanwil Kemenag NTB Menghadiri Pembukaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Nasional XIV Tahun 2021

Kakanwil Kemenag NTB Menghadiri Pembukaan Utsawa Dharma Gita (UDG) Nasional XIV Tahun 2021 


Mataram, Humas - Bertempat di Hotel Lombok Astoria Mataram, Nusa Tenggara Barat, berlangsung kegiatan Utsawa Dharma Gita Nasional ke 14, Kamis ( 9/09/2021 )


Kegiatan yang mengambil tema, " Menumbuh Kembangkan Literasi dan Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Masyarakat Hindu yang Cerdas dan Berintegritas", melombakan beberapa jenis mata lomba : 

1. Membaca dan menghapal Seloka

2. Membaca Palawakya

3. Membaca Kekawin

4. Dharma Wacana Bahasa Inggris dan Indonesia

5. Nyanyian Keagamaan Hindu


Ketua Panitia, sekaligus PLT Kabid Pembimas Hindu Kanwil Kemenag NTB, Dewa Ketut Mertayasa dalam laporannya menyampaikan, bahwa Utsawa Dharma Gita Nasional ke 14, seyogyanya diadakan tahun 2020 di Ambon, namun karena Pandemi Covid 19, diundur tahun 2021 dengan teknis prekaman atau tapping video setiap cabang di wilayah masing-masing. Hasil tapping, kemudian dikirim ke Panitia Pusat/Nasional untuk dinilai, jelas Mertayasa.


Sementara Kakanwil Kemenag NTB, DR. M. Zaidi Abdad dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi mendalam kepada Panitia dan Gubernur Nusa Tenggara Barat yang telah meluangkan waktu membuka sekaligus memberikan sambutan serta motivasi kepada kontingen UDG NTB.


Selanjutnya dikatakan Zaidi, bahwa Utsawa Dharma Gita tidak semata hanya menghasilkan keindahan, tapi lebih penting lagi adalah pemahaman dan penerapan ajaran Agama Hindu benar-benar diterapkan, UDG diharapkan menghasilkan pemahaman dan pengamalan moderasi beragama umat Hindu semakin meningkat, tutur Zaidi. NTB termasuk daerah yang heterogen, plural dan multikultural, sehingga  sikap moderat dalam beragama merupakan kebutuhan, apa lagi NTB sebagai daerah destinasi wisata dunia.


Ditempat yang sama,  Gubernur NTB, DR. Zulkiflimansyah dalam sambutannya berpesan agar juara jangan menjadi tujuan utama, tetapi yang terpenting kebahagian.  Tidak masalah jadi juara terakhir, tapi hati  bahagia. Bahkan bila perlu kalau ada hadiah, juara terakhir mendapat hadiah paling banyak, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur, bahwa Cerdas dan integritas yang menjadi tema sekaligus tujuan UDG, tidak hanya cerdas intelektual, tapi juga cerdas secara Emosional dan Spiritual. Begitupun integritas tidak cukup satunya kata dan perbuatan, tapi juga seiring dengan perasaan hati, tutur DR. Zul


H U M A S

167

INFORMASI LAINNYA