Pelantikan Pengurus Tamu Ambalan di Pangkalan MAN 1 Lombok Barat

Rabu, 15 September 2021 06:04

Pelantikan Pengurus Tamu Ambalan di Pangkalan MAN 1 Lombok Barat

MAN1Lobar. Gugus Depan Pramuka MAN 1 Lombok Barat, kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan karakter yang di bingkai dalam pembinaan kepramukaan dan pelantikan pengurus tamu Ambalan di pangkalan MAN 1 Lombok Barat. Pelaksanaan pelantikan ini berlangsung selama 2 hari , dari tanggal 11-12 September 2021,  dengan berbagai macam kegiatan dan ceremony demi memeriahkan acara pelantikan dan tentunya dengan tetap memperhatikan  protokol kesehatan.

Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) merupakan sebuah kawah candradimuka pembentukan karakter khususnya generasi millennial Indonesia yang berlandaskan pancasila dan udang-undag dasar 1945. Hadirnya gerakan pramuka di jenjang pendidikan formal akan mendukung penguatan pendidikan karakter yang telah dicanagkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental. Gerakan ini memiliki lima nilai utama yang saling berkaitan yaitu religious, mandiri, nasionalis, gotong royong dan integritas, kelima nilai karakter terebut sangatlah terintegrasi dengan 10 pengabdian ( Dasa Dharma) dari pramuka itu sendiri. Oleh karena itu generasi milenial perlu diberikan kesempatan untuk bekiprah dan berkreasi dalam kegiatan kegiatan yang berbasis kepramukaan, sehingga karakter tersebut dapat terbentuk dalam diri insan pramuka.

 Generasi millennial pramuka ibarat tunas kelapa yang siap ditanam di setiap jengkal bumi demi tetap tegak dan kokohnya bangunan bangsa. Inilah salah satu spirit yang memotivasi para siswa MAN 1 Lombok Barat dengan para senior dan pembinanya untuk terus aktif dalam setiap kegiatan kepramukaan. Pelantikan pengurus tamu ambalan di MAN 1 Lombok Barat berjalan lancar dan tentunya sangat meriah, karena terlihat dari semangat  para peserta dan kader-kader pramuka yang begitu aktif dalam setiap kegiatan.

Di temui di tengah acara, Pembina Pramuka, Kanda Zamroni menyampaikan tujuan di adakannya pelantikan ini adalah agar para ramuka yang di lantik mendapat kesan yang mendalam dan membuka hatinya untuk dapat menerima pengaruh pembinanya dalam upaya membentuk manusia yang berkepribadian luhur, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli pada tanah air, bangsa, dan negara, serta peduli pada dirinya dengan berpedoman pada Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Dalam Pelantikan ini pula Kepala Madrasah, H.Abdul Azis Faradi, M.Pd, menyampaikan, kegiatan kepramukaan ini diharapkan menjadi gerakan perubahan menuju kehidupan para siswa dan masyarakat yang relevan dengan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka serta melahirkan sikap disiplin yang dapat di aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan kegiatan ini juga melahirkan kemampuan dalam olah pikir, olah rasa dan olah raga. Ke tiga kemampuan tersebut harus bersinergis dalam membangun insan yang paripurna

Dan di era pandemi ini , nilai-nilai kedisiplinan pramuka khususnya, disiplin dalam hidup bersih dan sehat sangatlah dibutuhkan utuk menjadi bekal menuju insan Pramuka yang akan menjadi duta duta perubahan, (agent of change) khususnya di lingkungan MAN 1 Lombok Barat dalam mewujudkan madrasah mandiri, hebat dan bermartabat, menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

(Maesarah.Waka.Humas MAN 1 Lombok Barat)

 

 

22

INFORMASI LAINNYA