Diseminasi Pembatalan Pemberangkatan Jemaan Haji Tahun 1442 H

Selasa, 14 September 2021 16:10

Diseminasi Pembatalan Pemberangkatan Jemaan Haji Tahun 1442 H

Mataram Inmas - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. M. Zaidi Abdad M. Ag membuka dan menutup acara Kegiatan Diseminasi Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji Tahun 1442H/2021 M Angkatan I Kemitraan Kemenag RI Dengan Komisi VIII DPR RI di Hotel Aston.


Kegiatan ini di hadiri oleh peserta sebanyak 50 Orang, dari berbagai unsur yakni Kepala Bidang Haji dan Umrah, Kankemenag Lombok Timur Kasi PHU Lombok Timur, Pondok Pesantren jemaah haji yang tertunda toga toma FKUB unsur pemkab Lombok Timur, BPS BPIH, Lombok Timur dan pimpinan Ormas.


Dalam laporan ketua panitia, Hj. Latifa menyampaikan kegiatan diseminasi pembatalan pemberangkatan jemaah haji dipandang perlu agar para peserta kegiatan dapat mensosialisaskian kepada masyarakat bahwa pembatalan pemberangkatan jemaah haji semata-mata demi keselamatan kesehatan dan keamanan jamaah haji.


Keselamatan jamaah haji merupakan salah satu aspek yang wajib diutamakan dalam ajaran Islam dan guna mencegah terjadinya kemudharatan yang lebih besar lagi bagi jemaah haji dan petugas penyelenggara ibadah haji pada khusunya warga negara Indonesia, tegasnya.


Kakanwil kemenag NTB dalam arahannya mengatakan bahwa ibadah haji. Sangat di cita-citakan oleh setiap umat muslim untuk pergi ke Tanah Suci, namun harus memenuhi persyaratan diantaranya bagi yang mampu "Istitoah" yang berarti mampu dalam segi fisik, ekonomi, Kesehatan, dan mental.


Pemerintah sangat berkewajiban untuk melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia yaitu berupa keselamatan dan kesehatan dalam pencegahan Covid-19, dalam menciptakan suatu pelayanan tersebut maka Pemerintah mengeluarkan KMA No. 494 yang di dalamnya tersebut tertuang jelas keputusan-keputusan Pemerintah yang terbaik untuk Masyarakat Indonesia.


Terkait dengan hal itu Pemerintah khususnya Kementerian Agama Provinsi NTB melaksanakan kegiatan tentang desiminasi Pembatalan pemberangkatan Jemaah Haji tahun 1442 H / 2021 M untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang persoalan tersebut kepada seluruh jamaah haji yang tahun ini yang tertunda untuk melaksanakan ibadah haji, oleh karena itu Pemerintah sendiri segera mengeluarkan KMA tersebut agar terjawab semua apa yang di khawatirkan oleh masyarakat indonesia saat ini dengan banyak beredarnya berita Hoax di medsos.

Humas

48

INFORMASI LAINNYA