NAURA, CALON ARSITEK MANDA YANG BERSINAR

Selasa, 26 Oktober 2021 16:16

NAURA, CALON ARSITEK MANDA YANG BERSINAR

Gambar. Baiq Naura Sayyidatin Nisa calon Arsitek MANDA yang multitalent berpose dengan deretan piala, piagam dan contoh hasil karyanya berupa poster

Mataram- Satu lagi siswa berprestasi yang tengah bersinar di MAN 2 Mataram. Nama lengkapnya Baiq Naura Sayyidatin Nisa. Ia merupakan anak bungsu dari dua saudara. Putri pasangan dari Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd dan Baiq Suriati, M.Si ini adalah gadis multitalent yang telah mengumpulkan berbagai penghargaan dari berbagai lomba. Ia merupakan siswa kelas XII MIPA 1 MAN 2 Mataram.

Naura atau Oyak biasa dipanggil oleh teman akrabnya, piawai menggambar Manga Jepang dan juga sangat menyukai Poster atau Desain Grafis. Ia juga ikut dua ekskul sekaligus yang berhubungan dengan Bahasa Asing, yakni Madrasah English Club (MEC) dan NIFA yang concern di Bahasa Jepang.

Awal mula ketertarikan Baiq Naura dengan Bahasa Jepang itulah yang menjadi cikal bakal hobi-nya akan Manga menjadi berkembang. Kemudian ia memberanikan diri mengikuti even-even yang kerap diselenggarakan oleh kaum milineal di seluruh wilayah Indonesia. Berbekal pengalaman mengikuti berbagai lomba, rupanya bakat melukis Baiq Naura menjadi semakin terasah.

Tidak hanya berhenti di Manga, Baiq Naura juga tertarik dengan desain grafis dan poster. Ia banyak berkiblat atau meniru desain-desain bergaya Jepang pada umumnya. Jepang terkenal sejak lama sebagai negara yang merajai tren seni dan desain di dunia. Tak hanya melalui anime-nya, mereka pun memiliki pengaruh besar dalam bidang desain grafis dan desain produk.

Beberapa gaya desain ala Jepang yang sedang trend semisal seni kerajinan tradisional, endorsement sejak zaman Edo dengan menggunakan artis, gaya simbolisme Jepang muncul menjadi ciri khas perang Dunia II, trend minimalis, info yang padat dalam sebuah poster, ilustrasi, tulisan tangan serta konsep duotone yang kerap mencuri perhatian.

Sementara poster merupakan karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi atau layout gambar dan tipografi di dalamnya dalam ukuran tertentu dan merupakan bagian seni grafis yang memiliki gaya, aliran maupun trend tersendiri yang tidak lepas dari penguasaan teknologi serta gaya hidup dari suatu zaman.

Poster didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan elemen-elemen dalam desain. Poster yang baik adalah poster yang dapat menarik perhatian baik dari segi ilustrasi, tipografi. Lagipula pesan yang disampaikan di dalam poster harus dapat tercapai.

Poster merupakan media yang memadukan gambar atau tulisan atau bisa gambar atau tulisan saja. Bisa saja poster di pajang di tempat umum sebagai bentuk iklan agar dilihat orang banyak. Hal tersebut juga menjadikan poster sebagai media iklan.

Tak hanya itu, poster dapat menjadi alat untuk promosi, memberikan pengumuman atau informasi kepada masyarakat umum. Namun, secara khusus tujuan poster dapat disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, bisa karena tujuan komersial, informasi publik, tujuan kemanusiaan atau lainnya. Seiring perkembangan zaman, poster tak hanya dalam bentuk cetak saja, tetapi juga berbentuk online.

Manga adalah komik atau novel grafik yang dibuat di Jepang atau menggunakan bahasa Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di sana pada akhir abad ke-19. Manga memiliki sejarah awal yang panjang dan kompleks dalam seni Jepang terdahulu. 

Istilah Manga di Jepang adalah kata yang digunakan untuk merujuk kepada komik dan kartun. Di luar Jepang, kata "Manga" digunakan untuk merujuk pada komik yang aslinya diterbitkan di Jepang. Orang-orang Jepang dari segala kelompok usia membaca Manga.

