MTsN 1 Lombok Tengah Pertahankan Juara KSM

Minggu, 12 September 2021 13:55

MTsN 1 Lombok Tengah Pertahankan Juara KSM

MTsN 1 Lombok Tengah pertahankan Tradisi Juara KSM

Praya, Matsalta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang. Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.


Kompetisi Sains Madrasah 2021 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat). Demikian halnya dengan Kabupaten Lombok telah selesai menghelat Kompetisi bergengsi tersebut pada pertengahan Agustus lalu dengan mengikut sertakan siswa terbaik dari masing-masing Madrasah di Kabupaten Lombok Tengah, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA) untuk bidang Studi Matematika terintegrasi, IPA Terpadu  Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi serta tambahan Geografi Terintegrasi untuk Madrasah Aliyah.

Salah satu Madrasah yang selalu mengirimkan utusan dalam acara ini adalah MTs Negeri 1 Lombok Tengah yang selalu menempatkan utusannya pada deretan Juara. Kali ini MTsN 1 Lombok Tengah mengirimkan tiga siswanya untuk mengikuti acara ini. Dua orang delegasi berhasil meraih juara yaitu: Muhammad Rifky Alfarizi sebagai Juara I Kajian IPA Terpadu dan Afifah Nayratus Sofia sebagai Juara Harapan Pertama Kajian Matematika Terpadu, selanjutnya Juara I, II dan III akan mewakili Kabupaten Lombok Tengah untuk lomba kompetisi selanjutnya di tingkat KSM Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ketua MTsN 1 Lombok Tengah menyambut baik hasil yang dicapai para siswa, “Alhamdulillah tradisi KSM Juara masih bisa kita pertahankan, selanjutnya kita akan membangun untuk KSM di tingkat provinsi” ujarnya. Ia juga sangat berterima kasih kepada semua pihak, terutama kepada para Pelatih – Pelatih Olimpiade atas kerja kerasnya selama ini. Usai menerima hadiah Trophy, Piagam dan Dana Gedung atas kerjasama Baznas Loteng melalui program prestasi siswa di Halaman Kantor Kemenag Lombok Tengah, para Juara dan Guru pendamping selanjutnya dididik untuk mensukseskan KSM di NTB tingkat provinsi. Humas Matsalta- ~ $j ~

114

INFORMASI LAINNYA