MEMBUKA KOTAK PANDORA DI TENGAH PANDEMI

Kamis, 23 September 2021 13:09

MEMBUKA KOTAK PANDORA DI TENGAH PANDEMI

Gambar. Nabila Pandora Landriani siswa MAN 2 Mataram seorang public speaking yang berprestasi

Mataram- Nabila Pandora Landriani. Sekilas melafalkan nama gadis ini, terbayang siluet lazuardi yang terbentang indah. Nama yang eksotik, seolah mengandung magnet dan rasanya seperti kita kembali terbawa ke zaman Yunani dulu.

Meski hanya sesaat, tetapi ada kesan yang terpancar dari nama tersebut. Sungguh sebuah karunia yang harus disyukuri. Pandora ibarat sebutir berlian, kecil-mungil, namun pendarnya terlihat jelas berkilauan ketika diterpa sinar mentari. 

Pandora ternyata memang merupakan perempuan pertama Yunani yang diciptakan Dewa Hephaestus dan Athena atas perintah Zeus. Ia memiliki peran sentral yakni membuka kotak yang menyimpan semua keburukan manusia.

Atas dasar keingintahuannya-lah kotak dibuka untuk memberikan harapan baru bagi manusia. Lalu kemudian familiar dengan Kotak Pandora. Dalam film sekelas Holywood, Pandora adalah sebuah bulan yang mendukung kehidupan.

Dalam perspektif penulis, menilik dari story tentang Kotak Pandora, kemungkinan nama gadis kelas XII MIPA 2 ini terinspirasi dengan cerita legendaris ini. Nama pandora diberikan oleh kedua orangtuanya dengan maksud agar ia benar-benar menjadi gadis yang mampu memberikan inspirasi sekaligus sebagai role model bagi remaja seusianya. untuk senantiasa aktif, selalu berfikir positif dan selalu memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Pandora juga berharap, ia bisa bermanfaat untuk orang lain.

Terlahir di pulau seberang, tepatnya di Maluk, 3 Januari 2004 lalu. Putri pasangan dari Ibu Baiq Indriani dan Bapak Muhammad Ruslan S.kom. ini memiliki segudang prestasi. Khususon pada bidang public speaking, yakni Pidato dan Debat Bahasa Inggris.

Langgem suaranya ketika berbicara Bahasa Inggris hampir sama dengan pengucapan seorang native speaker. Teratur, easy listening dan pronunciation (pengucapan) patut diacungi jempol. Terus terang, penulis sebagai salah satu pengajar Bahasa Inggris di MAN 2 Mataram terkagum-kagum mendengarnya. 

Kemampuan Bahasa Inggris Pandora sepertinya menurun dari sang Bapak yang seorang Public Relation di salah satu Perusahaan bonafid di tanah air, yakni PT Gojek wilayah Sumatera. Pandora mengaku jika sang bapak telaten mengajarinya berbicara Bahasa Inggris. Termasuk tentang cara pengucapan yang benar.

Gadis yang pernah menempuh pendidikan di SDN 2 Cakranegara dan MTsN 1 Mataram ini memang telah terbiasa mengikuti even-even bergengsi, yang semakin mengasah kemampuan speaking-nya menjadi kian hebat. Karir speaking-nya dimulai ketika Pandora duduk di MTsN 1 Mataram. Kala itu, ia pernah memenangi Juara 3 Pidato Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh SMAK Kesuma dalam SMAKERZ English Competition Tingkat SMP sepulau Lombok.

Deretan prestasi Pandora yang lain pun dapat dicek berikut ini. Lomba Public Speaking yang diadakan oleh UKM argument UNRAM secara online pada tanggal 27-29 November 2020. Mendapat Juara 2 tingkat SMA Nasional. Lomba English Speech yang diadakan oleh Fakultas Peternakan UNRAM untuk memperingati Dies Natalis ke-54-nya pada bulan Februari 2021. Mendapat juara 2 tingkat SMA dan Universitas Nasional.

Brawijaya English Tournament yang diadakan oleh UB secara online pada tanggal 19-21 Maret 2021, ia mendapat juara 3 tingkat SMA Nasional. pada even National English Competition yang diadakan oleh Universitas Negeri Medan secara online pada tanggal 6-7 April 2021, ia meraih juara 5 tingkat SMA Nasional.

Debat ECCO yang diadakan oleh Lombok Debating Troops secara online pada tanggal 22-25 April 2021, Pandora mendapat medali perak. Pada ajang SMANISDA English Competition yang diadakan oleh SMAN 1 Sidoarjo secara online pada tanggal 21-23 Mei 2021 lalu, Pandora berhasil membawa pulang medali perak siswa SMA tingkat Nasional dan yang terbaru yakni: juara English Competition yang diadakan oleh English Club Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRAM pada tanggal 12 September 2021. Dalam kejuaraan ini, Pandora berhasil mempersembahkan medali emas tingkat SMA se-NTB.

Rentetan prestasi yang dicapai oleh Pandora tak luput dari bimbingan dan binaan dari Pembina Madrasah English Club (MEC) yakni Miss. Fina Karismayanti, S.Pd. dan juga para pelatih. Tentu capaian ini juga berkat kerja keras dan cermat dari Pandora sendiri, di samping dukungan orang tua yang besar. Semua yang dilakukan sampai saat ini untuk menunjang kelanjutan studinya nanti di Perguruan Tinggi favorit yang dituju. Alasan lainnya juga untuk mengembangkan karir dan kemampuan diri (kompetensi).

Perguruan Tinggi yang disasarnya yakni Politeknik Keuangan Negara STAN yang merupakan salah satu sekolah Kedinasan, kemudian Pandora menyasar jurusan Farmasi di Universitas Brawijaya atau Universitas Udayana. Alasan gadis berkulit putih ini memilih dua jurusan ini karena keduanya memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Semisal apoteker, bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan juga orang lain.

Dengan modal dasar yang kuat dan deretan prestasi mentereng tidak menutup kemungkinan Pandora bisa sukses ke depannya, apalagi kemampuan speakingnya yang di atas rata-rata. Ia bisa menjadi apa saja dan menjadi siapa saja. Seperti translator, interpreter, juru Bahasa, guru Bahasa, staf ahli Kedutaan dan lain-lain.

Mudah-mudahan apa yang Pandora cita-citakan dapat terwujud, menjadi semakin berkembang dan sukses di masa yang akan datang. Fighting!!. [Siti Rahmi-HUMAsS M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com


4673

INFORMASI LAINNYA