Manga mencakup karya-karya dalam berbagai genre: di antaranya laga, petualangan, bisnis dan perdagangan, komedi, detektif, drama, sejarah, horor, misteri, romantis, fiksi ilmiah dan fantasi,  olahraga dan permainan, serta cerita seru. Sudah banyak Manga yang diterjemahkan ke bahasa lainnya. Sejak tahun 1950-an, bahkan Manga telah menjadi bagian utama dari industri penerbitan Jepang.

Desain modern Jepang biasanya menggunakan perpaduan tiga aksara; Kanji, Hiragana dan Katana. Tidak seperti aksara latin yang umum digunakan dan punya banyak pilihan font, pilihan mereka cukup terbatas. Tak jarang orang Jepang harus membuat font sendiri atau menggunakan tulisan tangan.

Dalam bidang gambar menggambar atau melukis, Naura pernah meraih beberapa penghargaan atau kejuaraan antara lain Juara 3 Poster Digital Universitas Hamzanwadi tingkat Provinsi, Juara 1 Poster SKETSA 2021 Tingkat Nasional, Juara 5 pada lomba Komik Digital tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh PUSPRESNAS 2021. Rentetan kejuaraan ini memang gayut dengan hobi Naura menggambar, membaca, melukis dan belajar.

Naura juga senang dengan Bahasa Inggris dan Jepang. Itu sebabnya dia mengikuti kedua ekskul ini sekaligus. Kepiawaiannya terbukti dengan berbagai lomba Olimpiade maupun Debat Bahasa Inggris yang diikutinya. 

Oyak juga jago berbahasa Inggris spesialis debat. Naura juga beberapa kali menjadi Best Speaker di tingkat Provinsi dan Nasional. Kejuaraan yang pernah diraihnya yaitu: (1) Best Speaker 9th ECCO 2021 tingkat Provinsi, (2) Best Speaker 8th SKETSA 2021 Tingkat Nasional, dan (3) CO Second (2nd) Runner UP SEC 2021 Tingkat Nasional.

Gadis yang lahir tanggal 01 Desember 2003 lalu ini sebentar lagi berulang tahun yang ke-18. Usia yang sudah mencapai remaja akhir dan sebentar lagi akan mengenyam bangku kuliah. Naura memimpikan mengambil jurusan arsitektur di Universitas Dipenegoro atau Universitas Brawijaya. Menurutnya, arsitektur merupakan jurusan yang keren, menantang dan masih jarang kaum wanita yang memilih jurusan ini. Dia ingin menguak dominasi kaum pria dalam bidang ini.

Pandangan dari Baiq Naura ini memang benar. Selama ini yang menguasai bidang arsitektur maupun Sains lebih banyak kaum pria. Padahal, kaum wanita mengisi hampir setengah jumlah populasi di Indonesia. Mereka sesungguhnya memiliki potensi untuk berkontribusi besar di berbagai aspek, salah satunya adalah bidang Sains. Mungkin penyebabnya karena bidang ini kurang menarik bagi mereka karena membutuhkan kompetensi yang khusus. 

Naura sendiri lahir dan tumbuh di tengah keluarga dengan latar belakang di bidang Sains. "Mamiq (Bapak) saya memiliki latar belakang Pendidikan Biologi, demikian pula dengan ibu saya. Beliau Magister Sains di bidang pangan yang saat ini bekerja di Badan POM Nusa Tenggara Barat. Jadi rasanya hal yang wajar saja jika saya memilih arsitektur sebagai destinasi kuliah saya nanti, tuturnya".

"Saya ingin menjadi arsitek hebat dan menjadi arsitek perempuan pertama di Nusa Tenggara Barat. Paling tidak saya bisa menjadi arsitek di keluarga saya dan tentu saja sebagai arsitek yang diperhitungkan. Dalam artian diperhitungkan kompetensi dan diakui profesinya. Bukan hanya pemahaman seseorang tentang arsitek hanya sebagai ahli bangunan saja, tetapi memiliki makna yang lebih luas, ujarnya".

Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan oleh Baiq Naura tercapai dan dapat mengamalkan ilmunya nanti dalam membangun daerah Nusa Tenggara Barat yang gemilang nan cemerlang. 

S E M A N GA T!! [Siti Rahmi-Humas M2M].

INFO TENTANG MAN 2 MATARAM JUGA BISA DILIHAT DI:

IG:Humas MAN 2 Mataram

FB:Humas MAN 2 Mataram

YT:Humas MAN 2 Mataram

Website: www.man2mataram.net

Email: humasman2mataram@gmail.com


3302

INFORMASI LAINNYA